2 Cara Memasukkan Preset Lightroom Android yang Simpel

cara masukkan preset lighroom android
 

Pengguna lightroom tentunya perlu mengenal preset lightroom, dan cara memasukkan preset lightroom android. Fitur preset lightroom ini merupakan file atau data berisi setting filter atau efek yang membantu Anda mengedit foto dengan cepat dan komposisi edit lebih konsisten.

Memang bisa Anda atur satu per satu, seperti exposure, contrast, saturation, dan lain-lain. Namun dengan menggunakan preset lightroom, foto bisa estetik dan artistik dengan lebih cepat, terutama jika Anda harus mengedit banyak foto. Berikut 2 cara memasukkan preset lightroom.

2 Cara Memasukkan Preset Lightroom Android Tanpa Tambah Aplikasi


Pertama, ketahui cara save preset lightroom android. Anda bisa mendownload preset lightroom di Google seperti biasanya. Karena, banyak situs web yang menyediakan preset gratis yang keren dan beragam. Hasil unduhan akan langsung tersimpan pada folder download di file manager.

1. Memasukkan Preset Lightroom Jenis file XMP


XMP adalah file yang menyimpan metadata dalam bentuk raw. Berikut cara memasukkan preset lightroom file xmp pada Android:

  • Download preset lightroom;
  • cari unduhan pada 'file manager' atau 'file saya' pada folder 'download';
  • copy atau salin file xmp pada penyimpanan internal;
  • klik penyimpanan android, pilih data, pilih com.adobe.lrmobile, klik files, klik carouseldocuments;
  • pilih folder 00000.00000, klik profiles, klik settings;
  • klik 'user styles', paste atau tempel files di file tersebut;
  • ekstrak file zip atau rar tersebut, jika berhasil maka muncul preset lightroom jenis xmp.


Preset sudah masuk, lalu lantas bagaimana cara menggunakan preset xmp pada foto Anda? Anda bisa langsung buka aplikasi lightroom, lalu masukkan foto yang akan Anda edit, klik menu preset, klik titik tiga di sebelah kanan, klik 'import prasetel'.

Klik dan tahan file preset yang sebelumnya berupa xmp, lalu centang semua preset dan buka. Tunggu hingga import selesai, pilih warna, dan klik preset paling bawah.

Anda bisa langsung gunakan preset pada foto yang akan Anda edit. Jika preset tidak muncul, coba refresh dahulu aplikasi lightroom.

2. Memasukkan Preset Lightroom Jenis File DNG


Jenis file DNG adalah file data atau foto yang sudah tersetting dengan edit filter. Simpelnya, settingan dari foto tersebut bisa Anda copy untuk ditempel pada foto yang akan Anda edit. Berikut cara memasukkan preset jenis DNG pada lightroom android:

  • Download file preset. Bisa bentuk dng, jika rar atau zip ekstrak terlebih dahulu;
  • masuk ke aplikasi lightroom, klik ikon "add" warna biru dengan tanda plus pada pojok kanan bawah;
  • centang file foto preset pada folder download, klik "tambah"
  • jika sudah, akan kembali pada menu utama, buka semua foto, pilih foto preset yang sebelumnya telah ditambah;
  • klik ikon titik tiga pojok kanan atas, klik salin pengaturan, klik centang;
  • pilih foto yang akan Anda edit, klik titik tiga pojok kanan atas, klik tempelkan pengaturan;
  • selesai.


Preset lightroom dengan file DNG terkesan lebih simpel dibandingkan xmp. Baik cara pertama atau kedua bisa memasukkan preset lightroom sekaligus banyak, sehingga Anda tidak perlu memasukkan satu per satu. Namun, ketika edit foto menggunakan preset, tetap satu per satu.

Cara memasukkan preset lightroom android ada 2 cara, kedua cara tersebut tidak perlu tambahan aplikasi lain. Gunakan cara yang menurut Anda paling mudah. Ada kemungkinan kendala ketika Anda memasukkan preset, jadi coba untuk refresh atau update aplikasi lightroom di playstore.

Add Comments


EmoticonEmoticon