Algoritma YouTube Mana yang Tepat? Video Durasi Panjang atau Pendek - Menit info

Algoritma YouTube Mana yang Tepat? Video Durasi Panjang atau Pendek

algoritma youtube terbaru
Apakah video berdurasi panjang lebih disukai oleh algoritma YouTube? Apakah podcast berdurasi satu jam akan mendapat eksposur lebih besar daripada film pendek dua menit?

Mari kita bahas bersama khususnya buat kalian yang terjun di dunia perYouTuban. Ok sebelumnya, bahwa pesan ini sebetulnya telah disampaikan oleh salah seorang pakar YouTube Cristos, VP of Engineering melalui channel YouTube Creators. Melalui tulisan ini kami akan menemukan jawaban yang tepat untuk kalian semua yang sudah ditranslate ke dalam bahasa Indonesia supaya lebih mudah dipahami.

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai durasi video serta pertanyaan dalam sistem penelusuran dan penemuan di YouTube.

Sistem penelusuran dan penemuan YouTube membantu penonton untuk menemukan video yang ingin mereka tonton. Sistem akan memunculkan video yang menarik bagi penonton dan membuat penonton merasa puas setelah menontonnya.

Setelah kamu tahu hal itu, Anda mungkin dalam fikiran akan berkata “oh itu sudah aku duga” bahwa Algoritma YouTube sekarang ini langsung menyarankan video berdurasi panjang karena lebih memuaskan dan membuat orang menonton lebih lama.

“Podcast akan mengalahkan video lainnya” Tidak demikian. Jika hal itu benar, maka video musik tidak akan mendapatkan jutaan, bahkan kadang miliaran penayangan. Video animasi juga tidak akan populer seperti sekarang.

Sistem penelusuran dan rekomendasi YouTube menggunakan ratusan sinyal untuk menemukan peringkat video, diantaranya adalah durasi penayangan video rata-rata dan jumlah persentase penayangan rata-rata. Namun juga sebaiknya jangan mengulur-ulur rekaman video hanya untuk memperpanjang durasi.

durasi video youtube
 
Ada beberapa creator mencoba melakukannya dan hasilnya negatif, alhasil tidak membantu performa video mereka. Intinya, jika kualitas video anda menurun dan penonton mulai berhenti menonton di menit awal, ini merupakan sinyal negatif.

Jika pilihannya adalah video menarik berdurasi 20 menit atau video berdurasi 10 menit yang juga bagus, apakah video yang lebih panjang akan lebih terekspos? Mungkin. Penonton mungkin merasa video berdurasi 20 menit lebih memuaskan. Penonton video berdurasi 10 menit mungkin kurang puas setelah menontonnya atau keluar dari YouTube dengan perasaan kurang puas.

Tapi durasi menonton seseorang hanyalah satu cara untuk memperkirakan tingkat kepuasan.


Maka dari YouTube sekarang telah menggunakan sebuah survei kepuasan. Mungkin Anda pernah melihatnya. Sebuah survey memilih penonton secara acak untuk menilai video setelah ditonton.

Hal ini membantu YouTube memahami perbedaan antara video hanya membuang waktu dan video memuaskan bagi anda.

Apa hal terbaik yang harus dilakukan creator?


Janganlah terlalu memikirkan durasi video. Artinya durasi video juga harus sesuai dengan kontennya. Misal jika butuh 2 menit saja untuk menyampaikan hal penting, buatlah video berdurasi 2 menit. Jika butuh 20 menit, buatlah 20 menit.

Intinya jangan memaksakan hanya untuk menambah durasi video pada hal tidak penting, yang akhirnya membuat bosan penonton dan mereka lebih cepat meninggalkannya. Tapi jika banyak penonton menyukai video, maka sistem penelusuran dan penemuan YouTube akan memunculkannya ke rekomendasi penonton lain.

Ok cukup sampai disini dahulu dan semoga kalian para kreator paham. Kalau kamu suka dengan artikel seperti ini, next kami akan buat lagi tips yang lebih baru dan seru lagi seputar YouTube Creators untuk Anda.
Comments


EmoticonEmoticon