Cara Mengatasi Hama Kutu Jet pada Ternak Kutu Air Moina dan Dapnia Magna

cara mengatasi hama kutu jet
 

Bagi para peternak kutir (kutu air) dan penghobi ikan tentunya sudah tidak asing lagi dengan kutu air jet, kutu jet memiliki ciri ciri ukurannya yang lebih kecil dari kutir moina dan memiliki gerak yang lincah didalam air.

Kutu jet merupakan hama yang merugikan bagi para peternak  kutir, pasalnya perkembangannya yang sangat cepat menjadikan makanan yang ada dalam media ternak menjadi berkurang, dan tentunya kutir moina akan kalah dalam perebutan makanan

Sedangkan untuk para penghobi ikan hias seperti ikan cupang dan guppy, kutu jet menjadi momok yang menakutkan, dikarenakan kutu jet menyerang burayak ikan yang masih kecil sehingga bisa mengakibatkan burayak mati, sedangkan pada ikan dewasa kutu jet menyerang ikan yang sedang terluka sehingga akan memperparah luka yang dialami ikan.

Asal kutu jet sendiri sampai sekarang belum bisa dibuktikan dari mana mereka berasal, karena belum ada penelitian tentang itu, walau awal ternak kutir steril dari jet namun lama kelamaan akan muncul dengan sendirinya, ada beberapa faktor yang bisa mempercepat timbulnya kutu jet.

Dibawah ini faktor-faktor yang menyebabkan kutu jet cepat muncul dalam media ternak kutir.

1. Menggunakan pakan kohe yang masih basah atau baru

Kohe atau kotoran hewan merupakan salah satu pakan yang bisa di berikan untuk kutir, biasanya menggunakan kotoran puyuh, ayam dan lainnya. Namun banyak peternak yang langsung memberikan Ketika kohe masih basah, taukah kalian pemberian hohe yang masih basah justru mempercepat timbulnya kutu jet pada media kutir kalian

Pasalnya hohe yang masih basah memiliki kandungan amoniak yang masih tinggi, menjadikan media kutir sendiri menjadi tercemar dan mempercepat timbulnya kuju jet.

Baca juga : Cara Ternak Burung Puyuh

2. Media yang lama tidak diganti

Media ternak kutir sendiri bisa menggunakan air biasa atau air lele, namun jika kalian tidak rutin dalam mengganti dan menambahkan media baru maka kutu jet akan cepat muncul

3. Bibit kutir yang sudah tercemar atau tercampur kutu jet

Ukuran kutu jet yang sangat kecil menjadikan sulit dikenali Ketika beli bibit, apakah terdapat kutir jetnya atau tidak, walau Ketika beli terdapat sedikit kutu jetnya namun karena perkembangan kutu jet yang sangat cepat maka akan mudah banyak Ketika sudah di media ternak kalian.

Sampai sekarang belum ditemukan obat atau cara membasmi kutu jet sendiri semua lebih ke pencegahan, lalu bagaimana cara mencegah kutu air jet muncul?

1. Usahakan jika menggunakan pakan kohe berikan yang sudah kering

2. Fermentasi pakan terlebih dahulu untuk mengurangi kadar amoniak

3. Ganti media secara rutin minimal setiap 3 hari sekali

4. Pilih bibit yang steril dari kutu jet

Apabila sudah terlanjur terdapat banyak kutu jet apa yang harus kalian lakukan? untuk membuat madia ternak bebas dari kutu jet maka media harus dikuras total kemudian di keringkan, selanjutnya mulai dari awal proses ternak, dan beri bibit yang masih steril dari kutu air jet.