Resep Membuat Rawon Ayam Kluwek, Enak Banget!

rawon ayam kluwek
 

Siapa yang sudah pernah menyantap Rawon Ayam Kluwek? Bagaimana rasanya? Enak sekali bukan? Memasak rawon ayam ternyata tidak terlalu sulit loh, namun juga tidak gampang. Soalnya apabila salah mengolah maka rasanya akan aneh dan hambar. Padahal rawon ayam memiliki aroma dan cita rasa yang khas, menggugah selera, dan memancing selera makan kita.

Beberapa hal yang sangat berpengaruh terhadap kualitas rasa rawon ayam yaitu jenis bahan, bahan segar yang digunakan, lalu cara membuat dan penyajiannya. Pada umumnya rawon memang menggunakan daging sapi atau kambing, namun ternyata olahan rawon yang menggunakan daging ayam juga tidak kalah lezatnya.

Mungkin kamu yang berasal dari Jawa Timur sudah bisa dengan masakan tersebut, maka bagi Anda yang ingin sekali menyajikan rawon ayam dirumah namun masih bingung bagaimana caranya tidak usah khawatir, karena pada kesempatan kali ini kita akan membagikan resep yang bakalan lezat dan menggugah selera. Yuk simak resep membuat rawon ayam kluwek berikut ini!

Bahan-bahan
1. 500 gram ayam fillet
2. 2 liter air
3. 50 gram gula merah
4. 1 sendok makan gula pasir
5. 1 sachet kaldu ayam bubuk
6. Garam secukupnya
7. Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus
1. 5 buah kluwek
2. 4 siung bawang putih
3. 6 siung bawang merah
4. 4 butir kemiri (sangrai)
5. 1 sendok makan ketumbar
6. ½ sendok teh merica butir
7. ½ sendok teh jinten (sangrai)
8. 2 ruas kunyit

Temukan jawabannya disini : Mengetahui Apa Itu Kluwek?

Bumbu Cemplung
1. 3 batang serai (geprek)
2. 5 lembar daun jeruk purut
3. 4 lembar daun salam
4. 2 ruas lengkuas (iris tipis-tipis)

Taburan
1. Kecambah
2. Daun bawang (iris-iris)
3. Bawah merah goreng
4. Kerupuk
5. Sambal
6. Telor asin

Cara Membuat


  1. Bersihkan ayam, kemudian potong-potong membentuk dadu. Cuci hingga bersih, lalu lumuri dengan perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan beberapa menit kemudian cuci kembali.
  2. Pecah semua kluwek ambil isinya lalu rendam dengan air panas hingga lunak.
  3. Rebus air di dalam panci lalu masukkan bumbu cemplung, boleh juga dimasukkan ceker atau kepala ayam sesuai selera Anda, masak hingga mendidih dan matang.
  4. Sembari menunggu mendidih, uleg semua bumbu halus.
  5. Siapkan wajan lalu panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum.
  6. Masukkan ayam kedalam bumbu tumisan, aduk merata hingga ayam berubah warna dan matang.
  7. Setelah matang, masukkan ayam tumis kedalam rebusan air yang berisi bumbu cemplung. Masak sampai ayam betul-betul empuk dan matang. Masukkan kaldu ayam bubuk, gula putih, gula merah, dan garam lalu aduk-aduk.
  8. Setelah ayam sudah empuk rasanya juga sudah pas, matikan api dan sajikan ke dalam mangkuk.
  9. Jangan lupa taburi dengan kecambah, irisan daun bawang, bawang merah goreng, kerupuk kesukaan Anda, sambal dan telur asin. Jika Anda mempunyai selera yang lain, silahkan pilih topping kesukaan anda. Akan lebih mantap lagi jika diberi perasan jeruk nipis, dijamin seger.


Gimana nih? Bisa dibayangkan bagaimana nikmatnya, enak banget! cara buatnya juga mudah ditiru. Hidangan rawon ayam kluwek ini sangat cocok untuk dijadikan hidangan keluarga Anda dirumah. Rasanya tidak kalah enak dengan rawon daging sapi atau kambing, jika Anda suka padukan dengan kacang merah goreng akan jauh lebih mantap.

Cocoknya menyantap Rawon Ayam Kluwek ini pada saat siang hari, dikarenakan makanan ini berkuah akan menghadirkan sensasi segar jadi mata kita betah melek.

Semoga resep ini bisa membantu anda untuk menyiapkan makanan dirumah. Selamat mencoba, semoga berhasil! Dan jangan lupa baca resep lainnya: 5 Resep Mudah Masakan Rumahan Sederhana yang Lezat.

Add Comments


EmoticonEmoticon