11 File yang Tidak Boleh Dihapus di Android dan Akibatnya

Daftar Isi

file yang tidak boleh dihapus di Android
 

Selalu ada file, program, maupun sistem bawaan dalam setiap smartphone Android yang sangat terlarang untuk Anda otak-atik. Memang, ada kalanya file yang tidak boleh dihapus di Android tersebut memakan ruang penyimpanan, tetapi tetap saja itu penting.

Deretan File yang Tidak Boleh Dihapus di Android


Apa yang terjadi jika file Android dihapus terutama yang bawaan adalah terjadinya gangguan terhadap sistem dalam perangkat. Maka dari itu Anda perlu hati-hati ketika hendak menghapus sebuah file dari perangkat Android biar tidak terjadi suatu hal yang fatal.

Selain itu, ada beberapa aplikasi lainnya yang pasti berguna. Jadi sebaiknya biarkan terinstal, meski bukan aplikasi bawaan. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa file yang tidak bisa dihapus di HP Android:

1. Aplikasi Email

Daftar pertama dari aplikasi bawaan Android yang tidak boleh dihapus adalah layanan untuk e-mail. Keberadaannya penting dalam pendaftaran dan pembukaan beberapa install-an aplikasi, karena membutuhkan akun. Akun yang memakai e-mail terdaftar Anda.

Jadi agar setiap aplikasi penting dalam perangkat Anda berjalan lancar, aplikasi ini harus ada. Terlebih, sebagai medium sinkronisasi data apabila Android Anda mereset.

2. Browser Bawaan

Anda pasti pernah menjumpai lebih dari satu browser terinstal dalam smartphone, sementara yang Anda perlukan hanyalah satu. Browser tentu akan berguna bagi rutinitas sehari-hari Anda. Khususnya browser bawaan yang kadang lebih lancar daripada aplikasi dari pihak ketiga.

3. Contact

Aplikasi yang menampung sekumpulan daftar kontak dan banyak nomor menjadi satu file tentu terlarang untuk Anda hapus. Lagipula, bagaimana mungkin tempat penyimpanan semua nomor yang Anda punya, justru Anda hapus. Nomor keluarga, teman, kolega, kerabat, dlsb.

4. Google Play Service

Google Play Service secara default sudah terpasang dalam smartphone Android sejak Anda membelinya. Isinya adalah command perintah, fungsi, serta protokol khusus yang programmer gunakan dalam pembuatan aplikasinya.

Bila Anda menghapus file aplikasi ini, maka kemungkinan besar aplikasi lain yang terinstal akan menjadi eror bahkan tidak berfungsi. Namun jika Anda ingin mengurangi penyimpanan yang aplikasi ini habiskan, silakan nonaktifkan atau hapus update-nya.

5. Google Play Store

Fungsi Google Play Store sudah jelas, yakni memenuhi kebutuhan pengunduhan aplikasi pada smartphone Android. Anda bisa mencari berbagai macam aplikasi dari banyak pengembang dalam aplikasi ini. Mulai dari aplikasi yang gratis, hingga berbayar baik itu beriklan dan tidak.

6. Kalender

Terdapat berbagai keterangan waktu dalam file aplikasi kalender untuk setiap smartphone Android. Mulai dari jam, tanggal, hari, bulan, hingga tahun yang hadir secara akurat dan real time.

Jadi tidak ada alasan untuk menghapus aplikasi ini, agar perangkat Anda tidak mengalami error dalam mendeteksi waktu.

7. Kamera

Tanpa aplikasi kamera, fitur kamera pada smartphone Anda tidak akan dapat beroperasi. Jadi, aplikasi ini punya dampak langsung terhadap salah satu fungsi ponsel Anda. Jadi, jika ingin masih memakai kamera di Android jangan sekali-kali menghapus file atau aplikasi kamera bawaan ya.

Baca juga : Cara Mudah Tampilkan Tanggal & Waktu Foto di Kamera Android

8. Pengaturan Telepon

Layanan pengaturan telepon sangat berhubungan erat dengan fungsi penuh dari aplikasi Phone. Jika Anda tidak ingin fitur dari Phone Anda mengalami error, maka jangan hapus aplikasi pendukung ini.

9. Phone

Kendati kini aplikasi panggilan ke ponsel lain telah ada beragam, tetap jangan hapus aplikasi ini. Sebab Phone punya keterkaitan langsung dengan sistem bawaan perangkat Anda.

10. System Launcher

Satu ini boleh jadi yang paling punya pengaruh besar terhadap perangkat Anda. Jika Anda menghapusnya, maka tampilan ponsel Anda akan langsung bermasalah.

11. Temukan Ponsel Saya

Terkadang, letak terakhir sebuah ponsel memang bisa tidak terlacak. Jadi sebagai antisipasi bila sewaktu-waktu Anda lupa menaruh ponsel di mana, biarkan aplikasi tetap ada.

Pasti selalu ada akibat jika file yang tidak boleh dihapus di Android, tetap Anda hapus. Terutama untuk beberapa aplikasi yang berkaitan langsung dengan sistem. Dampak minimalnya mungkin hanya error. Namun, bisa jadi malah membuat perangkat Anda tidak bisa menyala. Jadi setelah tahu hal ini Anda harus lebih hati-hati lagi ya, dengan smartphone Android kamu.

Terima kasih semoga informasi ini memberi manfaat buat kita semua.

Posting Komentar