Apa Manfaat Berdzikir dan Berdoa dalam Kehidupan Sehari-Hari

manfaat berzikir dan berdoa
 

Dzikir dan doa merupakan salah satu amalan penting yang disukai Rasulullah. Bahkan, Allah memerintah hambanya untuk senantiasa berdzikir dan berdoa kepada-Nya, karena punya banyak manfaat. Apa saja manfaat dari berdzikir? Simak pembahasan tentang manfaat berdzikir dan berdoa berikut ini.

Manfaat Berdzikir dan Berdoa Kepada Allah

Sudah menjadi rahasia umum bagi umat Islam kalau kita menjalankan do'a serta berzikir kepada-Nya niscaya dalam kehidupannya bakal dijanjikan tenang dunia akhirat. Ada banyak manfaat yang didapat dengan berdzikir, diantaranya:

1. Menenteramkan Hati


Salah satu keutamaan dari berdzikir yaitu menciptakan ketentraman dalam batin. Sebab, ketika sedang berdzikir pada Allah, maka secara otomatis hati dan pikiran kita akan tertuju pada Allah. Bisa dibilang, dzikir dan doa adalah bentuk komunikasi intim seorang hamba pada Allah.

Tak heran, jika Anda bertanya apa manfaat yang dapat dirasakan dengan dzikir dan berdoa? Maka jawabannya adalah hati menjadi lebih tenang dan segala permasalahan yang kita hadapi terasa lebih ringan. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam ayat Al-Qur'an tentang keutamaan berdzikir berikut ini:

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram”  (QS. Ar-Rad:28)

2. Mampu Menyehatkan Otak


Beberapa orang lebih memilih berdzikir daripada langsung pulang usai mendirikan sholat. Memangnya, apa manfaat dzikir setelah sholat? Selain berpengaruh positif untuk kesehatan batin, ternyata berdzikir juga mampu menyehatkan otak. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh hasil riset Universitas Washington.

Hasil penelitian tahun 1993 itu menyebutkan jika berdzikir mampu mengaktifkan sel-sel syaraf dalam otak. Jadi, ketika kita berdzikir dengan mengucap kalimat-kalimat seperti “Subhanallah” secara berulang-ulang, maka pada saat itu kita sedang mengaktifkan sel otak.  

3. Dijauhkan dari Godaan Jin dan Setan


Berdzikir memungkinkan seorang hamba lebih sering mengingat Allah. Salah satunya lewat bacaan asmaul husna yang mempunyai banyak keutamaan. Apa keutamaan orang yang terbiasa berdzikir kepada Allah melalui Asmaul Husna?

Jawabannya banyak sekali. Mulai dari mengingatkan hamba pada kebesaran dan keagungan Allah, hingga menjauhkannya dari segala keraguan terhadap Allah. Sebab, dalam bacaan asmaul Husna terkandung sifat-sifat baik Allah yang menjadikan kita lebih yakin dan beriman kepada-Nya.

Dengan terbiasa berdzikir, keimanan seorang hamba akan lebih meningkat, sehingga mampu menjaganya dari godaan jin dan setan. Sebab, setan akan senantiasa menggoda manusia. Akan tetapi mereka dapat dikalahkan dengan keimanan yang tangguh kepada Allah.

Hal tersebut sebagaimana firman Allah dalam ayat berikut ini:

"Sesungguhnya mereka adalah setan yang menakut-nakuti (kamu) dengan teman-teman setianya, karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu orang-orang beriman." (QS. Al-Imron:176)

4. Menghapus Dosa


Dengan mengamalkan dzikir dalam hati secara khusyuk, secara tidak langsung kita juga memohon ampunan pada Allah atas segala khilaf dan dosa. Karena itulah, dzikir termasuk amalan yang mampu menghapus dosa, menjauhkan kita dari perbuatan maksiat, serta menyelamatkan dari api neraka.

Manfaat dzikir yang satu ini berhubungan dengan hadist Rasulullah berikut ini:

''Anak Adam tidak pernah melakukan perbuatan yang membawa jaminan keselamatan kepadanya, dari hukuman Allah lebih dari mengingat Allah SWT,'' (Shahih Al-Jaami 5633).

Hadist nabi di atas menunjukkan bahwa dzikir mampu memberikan jaminan keselamatan pada setiap hamba yang mengamalkannya secara benar. Dengan istiqomah berdzikir, kita juga telah menyelamatkan waktu yang kita miliki dari mengerjakan perbuatan maksiat dan hal-hal yang tidak bermanfaat.

5. Melancarkan Rezeki


Sebagai seorang hamba, sudah sepatutnya kita bersyukur kepada Allah dan senantiasa mengingat-Nya setiap saat. Salah satunya dengan mengucapkan syukur melalui doa dan dzikir kepada Allah. Pada momen itulah kita juga bisa memohon limpahan rezeki yang berkah dari-Nya.

Allah berfirman dalam QS. Al-Jumuah:10, bahwa dengan mengingat Allah sebanyak-banyaknya, maka ia akan beruntung.  

Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu dimuka bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. Al-Jumuah:10)

Ayat di atas menunjukkan bahwa salah satu manfaat berdzikir dan berdoa yaitu sebagai pembuka pintu rezeki. Tentunya, amalan tersebut perlu kita barengi dengan senantiasa berusaha semaksimal mungkin dalam menjemput rezeki dari-Nya. Misalnya dengan rajin bekerja setiap hari dan tidak mudah menyerah.

 

Baca juga : Arti Mimpi Disuntik di Lengan


Penutup

Itulah 5 manfaat berdzikir dan berdoa yang bisa kita dapatkan jika istiqomah mengamalkannya. Ternyata manfaatnya tidak hanya berpengaruh untuk menentramkan batin, tapi juga melancarkan rezeki. Jadi, tunggu apa lagi? Tetap Istiqomah dzikir dan doa untuk mencapai keutamaan dari-Nya.

Add Comments


EmoticonEmoticon