Simak Kelebihan serta Kekurangan Honda PCX 160

kelebihan honda pcx 160
 

Setiap sepeda motor sebaik apapun pasti dibalik keunggulan juga tidak ketinggalan adanya kekurangan, hanya saja sebgai konsumen bisa mempertimbangkan untuk kebutuhan kita lebih banyak kelebihannya atau kelemahannya. Sebelum akhirnya kita memutuskan untuk membeli suatu kendaraan sudah hal wajib selain mengetahui harga, ulasan mengenai produk seperti halnya Honda PCX 160 yang bakal menjadi bahan review kita kali ini.

Sejarah mengatakan kalau hadirnya PCX dimulai sekitar tahun 2010, kala itu masih bermesin 125 cc. Hadirnya skuter matik (skutik) ini tak lain untuk menjadi pesaing rivalnya yakni Yamaha NMAX, akan tetapi skutik gambot tersebut baru mulai ramai dan laku keras di pasaran sejak tahun 2020 dan 2021.

Mungkin kalian semakin penasaran bukan dengan Honda PCX 160 yang dibekali dengan mesin baru eSP+, berpendingin cairan, 4-katup, dan SOHC. Terlebih kapasitasnya juga semakin bertambahn menjadi 156 cc dengan tenang maksimum yang dihasilkan hingga mencapai 15,7 PS pada 8.500 rpm. Lebih lanjutnya, mari kita simak kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Honda PCX


1. Desai yang Mewah

Yang pertama kalau Honda PCX kelihatan mewahnya dari segi desain bodinya yang penuh lekukan serta bentuk muskular nan atraktif. Bagi kami yang kelihatan unik itu pada desain stoplamp dan sein karena bentuknya menyerupai huruf ‘X’ itu juga sudah full LED. Kemudian pada bagian fasciannya sangat spesial dengan wujud menyerupai ikan hiu menjadikan motor ini makin tajam dipandang.

2. Banyak Fitur

Kelebihan dari pada skutik PCX berikutnya adalah fiturnya yang banyak lho. Adapun fasilitas yang canggih dari motor tersebut seperti adanya lampu hazard, ada pula smart key system yang merupakan sebuah fitur yang menggantikan kunci konvensional dengan teknologi remote multifungsi. Teknologi kunci tersebut mengantongi tiga fitur sekaligus yakni: Immobilizer, Answer Back dan Alarm anti-theft (antimaling).

Sistem pengereman ABS (Anti Lock Braking System) ini sudah ada pada PCX, maski ini juga sama dimiliki oleh rivalnya Yamaha Nmax, akan tetapi adanya sistem combi brake system yang tidak dimiliki Nmax.

3. Performa Unggul

Pada jantung mekanis PCX cukup unggul, bagaimana tidak dengan adanya mekanis terbaru eSP+ PCX 160 menghasilkan performa terbaiknya. Mesin barunya menggunakan empat katup mampu menorehkan daya 15,2 PS @8500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm @6500 rpm.

4. Penunjang Efisiensi Bahan Bakar

Ditambah adanya teknologi ISS (Idling Stop System), sebuah teknologi yang mampu mematikan mesin secara otomatis ketika mesin menyala namun tidak terpakai. Contohnya ketika kita berada di lampu merah cukup lama, mesin akan mati secara otomatis dan menyala kembali hanya dengan memutar gas. Fitur tersebut juga bisa kita sesuaikan kebutuhan yang bisa diaktifkan maupun non-aktifkan melalui switch sebelah kanan panel stang.

Efisiensi bahan bakar selanjutnya adalah ACG Starter yang berfungsi mengurangi getaran saat menyalakan mesin motor, hal itu dapat mengurangi konsumsi bahan bakar minyak, dikarenakan adanya sistem decompression yang mempermudah kerja piston.

5. Bagasi Lebar

Ternyata bagasi PCX 160 menjadi keunggulan tersendiri dengan daya tampung sebanyak 28,8 liter. Memang kemampuan dalam membawa barang bawaan tidak diragukan lagi. Tentu dengan bagai selebar itu sudah pasti muat helm serta berbagai peralatan kendaraan lain yang mudah diselipkan.

Di sisi lain PCX punya laci dibagian kiri dasbor yang dapat kita tutup, di dalamnya juga ada power outlet yang memiliki arus DC dengan daya maksimal 12 volt. Masih ada sisa ruang kecil yang bisa manfaatkan oleh pengendara untuk menyimpan sarung tangan, masker, maupun meletakkan handphone.

Kekurangan Honda PCX


Tidak Tersedia Konektivitas Gawai

Bagi yang belum tahu, bahwa fitur konektivitas gawai berguna untuk menghubugkan smartphone dan Comunication Control Unit (CCU) via jaringan bluetooth dan aplikasi Y-Connct. Dengan begitu pemilik motor bisa melihat notifikasi telepon, email dan pesan. Untuk mengetahui rekomendasi perawatan, konsumsi BBM, pemberitahuan malfungsi, informasi Eco Riding, Revs Dasboard hingga lokasi motor terparkir. Sayangnya motor Honda PCX belum diberi fitur tersebut.

Harga Honda PCX Terbaru

Tipe Harga (Rp)
PCX - CBS 30.845.000
PCX - ABS 34.445.000
PCX e:HEV 43.650.000

Akhir Kata

Dengan ulasan di atas kita telah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari pada motor Honda PCX 160 yang mungkin sudah Anda idamkan sejak lama. Kesimpulan dari kami dengan banyaknya kelebihan dibanding kekurangan maka sangat layak untuk kita perjuangkan kedepannya, namun kembali lagi pertimbangkan juga sama kebutuhan kalian, karena sesuatu yang dipaksakan itu tidak baik.

Okelah sekian ulasan dari kami semoga ini bermanfaat, terima kasih.

Add Comments


EmoticonEmoticon