Mengenal Istilah Lockdown, Social Distrancing, dan Isolasi dalam Penanganan COVID-19

istilah lockdown
Kini virus Corona atau yang dikenal dengan COVID-19 tengah menjadi perbincangan baik di social media, masyarakat dan seluruh dunia. Dengan adanya wabah tersebut muncullah sebuah istilah baru seperti Lockdown, Social Distrancing, dan Isolasi dalam penanganan mencagah Corona.

Virus Corona yang bersumber dari Wuhan, China telah menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia yang kini telah mencapai ratusan orang yang positif COVID-19. Dengan demikian dari berbagai negara semua bekerja sama dalam menangani kasus ini.

WHO (Badan Kesahatan Dunia) sendiri telah menetapkan virus orona sebagi pandemi atau wabah penyakit global. Hingga 18 Maret 2020 telah mencapai total 198.422 kasus Corona di seluruh dunia, setiap pemerintah telah berupaya menanggulangi penyakit tersebut supaya tidak menyebar lebih luas lagi. Seperti halnya melakukan perintah Lockdown, Sosoal Distrancing, dan Isolasi.

Yuk simak ulasan berikut ini mengenai istilah istilah yang sering digunakan dalam upaya penanganan virus Corona.

Lockdown


Lockdown merupakan situasi yang melarang warga untuk masuk ke suatu tempat karena kondisi darurat. Lockdown juga bisa berarti negara yang menutup perbatasannya, agar tidak ada orang yang masuk atau keluar dari negaranya.

Misalnya pemerintah memberhentikan sementara keluar masuk warg asing dari luar negeri.

Social Distrancing

istilah social dictrancing
  
Social distancing merupakan mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah dan interaksi dengan orang lain, mengurangi kontak tatap muka langsung. Langkah ini termasuk menghindari pergi ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi, misal tontonan, bioskop, dan supermarket dan lain sebagainya.

Kalaupun dalam kondisi mengharuskan untuk berada di tempat umum, setidaknya kamu perlu jarak sekitar 1.5 meter dari orang lain. Ingat jangan kontak langsung ya.

Baca ini juga : Kenali Gejala Penyakit Corona

Isolasi


Isolasi merupakan tindakan pemisahan pasien berpenyakit menular dari orang lainnya. Corona adalah penyakit menular jadi jika seseorang telah positif virus sebaiknya segera lakukan Isolasi baik di Rumah Sakit maupun dalam rumah sebagi pemisahan sementara.

Dengan begitu tindakan ini akan mencegah berpeluangnya menginfeksi orang lain karena virus corona dapat masuk melalui lobang pori pori kulit yang kecil.

Pada situasi ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan baru dengan 'memaksa' menutup sejumlah tempat dan kawasan umum guna menguragi penyebaran virus corona. Aktivitas warga juga akan dibatasi dan dihimbau untuk tetap belajar, kerja, dan beribadah di dalam rumah.

Itu dia arti lockdown, social distancing, isolasi, dan ada tambahan istilah corona lainnya berikut ini.

Karantina

Istilah Karantina maknanya hampir sama dengan isolasi, yaitu membatasi seseorang supaya tidak berinteraksi dengan orang lain. Perbedaannya, kalau karantina digunakan untuk seseorang yang telah terpapar virus corona namun belum menunjukkan gejala sakit.

Meski belum adanya gejala telah terinveksi COVID-19, karantina lebih baik guna memastikan tidak terinfeksi virus, mencagah itu lebih baik bukan.

KLB

Kejadian Luar Biasa (KLB) merupakan status yang ditetapkan pada suatu daerah yang diyakini telah terpapar suatu penyakit dengan situasi mulai mengkhawatirkan. KLB telah ditetapkan dan diatur pemerintah dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1501/Menkes/Per/X/2010 tentang Jenis Penyakit Menular Tertentu yang Dapat Menimbulkan Wabah dan Upaya Penanggulangan.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, semoga tambah wawasan buat kita semua ya.

Sumber :
https://www.suara.com/news/2020/03/18/105643/arti-lockdown-social-distancing-dan-istilah-corona-lainnya

Add Comments


EmoticonEmoticon