Mengetahui Apa Itu Kluwek dan Beberapa Manfaatnya

Sudah tahukah kamu apa itu Kluwek? Mungkin kalian lagi cari tahu tentang hal tersebut, untuk menambah pengetahuan kami akan berbagi pada kalian mengenai Kluwek itu sendiri. Sebetulnya ini sering dipakai untuk bahan masakan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bagi kalian pecinta makanan khas Jawa Timur pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Rawon. Biasanya kan kuah dari Rawon itu berwarna hitam, karena memang dikarenakan adanya bahan rempah bernama kluwek.

Apa itu Kluwek?

 

apa itu kluwek

Dari beberapa sumber kalau Kluwek itu merupakan jenis biji tanaman yang berasal dari pohon kluwek, dikenal juga sebagai pohon serba guna sebab hampir semua bagian tumbuhan Kluwek bisa kita manfaatkan mulai dari daun, biji, batang, buah, serta kulit kayunya. Dan Kluwek sendiri ternyata memiliki banyak nama tergantung dari masing-masing daerah. Ada yang menyebutnya keluak, daerah lain juga ada yang menyebutnya picung atau pucung.

Juga di lain daerah bahkan ada yang menyebutnya sebagai kepayang, sebab katanya bau Kluwek yang menyengat katanya bisa membuat kita mabuk kepayang, katanya begitu. Pada umumnya memang digunakan sebagai bumbu dapur oleh ibu-ibu. Menjadi pilihan sebab bisa memberi rasa dan aroma jadi lebih sedap dan juga kluwek ternyata mengandung vitamin serta mineral bermanfaat untuk tubuh.

Kandungan yang Ada pada Kluwek


Memang warna kluwek nampak hitam dari segi tampilan kurang menarik bagi kita, dibalik itu memiliki rasa yang lezat. Dikarenakan kluwek mengandung glutamic yang biasa terkandung pada bumbu penyedap masakan sehari-hari. Dan ternyata kluwek juga mengandung nutrisi bagi kesehatan dan memiliki manfaat lainnya yang nanti kita akan bahas juga.

Kandungan nutrisi yang ada pada kluwek antara lain ada zat besi, vitamin C, vitamin B1, fosfor, kalium, dan kalsium. Tapi kita juga perlu hati-hati sebab kluwek juga mengandung asam sianida yaitu sejenis racun yang bisa membahayakan tubuh jikalau dikonsumsi secara langsung. Jadi untuk menghindarinya kita perlu merendamnya dahulu supaya racun sianida hilang sebelum nantinya digunakan untuk campuran makanan.

Apa Saja Manfaat Kluwek


Nah kalau sebelumnya kita tahu kluwek digunakan sebagai bumbu masak saja, ternyata masih banyak manfaat dan kegunaan kluwek yang perlu kita ketahui bersama.

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kita tadi sudah ketahui kalau Kluwek itu mengandung Vitamin C yang mana vitamin tersebut dapat berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh yang dapat menetralisir radikal bebas. Dan juga kalau vitamin C pada kluwek berperan untuk kesehatan seperti menjaga daya tahan tubuh kita. Kandungan itu dapat membantu melawan berbagai infeksi yang masuk ke tubuh.

2. Dapat Mengobati Penyakit Kulit

Manfaat berikutnya adalah untuk mengobati penyakit kulit. Kandungan yang ada pada Kluwek seperti asam hidnokarpat dan asam khaulmograt yang ada pada biji pangi memiliki sifat anti bakteri bermanfaat untuk mengobati penyakit kudis, kusta, serta penyakit kulit lainnya.

Baca juga : Cara Mengobati Sakit Otot Perut karena Kelelahan

3. Obat Cacing dan Luka Bakar

Kluwek atau yang biasa disebut pucung memiliki sifat antiseptik dan disinfektan yang ampuh mengobati luka bakar dengan menggunakan daun segar dari kluwek untuk membersihkan luka bakar. Sementara kandungan tunin yakni sebuah zat bersifat antimikroba yang dapat membantu mengatasi cacing pada pencernaan kita.

4. Mencegah Lemes dan Kelelahan Otot

Rutinitas sehari-hari kadang membuat kita lelah dan otot lemas, dengan kita konsumsi kluwek secara rutin bisa mengatasi keluhan demikian. Sebab kluwek mengandung fosfor yang nantinya bisa membantu tubuh tetap prima dan aktif kembali mengancangkan otot. Dan bahkan kadar fosfor tersebut bisa membantu meningkatkan gairah orang dewasa.

5. Pestisida Alami

Pada bagian biji dan daun kluwek dapat digunakan sebagai pestisida alami. Yaitu ekstrak dari biji kluwek dapat digunakan sebagai rodentisida atau pembasmi hama alami. Mampu memberantas hama tikus hanya dalam waktu kurang dari lima menit dengan ukuran 0.8 ml larutan pangi dengan konsentrasi 2.800 ppm sianida.

Itu dia Guys, demikianlah penjelasan dari kami mengenai pengertian dari kluwek dan juga manfaatnya, semoga info ini bisa membantu Anda sekalian ya.

Add Comments


EmoticonEmoticon