Niat Sholat Nisfu Sya'ban Bacaan Arab, Latin dan Artinya

bacaan niat sholat nisfu sya'ban
 

Sholat Nisfu Sya'ban merupakan salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dilakukan pada malam ke-14 dari bulan Sya'ban. Sholat ini memiliki keutamaan yang sangat besar, sehingga banyak orang yang berbondong-bondong untuk melakukannya.

Memang bahwa Nisfu Sya’ban menjadi momen yang sangat dinantikan bagi seluruh omat muslim di seluruh dunia. Terlebih lagu agar kita bisa mendapatkan keutamaan dari malam Nisfu Sya’ban untuk dianjurkan menjalankan sejumlah amalan seperti sholat, puasa, berdo’a, dan memperbanyak istighfar.

Niat Sholat Nisfu Sya'ban adalah niat yang dibaca sebelum melaksanakan sholat sunnah pada malam tengah bulan Sya'ban. Untuk itu mari kita ketahui bersama secara rinci agar tidak bingung dalam melaksanakan ibadah tersebut.

Niat Sholat Nisfu Sya'ban

Untuk melakukan sholat Nisfu Sya'ban, tentu kita harus mengetahui bacaannya terlebih dahulu. Berikut adalah bacaan Arab Sholat Nisfu Sya'ban.

اُصَلِّىْ سُنَّةً نِصْفُ شَعْبَانَ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَ

Artinya: "Saya shalat sunnat Nisfu Sya'ban dua rakaat karena Allah Ta'ala."

Bacaan Latin Niat Sholat Nisfu Sya'ban

Usholli sunnatan nisfu sya'baana rak'ataini lillahi ta'ala

Tata Cara Melaksanakan Sholat Nisfu Sya'ban

Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan Sholat Nisfu Sya'ban:

1. Bersihkan diri dengan mandi atau wudhu.
2. Pakailah pakaian yang bersih dan rapi.
3. Membaca niot sholat Nisfu Sya’ban.
4. Pada rakaat pertama, bacalah surat Al-Kafirun. Pada rakaat kedua, bacalah surat Al-Ikhlas.
5. Setelah sholat, berdoalah seperti yang dianjurkan dengan memperbanyak dzikir atau membaca surat Yasin sebanyak tiga kali.

Baca juga : Manfaat Berdzikir dan Berdoa dalam Kehidupan Sehari-Hari

Amalan menjalankan sholat Nisfu Sya’ban ini dianjurkan oleh Allah SWT, sebagaimana telah dijelaskan oleh Imam Al-Ghazali di dalam kitabnya yang berjudul Ihya’ Ulumiddin.

“Bagian sholat sunah yang ketiga yaitu sholat sunah yang terulang tiap tahunnya. Ada 4 jenis yaitu, sholat ied, tarawih, sholat raghib, dan sholat Nisfu Syaban.”

Keutamaan Sholat Nisfu Sya'ban


Sholat Nisfu Sya'ban memiliki banyak keutamaan yang sangat besar. Berikut adalah beberapa diantaranya:

- Mendapatkan keampunan dari Allah SWT.
- Diterima do'anya oleh Allah SWT.
- Mendapatkan keberkahan pada hari Raya Idul Fitri.
- Dicatat sebagai amal sholih pada hari Kiamat.

Amalan Nisfu Syaban


Kita sebagai umat Islam yang dirahmati Allah SWT, setelah bisa dan mampu menjalankan sholat Nisfu Sya’ban juga harus ingat mengenai amalan lain. Setidaknya ada tiga amalan yang biasanya dilakukan pada malam Nisfu Sya’ban. Seperti dikutip dari kitab Madza Fi Syaban karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki.

1. Memperbanyak Do’a

Anjuran ini didasarkan pada hadist riwayat Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,

ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

Artinya: “(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

2. Membaca Dua Kalimat Syahadat

Ini merupakan kalimat yang mulia, dua kalimat syahadat sangat baik dibaca kapankun dan dimanapun, terlebih di saat malam Nisfu Sya’ban dianjurkan membaca sebanyak-banyaknya.

3. Memperbanyak Istighfar

Manusia itu tak akan lupun dari yang namanya salah dan dosa. Setiap hari bahkan setiap jam ada saja yang membuat kita bertambah dosanya. Kendati demikian, Allah SWT selalu membuka pintu ampunan kepada semua umat. Untuk itu dengan meninta ampun (Istighfar) sangatlah dianjurkan, terlebih lagi di malam Nisfu Sya’ban.

Kesimpulan
Sholat Nisfu Sya'ban adalah sholat sunnah yang dianjurkan dilakukan pada malam hari pada bulan Sya'ban. Melalui sholat ini, kita dapat memperbanyak ibadah dan memperdalam ketaatan kepada Allah.

Untuk memperbanyak ibadah, sebaiknya melakukan sholat Nisfu Sya'ban secara rutin setiap malam pada bulan Sya'ban. Selain itu, jangan lupa untuk memperbanyak membaca doa dan memperdalam ilmu agama.

Penutup
Demikian penjelasan mengenai Niat Sholat Nisfu Sya'ban Bacaan Arab, Latin, dan Artinya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.