Pengertian dan Fungsi RAM (Random Acces Memory) pada Komputer - Menit info

Pengertian dan Fungsi RAM (Random Acces Memory) pada Komputer

pengertian dan fungsi ram
RAM menjadi salah satu bagian terpenting pada komputer setelah processor. Bagi kalian yang terjun di dunia pemprograman bahkan seorang gamer RAM yang mumpuni menjadi momok utama dan wajib, paling tidak 4GB itupun perlu CPU yang mendukung supaya bisa lancar. Terus apa si pengertian dan fungsi RAM (Random Acces Memory) pada Komputer?

Pengertian RAM atau Random Access Memory merupakan suatu hardware di dalam komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) dan berbagai instruksi program, serta hanya bekerja pada saat komputer hidup saja.

Pada suatu komputer kapasitas RAM tidak mesti sama, itu akan berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data atau loading di komputer tersebut. Sehingga proses penyimpanan data, membuka data, serta menjalankan program, akan semakin cepat sesuai besarnya RAM suatu komputer.
Baca ini : Cara Cek Kapasitas RAM Laptop atau Komputer

Fungsi RAM

Setelah memahai pengertian dari RAM, selanjutnya kita juga perlu tahu apa fungsi dari RAM. Memang sudah diampaikan fungsi RAM secara umum adalah untuk membaca dan menyimpan data. Untuk itu berikut ini penjelasannya:

➤ Membaca Data

Semua data dan informasi yang disimpan di dalam harddisk dapat dibuka dengan lebih cepat karena peran daripada RAM komputer itu sendiri.

Sekarang mari kita bandingkan kecepatan loading membuka file atau program saat pertamakali diakses dengan saat file atau program tersebut telah dibuka sebelumnya. Saat program atau file dibuka, maka data dibaca dan disimpan dalam RAM sementara sehingga akan lebih cepat dibuka kembali ketika komputer masih dalam keadaan menyala.

➤ Penyimpanan Sementara

Berikutnya RAM juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara saat program di dalam komputer sedang dijalankan. Jadi, ketika kita mengerjakan sesuatu, misalnya membuat undangan pengajian, maka komputer akan menyimpan data sementara.

Namun, data tersebut harus disimpan secara permanen (Ctrl+S) untuk mencegah terjadinya kerusakan atau kehilangan karena hal-hal tak terduga. Contoh ketika listrik padam atau adanya lonjakan arus listrik yang tidak stabil.

Jenis - Jenis RAM
Ada beberapa jenisnya, simak lebih lengkap berikut ini,

1. DRAM (Dynamic RAM) merupakan suatu jenis dari RAM yang secara berkala disegarkan oleh CPU (Central Processing Unit) agar data terkandung didalamnya tidak menghilang.

2. SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memor) adalah RAM lanjutan dari DRAM namun telah mengalami sinkronisasi oleh clock sistem. Umumnya SDRAM lebih cepat dibandingkan DRAM.

3. DDR RAM (Double Rate Random Access Memory) sering disebut juga dengan DDR saja. Jenis memory ini merupakan teknologi kelanjutan dari SDRAM. Ada juga kelanjutannya DDR2 (Double Data Rate generation 2 RAM) dan juga DDR3 (Double Data Rate generation 3 RAM), dan mungkin akan ada generasi selanjutnya.

4. RDR RAM (Rambus Dynamic Access Memory) adalah jenis RAM dengan proses kerjanya lebih cepat, juga umumnya lebih mahal daripada SD RAM. Jenis RDR RAM ini digunakan pada perangkat komputer yang menggunakan Pentium 4.

5. SRAM (Static Random Access Memory) adalah jenis memori yang tanpa memerlukan refresh/ penyegaran oleh CPU agar data yang terkandung di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM dari jenis ini proses kerjanya lebih cepati di bandingkan dengan DRAM dan SDRAM.

6. EDO RAM (Extended Data Out Random Access Memory) ini merupakan jenis RAM yang digunakan pada perangkat dengan Operasi System Pentium. Memori ini dapat melakukan proses penyimpanan dan mengambil data dalam waktu bersamaan sehingga lebih cepat.

Itu dia singkat artikel mengenai pengertian dan fungsi RAM terima kasih telah membacanya hingga akhir, semoga dapat menambah ilmu pengetahuan kita mengenai Random Acces Memory pada Komputer.
Comments


EmoticonEmoticon