6 Cara Alami yang Ampuh Atasi Kaki Pecah-Pecah

cara alami atasi kaki pecah
 

Kaki atau lebih tepatnya kulit tumit pecah-pecah dan kering membuat kita tidak nyaman, ini menjadi masalah yang umum terjadi. Memang memiliki kaki sehat menjadi impian bagi setiap orang, kaki yang sudah kering dan retak mengakibatkan kapal dan bisa timbul rasa perih jika kita biarkan terus menerus.

Banyak solusi alami yang bisa kita aplikasikan supaya tumit kembali normal dan bersih. Penyebabnya bisa saja karena kita kurang merawat kebersihan telapak kaki. Biasanya terjadi pada orang yang sering pergi ke sawah dan kurang merawat di kehidupan sehari-hari sehingga sampai kekeringan.

Pastinya kita tidak mau mempunyai kaki yang retak dan kering entah apa penyebabnya. Jika sudah terlanjur, jangan berkecil hati karena kita bisa atasi dengan beberapa bahan alami yang terbukti ampuh mengatasi tumit kaki pecah-pecah. Kadang cuaca juga mempengaruhi hal ini, seperti suhu yang ekstrim, teralu panas, maupun dingin.

Mengatasi Kaki Pecah-pecah Secara Alami


Kalaupun kulit sudah terlalu parah pecah-pecah, sebelum perawatan pastikan kalian telah mencuci dengan air hangat hingga bersih. Kalau perlu gosok dengan batu apung supaya kulit yang telah mati mengelupas dahulu.

Baca Juga :
- Cara Alami Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok
- 7 Tips Alami Menurunkan Berat Badan untuk Diet

1. Menggunakan Jeruk Nipis

Selain segar untuk kita jadikan sebuah minuman, jeruk nipis ternyata cukup ampuh untuk membasmi tumit pecah-pecah. Caranya cukup mudah, karena kita hanya tinggal memilih jeruk nipis yang sudah tua, kemudian dibelah menjadi dua bagian.

Selanjutnya, kamu gosokan jeruk nipis yang sudah dibelah tadi ke bagian kulit yang mengalami kering dan pecah-pecah. Dilakukan secara rutin agar kaki Anda kembali halus dan tidak mudah kering dan pecah-pecah kembali.

2. Buah Pisang

Yang berikutnya adalah buah pisang, ini dapat digunakan untuk menghaluskan kaki yang pecah-pecah juga. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan haluskan buah pisang sampai menjadi seperti pasta, dan segera oleskan ke bagian tumit yang pecah pecah, sebelumnya kaki sudah kita bersihkan. Biarkan kurang lebih 10 menit baru dibilas dengan air hangat sampai bersih.

3. Mentimun

Ini merupakan salah satu sayuran yang sering dijadikan pelembab alami bagi kulit wajah. Adapun untuk mengatasi kaki kering dan pecah-pecah, kita cukup menumbuk mentimun hingga halus. Berikutnya, gunakan tumbukan tersebut untuk memijat tumit kaki yang pecah-pecah, lakukan secara rutin hingga ada hasilnya.

4. Dengan Madu

Selain dengan bahan buah atau sayuran, kita bisa manfaatkan madu. Diketahui Madu memang mempunyai banyak sekali manfaat seperti mengencangkan kulit wajah hingga atasi kulit pecah. Jadi selain untuk kesehatan, madu juga berfungsi untuk kecantikan. Madu sangat efektif untuk mengobati serta mencegah kaki yang kering menjadi lembab. Caranya : Anda hanya perlu mengoleskan madu pada bagian kaki yang pecah-pecah tersebut untuk membuatnya sehat kembali.

5. Tepung Beras

Tepung beras yang bergerinjil kasar dapat mengelupas, membersihkan, dan menutrisi kulit kaki dengan asupan mineral penting sehingga kulit menjadi lebih lembut dan halus. Pertama ambil dua sampai tiga sendok makan tepung beras serta tambahkan beberapa tetes madu dan cuka sari apel supaya jadi sebuah pasta kental. Untuk kulit pecah yang sudah terlalu parah kalian bisa tambahkan dengan minyak zaitun.

Kemudian rendam kaki Anda terlebih dahulu dalam air hangat selama 10 menit, dan keringkan dengan handuk. Lalu balurkan pasta di kaki yang bermasalah dan pijat dengan lembut untuk mengangkat lapisan kulit mati, lakukan secara rutin.

6. Pakai Pelembab

Kita bisa gunakan sebuah krim pelembab semisal gel lidah buaya, atau petroleum jelly. Intinya, semakin lengket berminyak tekstur pelembab Anda semakin bagus untuk menyembuhkan kulit kaki kita yang kering dan retak.

Kita cukup lumuri kaki dengan pelembab pilihan Anda hingga merata yang tebal, lakukanlah menjelang tidur. Berikutnya balut dengan kaus kaki dan biarkan menyerap semalaman. Lihat hasilnya dipagi hari setelah anda bangan tidur, tapi mungkin membutuhkan beberapa hari hingga kelihatan perbedaannya.

Penutup
Itu dia beberapa tips ampuh alami mengatasi kaki pecah-pecah dan kering. Pilih mana yang mudah kalian jangkau bahannya dan lakukan secara maksimal sehingga mendapat hasil yang terbaik untuk kesehatan kaki Anda.

Add Comments


EmoticonEmoticon