Pengertian, Unsur dan Ciri-Ciri Proposal yang Baik

pengertian unsur ciri proposal
Saat masih duduk di bangku sekolah atau universitas mungkin kalian pernah mendengar tentang proposal, atau bahkan kamu telah diajari hal itu. Meski sudah belajar kita juga perlu pengembangan diri dari luar untuk memperdalam ilmu pengetahuan, seperti yang akan kami bahas sekarang ini semoga saja dengan dibuatnya pengertian, unsur dan ciri-ciri proposal yang baik bakal menambah ilmu kalian.

Supaya menghasilkan sebuah proposan yang bagus tentunya Anda wajib belajar mengenai sistematika proposal supaya nantinya proposal enak dibaca dan menarik minat dari pembaca.

Pengertian Proposal


Kalua kita kenal sejarah, bahwa awal mula proposal itu berasal dari kata to propose yang artinya mengajukan. Ini berbanding lurus dengan tujuan Proposal sendiri adalah untuk mendapatkan dukungan finansial serta mendapatkan bantuan sponsor mengenai masalah perizinan.

Mengenai pengertian proposal itu sendiri dapat kita ketahui dahulu sebagai tambahan wawasan dari beberapa ahli.

Proposal menurut Jay (2006:1) beliau mengatakan bahwa proposal merupakan alat bantu manajeman standar supaya manajeman dapat berfungsi secara efisien.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan rencana yang dituangkan ke dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan secara sistematis, matang dan teliti yang dibuat oleh penelitisebelum melaksanakan penelitian baik di lapangan maupun di perpustakaan.

Dengan begitu akhirnya Proposal diartikan sebagai sebuah laporan tertulis yang berkaitan dengan sebuah rancangan kegiatan kerja yang disusun secara sistematis dan mengikuti kaidah-kaidah tertentu yang mana dimulai dari penelitian di perpustakaan hingga penelitian di lapangan untuk mencari sebuah jalan alternatif pemecahan masalah.

Unsur Proposal

Setelah mengetahui pengertian dari pada proposal dan beriktutnya mari kita pelajari unsur proposal itu sendiri supaya menjadi sempurna dengan yang kita harapkan.

Unrus-unsur yang kami maksud disini merupakan bagian bagian dari pada unsur proposal penelitian, berikut ini urutannya :

  1. Latar belakang masalah
  2. Rumusan masalah
  3. Tujuan penelitian
  4. Hipotesis
  5. Asumsi dasar
  6. Manfaat
  7. Batasan dan runag lingkup
  8. Definisi operasional
  9. Kajian pustaka
  10. Metode
  11. Hasil, dan
  12. Penutup

Itulah unsur proposal, dengan demikian anda bias mengacu bagian-bagian proposal penelitian untuk membantu memudahkan pembuatan dalam pengajuan sebuah proposal.

Baca juga : Mengenal Istilah Lockdown, Social Distrancing, dan Isolasi

Ciri Proposal yang Baik

Kemudian tidak hanya cukup itu saja, kita juga perlu tahu ciri dari proposal yang baik itu bagaimana, simak berikut ini!

- Menjelaskan kegiatan atau penelitian

Pertama, hal yang dapat dikenali pada proposal yaitu menjelaskan apa yang akan dilaksanakannya suatu kegiatan atau penelitian.

Pada laporan proposal sendiri seharusnya menjelaskan secara lengkap dan jelas mengenai kegiatan mulai dari latar belakang, tujuan, waktu kegiatan atau penelitian serta langkah-langkah pelaksanaan kegiatan ataupun penelitian.

- Tertulis pihak yang membuat proposal

Dalam laporan proposal wajib mencantumkan siapa saja yang terlibat dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Bagaimana bias disetujui kalau pihak pembuat tidak ditulid secara jelas, maka jangan sampai lupa hal itu.

- Tertulis pihak yang dituju

Kemudian setelah itu pihak yang dituju juga harus tertulis serta jelas. Maka kamu harus cantumkan kepada pihak yang akan dituju untuk menerima proposal.

Pada umumnya yang tertulis pada proposal yaitu pihak-pihak atasan yang memiliki wewenang dalam terlibatnya kegiatan atau penelitan.

Bisa jadi dari pihak perizinan setempat atau pihak yang akan memberikan bantuan dana ataupun bisa juga dengan pihak instansi.

- Menggunakan Bahasa baku

Perlu kami wanti-wanti jika kalian mengajuan sebuah proposal maka wajib pembuatannya menggunakan bahasa baku dan sopan. Sebagai contoh gunakan kata Saya jangan Aku.

Dengan demikian selain laporan mudah dimengeri, maka penggunaan bahasa baku akan menentukan diterimanya ajuan proposal.

- Menggunakan struktur penulisan

Ciri proposal yang baik berikutnya kita harus perhatikan struktur penulisan, struktur itu sendiri sama halnya unsur proposal mulai dari latar belakang hingga penutup seperti yang telah kami sampaikan di awal.

- Penyusunan yang sistematis

Dalam artian penjelasan yang ada pada laporan proposal disusun awal pembukaan hingga akhir sesuai dengan urutan pada format penulisan yang sudah pada umumnya digunakan.

- Dapat dipertanggung jawabkan

Setiap isi maupun penjelasan mengenai informasi yang ada pada laporan proposal haruslah bisa dipertanggung jawabkan.

Tentunya baik dari acara kegiatan pelaksanaan atau penelitan yang telah dan akan dilakukan dituliskan dengan benar adanya kegiatan tersebut harus jelas.

Demikian mengenai penjelasan dari Pengertian, Unsur dan Ciri-Ciri Proposal yang Baik supaya mudal dipahami, semoga memberi bermanfaat buat kita semua.

Referensi :
https://foodonmydog.com
https://www.bosinformasi.web.id

Add Comments


EmoticonEmoticon