Cara Membedakan Merpati Jantan atau Betina

Siapa yang tidak mengenal burung  yang satu ini, salah satu jenis burung yang telah banyak ditemukan di Indonesia karena para peternak lokal pun telah membudidayakan berbagai jenisnya, baik dari merpati hias maupun yang lainnya.

Budidaya merpati telah banyak digandrungi oleh para masyarakat indonesia, hal ini dikarenakan budidaya merpati tidak memerlukan banyak perawatan dan hasil jual dari merpati  itu sendiri juga tak kalah menguntungkan dari budidaya burung lainnya.

Seseorang yang telah lama mengenal jenis-jenis dari merpati ini pasti tak akan salah lagi membedakan antara merpati jantan dan merpati betina, namun bagi para pemula mungkin akan merasa kebingungan dan sulit menentukan apakah merpati itu jantan atau betina.

Banyak yang mengatakan dari segi fisik merpati jantan dan betina tidak memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Sebenarnya membedakan jenis kelamin merpati sangatlah mudah, penting halnya membedakan jenis merpati agar tidak keliru apalagi jika ingin diikutkan dalam sebuah perlombaan.

 

cara bedakan merpati jantan betina
 
Adapun Perbedaan merpati jantan dan betina, mari simak penjelasannya

1. Dilihat dari bentuk badan dan leher

Merpati jantan memiliki postur tubuh yang lebih besar dan lebih tegap dibandingkan merpati betina. Ukuran badan merpati betina cenderung kecil dan mungil.  Leher pada merpati jantan terlihat lebar dan besar, sedangkan merpati betina memiliki leher yang lebih kecil dan panjang.

2. Dilihat dari suara

Merpati jantan memiliki ciri khas suara yang lebih besar dari pada merpati betina. Atau dapat dikatakan merpati jantan memiliki suara yang lebih tebal atau ngebass dan bergema. Suara merpati jantan sangat berbeda dengan betina, karena merpati betina cenderung memiliki suara yang lebih kecil dan lebih nyaring melengking di telinga.

3. Dilihat dari bentuk Muka

Perbedaan ini sangatlah terlihat pada kedua merpati dengan jenis kelamin yang berbeda. Kamu akan mengetahui merpati jantan dengan melihat bentuk mukanya yang lebih lebar/melebar dibandingkan dengan wajah merpati betina. Merpati betina memiliki muka yang kecil, dan lebih pipih.

4. Dilihat Dari tingkah Laku

Pergerakan dan tingkah merpati jantan dan betina sangatlah berbeda, pergerakan seekor merpati jantan akan lebih lincah dan agresif, namun untuk merpati betina tingkahnya akan terlihat lebih lambat, kalem dan pasif.

5. Dilihat dari kemampuan dan kecepatan terbang

Merpati jantan banyak digunakan sebagai merpati balap karena daya kecepatan terbangnya lebih tinggi dibandingkan dengan merpati betina. Merpati jantan memiliki kemampuan terbang  yang cepat dan merpati betina cenderung memiliki kemampuan terbang yang lambat.

6. Homing

Homing adalah sebuah kemampuan yang dimiliki merpati untuk kembali ke kandangnya setelah dilepas. Merpati betina lebih memiliki homing yang sangat baik jika dibandingkan dengan merpati jantan. Homing pada merpati jantan sangat kurang, inilah yang menyebabkan seringnya merpati jantan hilang setelah dilepaskan.

7. Warna bulu pada leher

Warna bulu leher pada merpati jantan lebih mengkilap dibandingkan dengan jenis merpati betina.

8. Dilihat dari bentuk paruh

Paruh merpati jantan berukuran lebih kecil dan ramping, sedangkan merpati betina memiliki paruh yang berukuran kecil dan lebih panjang.

9. Dilihat dari bentuk dada

Dada burung merpati jantang cenderung lebih besar dan bidang. Merpati betina memiliki dada yang lebih pipih atau kecil.

10. Dilihat dari Supit udang

Kloaka atau supit udang yang dimiliki merpati jantan bertekstur lebih keras dan sempit, namun untuk merpati betina supit udang ini teksturnya lebih lentur dan lebar.

Demikianlah hal-hal yang dapat di gunakan untuk membedakan jenis kelamin burung merpati. Semoga membantu!

Add Comments


EmoticonEmoticon