Yang Dimaksud Biduran, Jenis dan Cara Mengobatinya

Pernahkah kalian mengalami gatal-gatal di sekujur tubuh, ditandai dengan kemerahan serta kulit bengkak. Apakah itu Biduran ..? Kalau iya, apa penyebab dari Biduran ..? mari kita bahas dari awal.

Biduran atau disebut juga sebagai urtikaria merupakan gangguan kulit berupa benjolan-benjolan kemerahan yang tumbuh berkelompok dan rasanya sangat gatal. Biduran biasanya terjadi karena alergi, meski kedengarannya sepele tapi penyakit tersebut bisa sampai pada lidah dan tenggorokan yang akibatnya menymbat udara sehingga hilang kesadaran.

Penyebab
Alergi yang mengakibatkan biduran bisa karena makanan, terkena hewan, udara yang sangat dingin atau panas, terkena racun serangga dan lainnya. Saya dulu pernah biduran karena racun serangga, tapi satu hari saja sudah bisa sembuh. Tapi kadang juga sulit menemukan penyebab biduran, karena bisa secara tiba-tiba terjadi pada kulit kita, apalagi yang sudah sering terkena biduran.


cara mengobati biduran

Jenis Biduran


1. Biduran Fisik

Biduran jenis ini terjadi oleh simulasi fisik langsung dari kulit, contohnya karena cuaca dingin atau panas, adanya tekanan, getaran, dan juga karena kekeringan. Itu biasanya terjadi dengan tiba-tiba, merasakan gatal-gatal pada kulit. Biasanya biduran jenis ini satu haru sudah bisa sembuh.

2. Biduran Kronis

Berbeda dengan biduran fisik, yang berikutnya ini bisa berlangsung hingga berminggu-minggu. Penyebab biduran jenis Kronis juga sulit diidentifikasi.

3. Biduran Akut

Kamu akan merasakan ruam atau pembengkakan yang bisa berlangsung kurang dari enam minggu. Untuk penyebab paling umum adalah pada konsumsi makanan, obat-obatan, lateks atau infeksi. Gigitan serangga dan penyakit internal dapat juga bisa sebagai pemicunya. Makanan yang paling umum yang menyebabkan gatal-gatal seperti kacang-kacangan, cokelat, ikan, tomat, telur, buah segar, kedelai, gandum dan susu.

4. Dermatographism

Jenis ini memang kedengarannya cukup asing. Untuk mengetahui ciri biduran tipe ini yaitu biasanya terbentuk dengan tegas setelah proses menggores atau menggaruk bagian kulit. Gatal-gatal ini juga dapat terjadi bersama dengan bentuk-bentuk lain biduran. Misalnya saja kamu menggaruk kulit secrara berlebihan yang malah berakibat timbulnya biduran.

Baca juga :
- Cara Alami Mengobati Penyakit Kadas Kurap
- Khasiat Kunyit untuk Kecantikan hingga Obat Kanker

Cara Mengatasi Biduran


Biduran bisa kita atasi dengan obat maupun cara tradisional yang alami misalnya dengan buah kelapa hiau. Kalau kamu alergi karena makanan maka sebaiknya kurangi makanan tersbut, secara umum pemicu alergi pada makanan biasanya kerang, ikan, dan telur.

*Cara mengobati biduran dengan obat alami adalah dengan minum air kelapa muda yang dicampur sama sedikit madu. Minum ramuan tradisional tersebut selama 3 hari berturut-turut hingga kelihatan tanda biduran akan sembuh.

Kalau penyebabnya karena kedinginan, maka solusi utama bisa langsung membuat api untuk menghangatkan badan Anda. Kalau masih belum ada perubahan, berikutnya tangani dengan ramuan tradisional air buah kelapa atau juga konsultasi dengan dokter.

Berobat ke Dokter

Kalu biduran sudah semakin parah, dengan cara tradisional sudah tidak mampu lagi, mungkin jenis biduran yang kamu alami adalah jenis Kronis sehingga memerlukan penanganan khusus. Terlebih sampai susah bernafas, segeralah berobat ke klinik terdekat.

Biasanya dokter akan memberikan obat antihistamin. Sedangkan untuk kasus yang lebih berat, dokter akan memberikan suntikan adrenalin (epinephrin).

Lakukan Hal Ini Saat Biduran

Selama masih biduran, terasa gatal-gatal pasti gerah sekali. Untuk itu berikut adalah beberapa tips merawat biduran:

- Jangan pakai pakaian yang tebal, gunakan saja yang tipis dan longgar
- Hindari air panas, menggunakan air hangat saja sebagai gantinya.
- Gunakan sabun lembut yang ringan.
- Terapkan kompres dingin atau kain basah ke daerah-daerah yang terkena.
- Cobalah untuk bekerja dan tidur di ruangan yang sejuk.

Itulah tadi penjelasan yang dimaksud dengan biduran, penyebab, jenis, hingga cara menangani penyakit biduran. Mudah-mudahan setelah mengetahui ini kalian jadi semakin bijak dalam menyembuhkan biduran sehingga bisa lebih cepat sembuh.

Add Comments


EmoticonEmoticon