Cara Alami Mengobati Penyakit Kadas Kurap

Jenis penyakit ini bisa menyerang orang siapa saja, baik anak-anak, dewasa, hingga orang tua. Kadas kurap terjadi karena bakteri yang terletak di kulit dengan bentuk melingkar seperti cincin namun bagian tengah kulit masih utuh. Penyakit ini dapat menular apabila kontak langsung dengan si penderita kadas kurap. Orang yang mengalaminya akan merasakan gatal disekitar, nyeri dan ruam.

Penyakit ini juga bisa terjadi pada bagian kulit lengan, sekitar paha, kaki bahkan di lehar dan kulit kepala. Untuk mengatasinya kita bisa menggunakan sebuah salep yang bisa ditanyakan melalui apotek. Meski demikian, bahan alami yang terbukti ampuh turun-temurun menyembuhkan kadas kurap juga bisa kita buat sendiri dengan biaya terjangkau.

Pada kedokteran kadas kurap disebut juga sebagai tinea capitis, jadi jangan bingung jika kalian melakukan pemeriksaan penyakit ini ke dokter. Tetapi kalau sudah mengobati dengan cara yang alami di rumah, saya rasa sudah cukup ampuh menyembuhkan kadas kurap hanya beberapa hari saja.


cara alami mengobati kadas kurap

Berikut ini beberapa bahan alami yang mampu menyembuhkan penyakit tersebut.

1. Lidah Buaya


Bagi kalian yang suka menanam bunga atau hiasan di halaman rumah, tentu tidak asing lagi dengan Lidah Buaya. Selain sering digunakan sebagai bahan hiasan di depan rumah kita, Lidah buaya memiliki manfaat bisa mengobati penyakit kadas.

Caranya kamu cukup petik satu batang daun lidah buaya, lalu belah jadi dua dan gosokkan ledirnya pada area kulit yang terinfeksi jamur kadas kurap. Setelah itu biarkan hingga kering baru di bilas dengan air hangat.

2. Garam Dapur


Kalau bahan yang kedua ini saya yakin kamu pasti punya di rumah. Garam atau garam dapur yang biasa buat memberi rasa asin pada masakan ternyata bisa buat mengobati Kadas. Mungkin asin dari garam itulah yang mampu membunuh kuman atau jamur.

Cara pemakaiannya cukup campurkan 1/2 cangkir garam (garam dapur) pada baskom yang diisi air hangat. Setelah garam larut, segera rendam daerah yang terkena kadas kurap dalam air hangat asin ini selama setengah jam. Untuk yang ini mungkin lebih ke area kulit tangan, kalau kadas pada bagian selangkangan paha jadinya mungkin sangat susah, maka bisa pakai alternatif pengobatan lain.

3. Pepaya Muda


Menggunakan buah pepaya, tetapi jangan yang sudah matang karena kita membutuhkan getahnya untuk mengobati kadas kurap yang sudah lebar secara alami. Buah yang cukup populer di pedesaan ini ternyata getah dari pepaya mudah bisa kita manfaatkan sebagai obat alami. Hal ini mungkin karena banyak enzim yang ditemukan dalam pepaya, terutama papain dan chymopapain.

Cara pemakaiannya cukup mudah, dengan memotong beberapa buah dari pepaya mentah yang masih hijau. Lalu gosokkan potongan pepaya ini pada kulit yang kena kadas kurap. Atau juga bisa dibuat pasta pepaya mentah dan oleskan secara merata. Biarkan dahulu selama sekitar 15-20 menit, baru setelah itu dicuci bersih dengan air hangat.

Baca : 7 Makanan Alami yang Ampuh Menurunkan Kolesterol

4. Lengkuas atau Laos


Lengkuas atau Laos (bahasa jawa) memiliki tekstur kulit yang lebih kasar dan memiliki aroma yang tidak terlalu kuat. Kalian jangan sampai salah ambil jahe karena dari segi bentuk hampir sama. Lengkuas selain biasa buat bumbu masak daging, dikenal juga sebagai bahan alami yang anti-jamur sehingga bisa kita manfaatkan buat mengobati kadas.

Caranya kalian ambil beberapa ruas lengkuas lalu memarkan, setelah itu oleskan pada area kulit yang terkena gatal kadas. Biarkan hingga kering baru setelah itu bilas dengan air yang hangat.

5. Bawang Putih


Masih menggunakan bumbu dapur, ternyata bawah putih selain bisa menyembuhkan masuk angin juga dapat kita manfaatkan sebagai bahan alami membasmi jamur. Seperti halnya lengkuas, bawang putih juga memiliki sifat anti-jamur yang ampuh melawan penyakit kulit.

Cara penggunaannya dengan tumbuk sampai halus beberapa siung bawang putih untuk dijadikan pasta. Kemudian gunakan pasta untuk mengompres area kulit yang terinfeksi gatal karena kadas, lakukan tiga kali dalam sehari.

Penutup
Itu dia bahan alami untuk mengobati kadas kurap, pakai salah satu yang paling mudah kalian jangkau. Lakukan secara rutin hingga jamur kadas kurap menghilang dan kulit kembali sehat seperti sedia kala.

Add Comments


EmoticonEmoticon