Pengolahan Sampah Rumah Tangga agar bisa Dimanfaatkan Kembali

tips mengolah sampah rumah tangga

Persoalan sampah saat ini menjadi masalah mendesak yang dialami di semua negara, karena sangat berpengaruh pada pencemaran lingkungan, lalu apa yang dimaksud sampah? sampah ialah sisa kegiatan sehari hari manusia atau proses alam yang berbentuk padat.

Sampah yang dihasilkan dari rumah tangga merupakan salah satu penyumbang sampah terbesar, untuk itu kita dituntut bisa mengelola sampah dari rumah tangga masing masing.

Sebelum memulai mengelola sampah ada baiknya kita pisahkan sampah organic dan sampah non organik. sampah organik adalah sampah yang berasal dari bahan bahan organik, sampah organik memiliki sifat mudah membusuk atau terurai contohnya sisa sisa sayuran,sisa nasi dll. Sedangkan sampah non organik bersifat susah terurai seperti plastik, kaca, logam dan lainnya.

Lalu bagaimana cara pengolahan sampah yang bisa dilakukan di rumah masing masing, berikut ini hal hal yang bisa Anda terapkan di rumah.

1. Olah sampah organik menjadi pupuk kompos

Caranya pisahkan sampah organik  ditempat sendiri , pindahkan ke tempat yang jauh dari rumah karena proses pengolahan sampah organik biasanya menimbulkan bau menyengat , anda juga bisa mengumpulkan dalam drum dan diberi cairan EM4 agar sampah mudah membusuk dan dapat digunakan sebagai pupuk tanaman.

2. Sampah organik digunakan untuk pakan Maggot

Maggot adalah sejenis belatung yang bermanfaat dihasilkan lari lalat BSF, anda bisa beternak atau budidaya maggot skala rumahan dengan memanfaatkan wadah yang ada seperti ember dll, karena maggot bisa makan 2X berat badannya sehingga sangat cepat mengurangi sampah organik, jika sudah siap panen maggot bisa diberikan untuk pakan ternak Anda.

3. Membuat kerajinan dari plastik

Anda bisa memulai dengan mengikuti pelatihan pelatihan yang berkaitan dengan kerajinan yang bisa dihasilkan dari sampah plastik , jika sudah jadi bisa dipasarkan di media sosial terlebih dahulu ,ketika sudah jalan tentunya bisa mengajak tetangga dan bisa bersinergi dengan pemerintah desa setempat.

Itulah beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengolah sampah agar bisa dimanfaatkan kembali. Tentunya untuk mengurangi dengan signifikan juga dibutuhkan kesadaran kita untuk mengurangi penggunaan sampah sekali pakai, bisa dengan membawa wadah sendiri apabila berbelanja untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

Juga untuk sampah sisa makanan anda harus bisa mengira ngira agar saat mengambil makanan bisa sesuai porsi agar tidak bersisa.