Cara Kompres Foto Tanpa Merubah Kualitas Aslinya - Menit info

Cara Kompres Foto Tanpa Merubah Kualitas Aslinya

cara kompres foto tanpa merubah kualitas
Sekarang jamannya foto bokeh tentu tak lepas dengan ukuran yang besar, otomatis akan semakin mempersempit media penyimpanan ponsel maupun laptop Anda. Secara tak sadar lama kelamaan penuh sendiri, tapi untung bisa kita pindah ke memori atau dengan cara memperkecil ukuran foto pakai aplikasi kompres foto.

Salah satu keuntungan ketika foto sudah dikompres misal dari ukuran 200kb menjadi 80kb tanpa mengurangi kualitas aslinya, selain melonggarkan media penyimpanan juga akan sangat ringan dan lebih cepat kita upload ke media social.

Sebuah software bernama FILEminimizer untuk komputer serta ada juga aplikasi kompres foto buat Android secara offline, nanti akan kita informasikan satu persatu. Bentuk file foto JPG dan PNG dapat kita kompres, akan tetapi untuk kalian yang gak mau ribet install software, aplikasi dan segala macam juga bisa dengan cara online hasilnyapun hampir mirip. Baiklah simak terus tutorial berikut ini hingga selesai ya.

Cara Kompres Foto


1. Pertama ini khusus pengguna PC, maka syaratnya perlu install sebuah software terlebih dahulu, segera download aplikasi File Minimizer Pictures.

2. Sesudah kamu download, kemudian install dahulu di komputer anda hingga selesai.

3. Buka softwarenya, lalu pada bagian bawah kamu pilih Standard Compression.

 
4. Silahkan seret foto yang mau dikecilkan ukuran ke File Minimizer Pictures. Bisa juga langsung pilih beberapa foto sekaligus, tapi disini saya baru mencoba satu file dahulu.


5. Pilih juga penyimpanan output pada folder khusus supaya kamu mudah membuka hasil kompres.


6. Untuk memulai proses kompres, silahkan kamu klik Optimize Files.

 
7. Selesai

Dengan software File Minimizer Pictures kamu bisa mengompres foto dengan berbagai jenis ekstensi mulai dari format JPG, JPEG, BMP, GIF, TIFF, PNG, dan EMF. Serta adapun fitur lengkap lainnya adalah :

  • Me-resize foto kamu hingga 98% tanpa mengurangi kualitas aslinya.
  • Dapat mengompres banyak foto sekaligus.
  • Tetap menjaga ekstensi asli foto kamu.
  • Pack & Go: Mengoptimalkan gambar kamu dan langsung mengirimnya melalui email.
  • Facebook Integration: Mengompres foto kamu dan langsung mengunggahnya ke Facebook.
  • Search Wizard: Otomatis mencari dan mengompres foto di PC kamu dan jaringan yang tersedia.
  • Dapat memilih metode kompresi dari 4 level kompresi berbeda.
  • Pengaturan lanjutan untuk kompresi lossless, penanganan informasi EXIF, dan lainnya.

Cara Kompres Foto Online

Buat kamu yang menggunakan jaringan WiFi gratis atau memiliki banyak kuota internet tapi males install software maupun aplikasi tambahan.

Kamu bisa memanfaatkan online untuk mengecilkan ukuran foto yang hendi diupload ke jejaringan media social atau sekedar melonggarkan penympanan untuk banyak foto.

1. Pertama kumu bisa memanfaatkan situs tinyPNG, dengan tinyPNG akan melakukan secara selektif mengurangi jumlah warna dalam gambar, byte lebih sedikit diperlukan untuk menyimpan data. Efeknya hampir tidak terlihat tetapi membuat perbedaan ukuran file yang sangat besar.
➧Silahkan langsung pergi ke https://tinypng.com/

Lalu drag foto yang hendak kamu kompres, biarkan berjalan secara online dan kamu bakal melihat perbedaan file lalu hasilnya bisa di download.
 
2. Rekomendasi kedua ontuk kompres foto secara online juga bisa melalui https://compressjpeg.com/ dan lakukan dengan mudah.

Artinya untuk cara ini bisa dilakukan dimanapun, entah perangkat PC atau di ponsel asalkan memiliki jaringan internet yang memadai.

Cara Kompres Foto di HP Android

Kalau langsung pada ponsel Android dan bisa dikerjakan offline, maka kamu juga harus install aplikasi tambahan buat kompres foto di HP.

- Disini kamu bisa mengandalkan sebuah aplikasi bernama Photo Compress 2.0 yang punya ukuran kecil, hanya 1.7MB saja, silahkan download dan install via Play Store.

- Buka aplikasi Photo Compress 2.0, lalu pilih opsi Gallery dan pilih pas foto atau tab beberapa foto yang hendak kamu compress.


- Pada bagian atas kamu bisa lihat ukuran sebelum dan setelah dikompres. Terakhir, kamu tinggal ketuk Exit maka otomatis foto kamu akan tersimpan di memori internal HP Android.

 
Nah itu dia cara kompres foto  dari ukuran besan menjadi kecil, terima kasih dan semoga bermanfaat.
Baca juga yuk, Cara Menerapkan Dark Mode di Windows 10
Comments


EmoticonEmoticon