Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A31, Calon Pengguna Wajib Tahu

Telah kita ketahui bersama kalau brand kenamaan OPPO memang menyediakan beragam smartphone dari beberapa seri yang bisa kita pilih. Begitu pula dengan harganya tersedia dari mulai yang hanya sekitar 1 jutaan hingga sampai 5 jutaan bisa kita dapatkan smartphone Oppo sesuai budget masing-masing.

Di kesempatan kali ini kami akan membehas mengenai apa saja keistimewaan dari Oppo A31 dan juga yang menjadi kekurangan Oppo A31, tentu saja menjadi hal menarik untuk Sobat ketahui sebelum akhirnya memutuskan membelinya. Oppo A31 merupakan sebuah smartphone kelas menengah yang memiliki fitur-fitur canggih di dalamnya.

HP ini telah diluncurkan sejak tahun 2020 dengan pilihan memori RAM 4GB dan ROM 128GB serta RAM 6GB dan ROM 128GB. Kemudian dibekali chipset jenis Mediatek Helio P35 (12nm), dengan sistem android 9.0 juga GPU berjenis Power GE8320. Mengenai fitur, Oppo A31 dilengkapi dengan sensor sidik jari pada bagian belakang. 


kelebihan dan kekurangan oppo a31

Kelebihan

Hal pertama yang akan kita bahan adalah mengenai kelebihan dari smartphone Oppo A31, kira-kira apa saja ya? Simak lebih lanjut berikut ini,

1. Desain Menarik


Ya jika Sobat melihat smartphone Oppo A31, kesan pertama yang akan didapatkan adalah desain yang menarik. Sebab desain ponsel ini hadir dengan build quality dan konstruksi yang keren serta solid sehingga terasa premium ketika dalam genggaman. Oppo A31 desain bodinya menggunakan material komposit berjenis tempered glass, sementara untuk desain bagian belakang memakai polikarbonat.

2. Kamera Utama Bagus


Berikutnya Oppo A31 dibekali dengan kamera utama yang tergolong bagus dan siap untuk memanjakan pengguna. Kamera utamanya terdiri dari tiga lensa yakni 13MP f/1.8, kamera makro 2MP f/2.4, dan kamera efek kedalaman 2MP f/2.4. Walaupun tidak dilengkapi sama kamera ultra wide, tapi Oppo A31 lebih mengutamakan pada kemampuan AI dengan begitu hasilnya akan lebih bagus. Pokoknya Sobat tidak akan kecewa dengan kameranya ketika kondisi cahaya cukup cerah.

3. Kapasitas Memori yang Besar


Untuk masalah penyimpanan Sobat tidak perlu khawatir, sebab Oppo A31 memiliki kapasitas memori internal 128GB baik itu yang varian RAM 4GB maupun 6GB besar momorinya sama. Yang membedakan tentunya dari harganya saja, sementara jika dirasa masih kurang longgar dapat ditambahkan lagi dengan memasang memori penyimpanan eksternal berjenis microSD.

4. Daya Baterai Tahan Lama


Kapasitas atau daya baterai yang tertanam pada Oppo A31 sebesar 4230 mAh. Dengan sebesar itu dari pihak Oppo mengklaim bahwa baterai tersebut bisa bertahan hingga 14 jam untuk video streaming, 7 jam main game, dan 111 jam memutar musik di later. Bagaimana? Cukup puas bukan bisa memainkan HP seharian tanpa henti, jadi tidak terlalu sering nge-charger dong.

Baca juga :
- Harga dan Spesifikasi Oppo A54 Yang Rekomended
- Oppo K9 5G Spesifikasi Lengkap dan Harga

5. Terdapat fitur Game Space dan Soloop


Yang menjadi kelebihan dari Oppo A31 berikutnya adalah smartphone ini memiliki fitur game space. Fitur tersebut berfungsi untuk mengumpulkan permainan dalam satu tempat, tentu saja ini menjadi daya tarik bagi Sobat yang gemar memainkan sebuah game. Dan kemudian adanya Soloop, sebuah aplikasi edit video sederhana bakan membantu kreator video melalui ponsel Oppo A31 jadi lebih mudah.

Kekurangan

Sekarang saatnya beraling pembahasan mengenai kekurangan dari Oppo A31, beberapa kekurangan ini bisa jadi hanya sebatas opini, selebihnya bisa Sobat nilai sendiri-sendiri.

Layar Hanya Sebatas HD+

Ponsel Oppo A31 ini masih menggunakan layar sebatas HD+ dengan resolusi layar 6.5 inci, memiliki rasio 20:9 dan kerapatan layar 270 ppi. Untuk tingkat kecerahan layarnya mencapai 480 nits yang bisa dibilang ponsel ini tergolong cerah. Kenapa Oppo A31 yang menawarkan layar HD+ dengan harga jual mulai dari 2 jutaan rupiah malah jadi kelemahan? Ya, sebab sekarang ponsel dengan harga setara sudah banyak yang berani menawarkan resolusi layar Full HD+.

Tidak ada fitus Fast Charging

Sobat harus rela menunggu lebih lama ketika mengisi daya baterai Oppo A31 dari low hingga isi penuh. Dikarenakan selain smartphone ini masing menggunakan port jenis microUSB, bahwa Oppo A31 ini belum atau tidak dilengkapi sama fitur fast charging (pengisian cepat). Sementara kompetitor yang menawarkan harga sma kebanyakan sudah didukung dengan pengisian cepat paling tidak 18W.

Chipset Biasa-biasa Saja

Menggunakan chipset berjenis Mediatek Helio P35, ini bisa dibilang biasa-biasa saja dan kurang menarik untuk para pecinta game-game berat seperti PUBG Mobile, walaupun masih oke untuk player Mobile Legends. Kenapa begitu? Sebab chipset Helio P35 ini tidak begitu kencang, nilai Antutu ponsel ini di kisaran 90 ribu hingga 100 ribu yang mana nilai tersebut seperti menggunakan chipset Snapdragon 439 dan ini banyak dimiliki pada ponsel kelas 1 jutaan rupiah.

Akhir Kata
Ponsel ini (Oppo A31) sangat kami rekomendasikan untuk orang-orang yang membuauthkan smartphone dengan daya baterai lama, kapasitas memori banyak, dan kamera yang bagus. Akan tetapi sedikit kurang oke ketika digunakan untuk kamu yang gila main game berat. Cukup sekian dan terima kasih.

Add Comments


EmoticonEmoticon