9 Pelajaran Hebat dari Bill Gates Yang Tidak Anda Pelajari di Sekolah

pelajaran hebat dari bill gates
Apakah kalian sudah kenal siapa itu Bill Gates? Bagi para pelajar sekolah menengah yang mengambil jurusan Komputer, ia dikenal sebagai pendiri perangkat lunak Microsoft. Tapi tak hanya itu Bill Gates diketahui juga sebagai seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal Amerika Serikat, ketahui lebih lanjut tentangnya di Wikipedia.

Bill Gates juga dikenal sebagai orang terkaya didunia. Pada suatu kesempatan di sebuah sekolah menengah atas, Bill Gates memberikan pidato impresif kepada para pelajar mengenai perbedaan antara kehidupan nyata dan kehidupan fiksi yang kebanyakan tidak dimengerti oleh anak muda saat ini dan tidak diajarkan di sekolah.

Guna menambah semangat dan motivasi pada diri kita, pelajaran hebat dari orang sukses yang kita kagumi setidaknya bakalan memberi sedikit dorongan untuk menjadikan hidup lebih baik.

1. Kita Tidak Langsung Kaya Setelah Lulus Sekolah

Kalian tidak akan bisa jadi seorang wakil presiden dengan fasilitas mobil sampai kalian benar-benar layak mendapatkannya.” Ujar Bill Gates dalam pidatonya. Kita tidak bisa menjadi sukses dan berhasil hanya dari semalam, semuanya membutuhkan proses. Kita harus bekerja keras dengan keringat dan darah untuk mendapatkan kesuksesan. Jangan mengharapkan sesuatu dari orang lain.

2. Hidup Itu Tidak Terdiri Dari Semester-Semester

Dalam pidatonya Bill Gates menyampaikan “Hidup itu tidak terdiri dari semester-semester. Kalian tidak akan mendapat waktu istirahat. Dan hanya ada segelintir pemberi kerja yang tertarik untuk membantu kalian dalam menemukan jati diri kalian. Lakukan itu sendiri.”

Dunia nyata tidak akan memberikan Anda waktu istirahat, setelah hidup dimulai itu hanya akan berjalan dengan terus menerus dan semakin cepat hingga akhirnya akan menggeser cara berpikir kita mengenai liburan sebagai waktu istirahat. Akan tetapi waktu untuk yang telah berlalu akan membuat sesuatu menjadi lebih berharga dan akan membuat kita lebih mudah menghadapi kenyataan.

3. Kehidupan Nyata Tidak Sama Dengan Bangku Sekolah

Menurut Bill Gates kehidupan nyata tidak pernah sama dengan bangku sekolah karena menurut Gates “Di beberapa sekolah, nilai-nilai yang jelek bisa dihapus begitu saja. Mereka akan memberi kalian banyak kesempatan untuk memperbaiki kegagalan. Hal ini tidak akan terjadi di dalam kehidupan nyata.”

Hanya yang kuat yang menang.

4. Jika Kalian Berpikir Bahwa Guru Kalian Keras, Tunggu Sampai Bertemu Bos Kalian

Semua orang berfikir waktu yang paling membosankan adalah saat mendengarkan guru berceramah didalam kelas, tetapi menurut Bill Gates itu tidak ada apa-apanya dan sepuluh kali lebih buruk jika kita terjebak dengan bos kita.

Seorang guru akan mengatakan yang mana yang baik dan buruk serta mengoreksi kesalahan kita, berbeda dengan seorang bos, mereka (bos) hanya memerlukan hasil yang sempurna dari pekerjaan yang telah kita lakukan bagaimanapun caranya dan jika kita tidak menghasilkan yang sesuai dengan kriteria mereka (bos) bisa jadi kita akan dipecat. Luangkan waktu untuk memperbaiki kesalahan ketika kita masih memiliki kesempatan.

5. Hidup Itu Tidak Adil, Biasakan Dengan Itu!

Ketika hidup tidak memberikan apa yang kita inginkan, jangan pernah menyerah. Arahkan kemarahan dan rasa frustasi pada dengan cara yang benar, itu lebih baik dari pada kita mengutuki kesalahan yang dapat membuat kita jatuh.

Belajarlah dari situasi buruk dan ambil pelajarannya. Kalau kita menganggap hidup itu nyaman maka tidak ada lagi tantangan dalam hidup ini.

6. Dunia Tidak Peduli Dengan Harga Diri Kita

Dalam pidatonya Bill Gates mengatakan “Dunia hanya menginginkan kalian yang bisa menghasilkan suatu karya atau pencapaian sebelum  kalian bisa merasa nyaman dengan diri kalian sendiri.”  Marilah kita memulai membuat karya dari diri kita sendiri terlebih dahulu sehingga pada akhirnya karya kita bisa berguna bagi orang lain.

Yang terpenting adalah, kita harus memperjuangkan mimpi kita sampai menjadikannya kenyataan. Jika Anda sudah berhasil, jangan lupa untuk memberikan sumbangan, pada saat itulah dunia akan menghargai Anda.

7. Jangan Gengsi Melakukan Pekerjaan Paruh Waktu

Tidak ada yang namanya keberuntungan, semua akan tergantung seberapa baik kita meraih peluang yang datang, kita tidak pernah tahu bahwa pekerjaan kecil yang kita lakukan dengan cara yang hebat akan berdampak pada kehidupan kita.

Seperti yang disampaikan Bill Gates “Jangan gengsi melakukan pekerjaan paruh waktu. Kakek-nenek kalian punya istilah yang berbeda untuk pekerjaan semacam ini.., mereka menyebutnya ‘peluang’.”

Jadi pekerjaan paruh waktu bisa membawa kita mengenali diri kita sendiri, bekerja paruh waktu juga bisa menjadi batu loncatan untuk kita, orang terkaya didunia juga memulai pekerjaan mereka dari bawah.

8. Jika Kita Berbuat Salah, Itu Bukan Kesalahan Orang Tua Kita

Kebanyakan dari kita akan menyalahkan orang tua kita jika kita melakukan kesalahan atau bahkan kegagalan, Bill Gates mengatakan “Jika kalian berbuat salah, itu bukan kesalahan orangtuamu. Jadi jangan mengeluh karena kesalahan-kesalahanmu, melainkan ambil pelajaran dari kesalahan itu.” Jadi kita jangan pernah menyalahkan orang tua kita atas apa yang kita lakukan, karena apa yang kita kerjakan adalah tanggung jawab pribadi kita bukan orang tua.

Mencatat setiap kesalahan dan mengoreksinya akan membantu kita tidak menyalahkan orang lain. Berhenti melempar batu kepada orang lain, kita hanya akan menjadi pribadi yang baik jika kita bisa menghadapi kelemahan dan kesalahan kita sendiri.

9. Televisi Bukan Kehidupan Nyata

Dalam kehidupan nyata, orang malah harus meninggalkan kedai kopi untuk pergi bekerja.”

Hidup tampak jauh lebih mudah di dalam televisi daripada di kehidupan nyata. Hidup harus realistis akan segala sesuatu. Tinggalkan televisi jika tidak ingin dipenjara dalam tipuan. Hiburan itu penting tetapi tidak wajib. Kehidupan yang lebih baik itu yang wajib.

Akhir kata

Semoga sembilan pelajaran hebat diatas dapat memberikan kita pencerahan bagaimana menjalani kehidupan ini dari sudut pandang orang sesukses Bill Gates. Pelajaran berharga apa yang Anda ambil hari ini?

Add Comments


EmoticonEmoticon