Resep Membuat Croffle Sederhana yang Mudah dan Enak

resep membuat croffle
 

Croffle merupakan kependekan dari croissant waffle makanan inilah yang sedang hits dimasa-masa saat ini, apalagi dikalangan anak muda. Biasanya makanan jenis ini akan ditemui di cafe atau restourant yang dijadikan menu populer andalan. Croffle bermula populer di cafe dan street food korea, makanan hasil kreasi kombinasi dengan teknik memanggang wafle ini akhirnya menjadi trend di berbagai negara, terutama di Indonesia.

Croffle pertama kali dibuat pada tahun 2017, adonan croissant digulung kemudian di taruh ke dalam wafle untuk membuat kue puff bertambah renyah. Makanan ini bisa disantap dengan berbagai toping, seperti coklat, keju, pisang, dan berbagai rasa selai. Di Indonesia sendiri jajanan Croffle hanya dapat ditemui di cafe atau restaurant saja, sehingga tidak semua kalangan bisa menikmati makanan yang tengah naik daun ini.

Padahal sekarang cara membuat Croffle yang manis dan enak sangat mudah lho. Hanya membutuhkan 1 alat saja yaitu, wafle maker. Bahan-bahan yang diperlukan juga sangat mudah dicari, sehingga Crofflee bisa dinikmati dirumah. Baiklah kalau Anda pengen tau caranya? Yuk persiapkan dahulu bahan dan alatnya!

Bahan
200 ml susu (hangatkan)
6 gram ragi
3 sendok makan gula pasir
290 gram tepung terigu tinggi protein (segitiga biru)
150 gram mentega
½ sendok teh garam

Bahan Topping
- Buah (strawberry / pisang, sesuai selera)
- Whip cream
- Madu

Cara Membuat Croffle


  1. Siapkan wadah bisa baskom atau mangkuk besar, lalu masukkan susu hangat, gula, dan ragi. Aduk sampai tercampur rata kemudian diamkan hingga adonan mengembang, selama kurang lebih 10 menit.
  2. Siapkan wadah yang berbeda, masukkan tepung terigu dan garam. Aduk sampai tercampur rata, lalu masukkan adonan yang sudah didiamkan 10 menit dan uleni semuanya hingga tercampur dan menyatu.
  3. Siapkan wadah yang bersih dan besar, lalu olesi dengan minyak makan agar adonan yang dimasukkan nanti tidak menempel.
  4. Kemudian masukkan adonan kedalam wadah tersebut, tutup rapat dengan kain bersih atau plastic wrap lalu diamkan di suhu ruangan sampai mengembang selama kurang lebih 1 jam.
  5. Setelah itu buka penutup wadahnya, aduk adonan secara perlahan sebentar. Siapkan botol atau alat lain untuk memipihkan adonan. Sebelumnya jangan lupa untuk menaburi papan dan meja dengan tepung terigu agar tidak lengket.
  6. Kemudian taruh semua adonan diatas meja, bagi menjadi beberapa kemudian masing-masing gilas menggunakan botol atau lainnya hingga pipih membentuk persegi panjang yang besarnya sama.
  7. Olesi tipis masing-masing dengan mentega lalu tumpuk, kemudian lipat atau gulung adonan tersebut dan bungkus menggunakan plastik. Masukkan kedalam freezer selama kurang lebih 45 menit.
  8. Keluarkan adonan dari freezer, lalu bagilah adonan menjadi 10 potong. Pipihkan dahulu hingga membentuk persegi panjang lalu potong serong menjadi bentuk segitiga.
  9. Adonan yang sudah dibentuk menjadi segitiga, bentuklah menjadi seperti croissant sampai adonan habis. Lalu diamkan lagi sampai 15-20 menit sampai adonan mengembang.
  10. Siapkan dan panaskan cetakan waffle, olesi dengan air dan taburi gula. Kemudian masukkan adonan, panggang sampai berwarna kecoklatan dan matang.
  11. Taruh di atas piring, kemudian taburi dengan whip cream, buah, dan madu atau topping yang sesuai dengan selera anda.


Baca resep sederhana lainnya : Tips Membuat Kulit Pastel yang Renyah dan Empuk

Nah mudah mudahan ini bisa jadi inspirasi tambahan, semoga resep croffle yang kamu buat nantinya tidak gagal. Oh iya, kami ingatkan lagi kalau sudah jadi makanan ini bisa kita santap bersama keluarga dengan tambahan beberapa topping seperti cokelat, keju, dan selai.

Itulah resep dan cara-cara membuat Croffle yang mudah dan enak. Semoga bermanfaat. Tunggu apa lagi, silahkan dicoba!

Add Comments


EmoticonEmoticon