7 Benda yang Terbuat dari Tanah Liat dalam Kehidupan Sehari Hari

Salah satu contoh kerajinan dari tanah liat yang dari dulu hingga sekarang menjadi pelengkap rumah dengan fungsi penting sekali, sehingga kalau tidak ada itu penghuni rumah bisa kepanasan dan kehujanan, yaitu genteng. Tahu kah kamu kenapa sih tanah liat cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat karya seni?

Hal itu dikarenakan tanah liat memiliki pembeda bertekstur mudah dibentuk dan padat, maka dari itu dapat menghasilkan sebuah benda yang kuat. Pantas saja rumah beratap genteng meski terkena air, angin, serta sorotan matahari sepanjang tahun tetap kokoh.

Seorang perajin tanah liat akan membutuhkan alat khusus untuk memulai membentuk karya yang diinginkan, mereka yang sudah ahli akan menggunakan beberapa peralatan seperti; sudip, pisau pahat, tali pemotong, meja putar, kayu bulat, dan lainnya.

Nah melalui tulisan ini kami akan mencoba memberikan informasi pada teman-teman, tentang apa saja benda atau kerajinan dari tanah liat yang sering dipakai dalam keseharian. Memang dengan satu bahan yang sama bisa menjadi berbagai bentuk dari menjadi alat keperluan dapur hingga yang paling umum saat sekarang ini sebagai hiasan rumah.

1. Alat Memasak

 

benda terbuat dari tanah liat

Di era modern sekarang ini mungkin sudah jarang yang menggunakan alat masak berbahan tanah liat seperti wajan, paruk, cowet, kalau di desa masih ada yang menggunakannya. Memang alat dapur untuk masak yang terbuat dari tanah liat lebih lama panas ketimbang dengan bahan baja atau alumunium. Pastinya orang-orang perkotaan sudah meninggalkan alat masak dari tanah liat, kalaupun ada hanya sebagai koleksi dan hiasan rumah.

2. Vas Bunga


Kalau yang ini entah di desa maupun orang kota, orang miskin dan kaya kebanyakan dari mereka membeli vas bunga berbahan tanah liat, artinya di pasaran cukup laku dibandingkan dengan alat masak. Mungkin vas bunga dari tanah liat terlihat unik serta memberikan kesan yang natural, juga harga jual di pasaran relatif mudah dijangkau dari pada yang berbahan kaca.

Tak hanya masyarakat kita yang menyukai vas bunga berbahan tanah liat. Beberapa wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia pun banyak yang tertarik membeli untuk dijadikan oleh-oleh.

3. Asbak

 

asbak tanah liat

Kalau kita mau buang putungan rokok biasanya dimana? Ya benar sekali jawabannya Asbak. Kalau jaman dulu Asbak menjadi tugas kerajinan dari sekolah, gak tau kalau sekarang. Kami teliti disekitar, kini asbak dari tanah liat sudah jarang dipakai, kebanyakan dari mereka menggunakan bahan kayu, kaca dan alumunium.

Dengan bentuk yang sederhana, asbak dari tanah liat bias kita buat sendiri untuk menambah kreasi diwaktu luang.

4. Celengan


Meski kini sudah jarang orang menabung menggunakan celengan, tak ada salahnya untuk wadah belajar menabung buat anak-anak kita. Terlebih celengan dari tanah liat bentuknya unik dan karakter kartun akan menambah daya Tarik tersendiri pada anak.

Memang celengan kini telah ada banyak jenis mulai dari bahan plastik, kaleng, kertas, meski begitu tetap banyak kok celengan dari tanah liat yang dijual di pasaran.

5. Guci

 

guci tanah liat

Kalau yang ini mungkin sering ditemukan di pojokan ruang rumah berfungsi untuk mempercantik sebagai hiasan. Tak heran guci memiliki nilai yang tinggi soalnya peminatnya kalangan orang berduit.

6. Tungku


Tungku atau semacam kompor dengan bahan bakar kayu. Tungku ada yang berbahan tanah liat merupakan salah satu alat yang dipakai untuk memasak oleh orang zaman dulu. Kini mungkin masih ada yang menggunakan di lingkungan pedesaan, itu pun sebagian soalnya untuk memasak kebanyakan sudah pakai kompor gas.

Anak jaman sekarang mungkin akan bingung ketika melihat benda tersebut, karena memang kini sudah minim keberadaannya dan mulai ditinggalkan.

7. Patung


Sebagai hiasan, patung berbahan tanah liat masih cukup diminati oleh masyarakat dikarenakan bentuknya unik. Biasanya orang-orang tertarik dengan bentuk patung hewan dan tumbuhan untuk dijadikan hiasan rumah mereka.

 

Baca juga : Cara Mencegah Perkakas Bambu Terhindar dari Rayap

Itulah teman-teman beberapa alat dan benda yang terbuat dari tanah liat. Ada yang bias untuk keperluan rumah seperti memasak, ada juga untuk dipakai menghias taman, rumah dan sebagainya. Mungkin dari artikel ini kamu mendapat inspirasi baru dalam menghias tempat atau setelah baca tulisan dari kami dapat ide membuat kerajinan dari tanah liat.

Add Comments


EmoticonEmoticon