Tips Memilih Perlengkapan Produksi Video YouTube untuk Pemula

tips perlengkapan video youtube pemula

Anda sudah siap mambuat video bagus. Tapi apa yang sebaiknya digunakan, dimana Anda merekam, apa cukup terang? Mic yang mana? Pencahayaan? Editing? Begitu banyak pertanyaan. Membuat video bisa terasa menakutkan, jadi ikuti kami. Dan mari kita pikirkan solusinya, satu per satu.

Ini merupakan tips panduan dalam memilih perlengkapan buat video untuk pemula dari seorang creator bernama Maya Washington yang siap membantu kalian. Sekarang kita akan membahas cara memulai proses pembuatan video.

Untuk menjadi creator YouTube, anda harus punya pengetahuan dasar tentang cara memproduksi video. Seperti creator punya prosesnya sendiri sesuai dengan gaya dan tujuan masing-masing. Seperti kita membahas proses penting ini, pastikan untuk terus mengikuti tips dari kami.

Anda yang ingin membuat video dengan kualitas tinggi dan menawan, namun ada juga yang sudah puas dengan video cepat dan sederhana asalkan bisa mengupload banyak video. Saat membahasnya, pikirkanlah bagaimana cara memanfaatkan tips ini untuk produksi video YouTube Anda di masa depan.

1. Yang pertama adalah Kamera

Berikut ini dua pilihan kamera terbaik yang akan kita bahas bersama disini. Kamera compact dasar sederhana dan DSLR yang lebih canggih. Jika ingin tahu lebih dalam tentang mereknya, Anda bisa melihat ulasan dan tutorial dari creator YouTube lain. Sebelum itu mari kita bahas cara kerja setiap kamera tersebut dan manfaatnya dalam meningkatkan channel anda.

 kamera compact dslr

Kamera compact memiliki kisaran harga $400-$700 USD  biasanya kamera ini simple serta mudah digunakan. Ini perangkat serba bisa yang bagus untuk vlog berkala dalam kondisi apapun, anda juga bisa membeli yang telah dilengkapi layar LED agar dapat melihat langsung hasilnya. Meski kamera ini terlihat sederhana hasilnya bagus dan terkesan beresolusi HD 1080, ini menjadi alasan creator papan atas menggunakannya untuk video harian.

Sekarang mari kita bandingkan dengan DSLR.
Jangan khawatri dengan kepanjangannya itu tidak penting. Yang penting adalah anda mendapatkan hasil yang lebih sinematik dengan latar blur dan cantik. Oleh karena itu, kamera DSLR harganya lebih mahal biasanya kisaran $500 hingga mencapai $2.500 USD. DSLR lebih berat dan lensanya dapat diganti. Anda harus lebih focus saat menggunakannya dan mempelajari lebih banyak aspek teknis saat menggunakannya. Tetapi jangan khawatir, ada banyak tutorial di YouTube yang akan mengajarkan caranya jika anda mempelajari lebih lanjut.

Sekarang kamu bisa melihat bedanya antara kamera compact dengan DSLR


Sebelum melanjutkan tips berikutnya, ada juga jenis kamera lain yang sama bagusnya. Kamera yang dapat digunakan semua orang, yaitu kamera ponsel. Dari segi kualitas memang beda, tetapi hasilnya bisa cukup memuaskan kalau kamu pandai memainkannya.

Pilihan ini jika kalian memang minim budget, maka kamera ponsel juga bisa dimanfaatkan untuk produksi vido sementara dan sekedar ingin memulai latihan di YouTube, dengan segera.

2. Selanjutnya adalah Suara

mic kamera youtuber pemula

Kamu perlu memperhatikan bagian ini, karena ini bagian dimana para pemula biasanya salah. Meski banyak penonton dapat mengabaikan pencahayaan yang buruk, mereka tidak dapat mengabaikan kualitas suara video yang buruk. Jika anda saat ini masih menggunakan mikrofon bawaan dari kamera, pastikan anda berada dalam jarak 1 sampai 1.2 meter dari kamera dan jika Anda ingin lebih menjauh lagi, anda harus menyiapkan opsi yang lebih canggih. Yakni sebuah mic tambahan.

Contoh ini merupakan mikropon shotgun, ini bisa merekam suara yang harganya kisaran $150 sampai $250 USD. Mikrofon ini memiliki fitur perekaman sesuai arah. Jadi, kemanapun mikrofon diarahkan, arah itulah yang akan merekam suaranya.

Selama kamera anda memiliki port mikropon eksternal, anda dapat memasang di atasnya. Namun, bagaimana jika proses perekamannya lebih luas?

Itulah saatnya menggunakan mic ini, microfon lavalier nirkabel, atau ‘lav’.  Perangkat lav dapat memiliki kisaran harga $200 sampai $600 USD, memang lumayan mahal. Tetapi jika anda perlu berada sedikit jauh dari kamera, maka itulah solusinya. Lavalier juga berguna saat anda berada di tempat yang berisik.

Kami juga masih punya rekomendasi atau alternative lain yang cukup baik. Jaka anda ingin lebih canggih lagi dan menginginkan pendekatan sinematik, coba gunakan mikrofon jenis boom. Mikrofon ini akan membutuhkan seseorang untuk memegang mic di atas kepala anda, menggunakan alat bernama boom pole saat proses merekam.

Kualitas suaranya sangat bagus, tetapi anda juga perlu memiliki kru dalam jumlah besar. Tapi kebanyak para creator sudah cukup puas dengan mic shotgun atau lav. Keduanya merekan dengan baik, meski salah satu lebih unggul tergantung dari apa yang direkam serta lokasinya.

Walau begitu, semuanya tergantung dari anda sebagai creator.

3. Barikutnya Pencahayaan (Lighting)

Ini sangat penting karena inilah yang akan membantu anda menampilkan asset terpenting: anda sendiri. Kebanyakan creator menggunakan pencahayaan yang mirip dengan yang seperti ini.

lighting video youtube

Ini adalah sistem cahaya 2 titik, terdapat dua soft box yang menerangi wajah anda. Tips penting dari kami, terutama jika anda mudah kepanasan, adalah dengan menggunakan LED atau lampu neon. Anda juga bisa menerangi latarnya atau lakukan sedikit eksperimen. Yang penting adalah, pamerkan sisi terbaik anda.

Soft box memantulkan cahaya lembut, bukan cahaya silau itu menjadi keunggulannya. Untuk wajah anda, pastikan anda menggunakan cahaya lembut dengan begitu cahaya akan tersebar merata dan terlihat menawan. Itulah alas an mengapa lampu diberi tudung lampu.

Alternative lain untuk cahaya lembut adalah lampu cincin. Lampu cincin sangat berguna untuk menerangi seluruh wajah dan membuat mata anda bercahaya. Pilihan pencahayaan terakhir kita bukanlah hanya yang paling terang, tapi juga dengan biaya gratis. Misal cahaya matahari, banyak kok creator yang hanya duduk di depan jendela dengan pencahayaan sinar matahari untuk meneranginya.

Tapi tentu ini terbatas pada jam siang hari, tetapi ini bisa jadi salah satu alternative termudah dan termurah agar anda terlihat cerah. Dari semua itu, mana yang paling baik? Sesuai kebutuhan, pilihannya ada ditanggan anda.

4. Tahap terakhir adalah : Editing

editing video youtube
 
Mengedit itu seperti puzzle, anda akan mengambil potongan video dan menyatukan menjadi cerita anda. Mungkin akan sedikit teknis, tapi tidak perlu takut. Pastikan dahulu bahwa Anda talah tahu hal ini Algoritma YouTube Terbaru, Video Durasi Panjang atau Pendek.

Jika anda masih pemula, ada banyak program bagus yang kemungkinan sudah ada di computer anda. Contohnya, jika anda menggunakan Mac, di dalamnya sudah ada aplikasi iMovie atau Windows Movie Maker jika memakai PC.

Sebaiknya berfokus terlebih dahulu pada teknik pemotongan sederhana. Dengan begitu, anda dapat memotong bagian klip favorit anda dengan cara menyeret potongan klip tersebut lalu menempelkannya bersama yang lain. Setelah itu, pelajari cara menggunakan transisi, musik, serta efek.

Setelah menguasai dasarnya, anda dapat membeli software yang lebih canggih. Beberapa creator menggunakan Adobe Premiere, Final Cut, atau Avid bisa pilih sesuai budget serta kebutuhan kalian.

Memang creator baru biasanya memakai yang gratis, tapi ingat, anda punya alternatif. Jika ingin rekomendasi yang lebih spesifik untuk merek atau modelnya silakhan cari referensi sebanyak mungkin.

Sebelum itu, satu tips lagi. Jangan tunggu hingga perlengkapannya sempurna, mulailah sekarang. Latihan dengan yang Anda miliki dan menjadi lebih baik di setiap video.

Baca juga : Tips Bagaimana Cara Menjadi Konten Kreator Berkualitas

Semoga tips dari kami ini membantu anda memulai di YouTube.
Apakah Anda memiliki saran menarik lainnya yang belum kami sampaikan?

Seperti halnya perlengkapan favorit lainnya?
Silahkan sampaikan melalui kolom komentar ya, terima kasih.