10 Tanda Jika Kamu Sedang Menyia-Nyiakan Hidup

tanda kamu menyiakan hidup
 

Dalam kehidupan nyata kita tidak boleh menyia-nyikan orang lain, mulai dari menyakiti dan suatu hal yang merugikan orang lain harus kita hindari. Mungkin kebanyakan orang yang bertindak jahat bisa jadi soal dia sendiri telah menyia-nyikan hidupnya sendiri jadi menyakiti adalah satu hal biasa baginya.

Kamu harus tahu bahwa dengan menyia-nyiakan hidup akan berdampak pada kehilangan hal yang berharga yaitu waktu yang tidak bias berputar kembali. Sebelum kamu terlanjur alangkah baiknya untuk mengetahui beberapa tanda jika seseorang sedang menyia-nyiakan hidupnya, jangan-jangan kamu sendiri sedang mengalami.

Satu hal yang menjadi tanda adalah seperti ketika kita selalu merasa tidak ada tujuan dalam hidup. Terlalu sering bersantai, banyak menunda pekerjaan hingga tidak ada tujuan yang jelas dari apa yang telah dilakukan. Maka dari itu, seperti yang telah kami rasakan sendiri dan perolehan informasi dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tanda jika kamu sedang menyia-nyiakan hidup.

1. Kamu menghabiskan terlalu banyak waktu seperti menggulir sosial media tanpa tujuan yang jelas pada ponselmu.

2. Kamu berpesta (banyak) menonton video YouTube/Netflix/TV yang tujuannya untuk bersenang-senang dan kamu lakukan setiap hari terlebih sering sampai larut malam.

3. Kamu berpesta sepanjang akhir pekan.

Boleh saja si berpesta tidak ada yang melarang, namun kamu lakukan setiap akhir pekan? Kami rasa itu terlalu berlebihan.

4. Kamu memainkan ponselmu selama satu jam lebih usai bangun tidur, akhirnya jadi malas.

Nah ini nih penyakit yang sering terjadi pada setiap orang, terlebih kamu sedang tidak ada kerjaan alias hari libur biasanya sering larut dan terlalu bersantai. Meski libur sebaiknya buatkan list aktivitas yang jelas dihari itu.

5. Kamu menghabiskan berjam-jam melihat kehidupan orang lain (Instagram/Snapchat).

Kamu harus sadar bahwa kehidupan di dunia maya yang kamu lihat bukanlah yang sesungguhnya, kamu melihat orang lain gembira di Instagram belum tentu pada kenyataannya ia bahagia.

6. Kamu selalu membaca tentang berita gosip, rumor-rumor selebrtiti, mode/hype terbaru.

Lagi-lagi kamu jangan terlalu mengikuti gosip, cukup tahu saja, jangan sampai mengikuti trend yang hanya membuat beban dalam hidupmu.

7. Kamu sering terlibat dalam gosip.

Belah saja terlibat asal kamu sadar diri dan tahu batasan-batasan jangan sampai terpancing ikut-ikutan umbar aib orang lain, tidak baik.

8. Banyak Mengeluh

Nah ini nih dampak ketika kamu terlalu mengikuti trend, menggosip sana-sini akhirnya banyak mengeluh. Parahnya lagi kamu mengeluh di media sosial itu sama saja kamu memperlihatkan kelemahanmu pada orang lain, dan akhirnya kamu hanya dimanfaatkan.

9. Secara harfiah, kamu tidak ingin satu hari berakhir karena kamu tidak memilik rencana untuk hari esok.

Tidak memiliki rencana menjadi salah satu sumber bahwa kamu mulai menyia-nyiakan hidupnya.

10. Kamu merasa bersalah karena tidak menghabiskan waktumu lebih baik.

Itu pasti, jika kamu telah meliwati harimu hanya untuk bersenang-senang bagi yang merasa pasti akan punya firasat bersalah pada diri sendiri. Kita harus sadar bahwa ketika kita hanya memikirkan kesenangan maka kesedihan di depan mata.


Baca juga : Cerita Kesederhanaan Keluarga Bahagia

Dari beberapa tanda di atas, mungkin kamu sudah memiliki gambaran seperti apa orang-orang yang menyia-nyiakan hidup. Semoga kamu tidak termasuk dalam golongan itu, meskipun kamu masuk segeralah perbaiki sebelum terlanjur.

Oke mungkin kamu juga ingin tahu bagaimana cara atau tips untuk memutar kehidupan kita agar lebih baik, simak di bawah ini.


1. Batasi waktu yang kamu habiskan di sosial media secara drastis, buat fungsi di ponselmu untuk mengingatkan saat kamu melampaui batas waktumu (kecuali kamu menggunakan sosial media untuk bekerja atau sebagai bagian dari brand kamu tersendiri).

2. Ganti konsumsi konten online yang tidak berguna dengan membaca. Baca yang banyak, bacalah bacaan yang bermanfaat dengan lahap supaya rasa ingin tahu kamu bertambah.

3. Habiskan akhir pekanmu dengan bekerja di samping keramaian, belajar keterampilan baru, berolahraga, alih-alih memanjakan diri dalam berpesta (pesta yang sesekali baik-baik saja).

4. Bangun dengan segera setelah kamu bangun tidur dan memiliki rutinitas pemberdayaan pagi yang dirancang khusus untuk kamu sendiri. Seperti mengikuti pengajian atau sekedar baca buku harian.

5. Berhenti melihati berita-berita sensasi dan tingkatkan dirimu tentang yang lebih relevan seperti politik, keuangan, dan ekonomi. Dengan begitu kamu akan memandang masa depan lebih carah.

6. Ubah percakapanmu dengan orang-orang menjadi ke yang saling memberdayakan, bentuk lingkaran sosial dimana kamu termotivasi untuk menjadi lebih baik.

7. Buat rencana-rencana, jadwalkan harimu, dan jadwalkan minggumu, apa yang dijadwalkan itulah yang disiapkan.

9. Dengan poin nomor 7, masalah ini lenyap. Kamu bias lebih menghargai waktu, menghargai diri-sendiri juga orang-orang yang kamu sayangi, serta taka da lagi rasa bersalah.

Terakhir, jika tips dari kami menjadikanmu lebih baik hingga menuju kesuksesan maka jangan lupa bersedekah. Terima kasih.

Add Comments


EmoticonEmoticon