7 Tips Ternak Ayam Bangkok Cepat Panen walau Di Lahan Sempit

Ayam Bangkok adalah ayam yang berasal dari Thailand, sesuai namanya Bangkok yaitu nama ibu kota Thailand, di negara asalnya penduduk biasa menyebutnya kings chicken. Ayam Bangkok mempunyai karakter petarung sehingga kerap digunakan sebagai ayam aduan.

Seiring berjalannya waktu, sekarang ayam Bangkok tidak lagi hanya dijadikan sebagai ayam aduan. Banyak juga yang memeliharanya hanya untuk hobi atau kesenangan merawat ayam hingga untuk kontes. Karena itu permintaan pasar ayam Bangkok cukup besar, tentunya menjadikan usaha budidaya ayam Bangkok memiliki prospek yang cerah kedepannya.

Jika anda tertarik memulai usaha budidaya ayam Bangkok, sebaiknya pelajari terlebih dahulu bagaimana tata cara dalam beternak ayam Bangkok.kali ini dunia budidaya akan mengulasnya untuk anda apa saja yang harus anda perhatikan sebelum memulai beternak, hingga perawatannya sampai panen.

 

tips ternak ayam bangkok

Lalu apa saja yang harus Anda perhatikan?

1. Kandang

Didunia ternak tentunya kandang adalah hal pertama yang harus anda persiapkan, untuk ayam Bangkok relatif tidak membutuhkan tempat yang luas, anda bisa mulai beternak walau hanya memiliki tempat yang sempit. Cara mengsiasatinya anda bisa membuat kandang dengan model tingkat. Sedangkan untuk ukuran ruangan persekat, kandang minimal memiliki Lebar 60cm Panjang 60cm, dan untuk tingginya usahakan jangan dibawah 70 karena untuk menjaga postur ayam tidak membungkuk.

2. Pilih bibit yang berkualitas
 
Indukan yang bagus tentunya akan berpengaruh pada hasil anakan yang didapat, pilihlah indukan dengan postur badan yang kekar, lincah, bulu yang bagus dan untuk betina jika beli yang sudah produk, usahakan yang sudah pernah mengerami dan menetaskan telurnya, karena ada beberapa indukan Bangkok tidak mau mengerami atau bahkan tidak mau dikawinkan.

Pilihlah indukan yang tidak sedarah atau lahir dalam 1 induk, karena pengalaman saya hasil anakan akan kurang bagus jika anakan didapat dari indukan yang sedarah. Untuk anda yang ingin fokus pada untuk ayam aduan maka pilihlah indukan yang memiliki mental petarung.

3. Pakan

Pakan ayam Bangkok relative mudah didapat namun apabila ingin hasil yang maksimal, tentunya jenis pakan juga harus diperhatikan, anda bisa saja memberikan pakan dedak namun harus diberi bahan tambahan seperti beras merah, jagung giling dan konsentrat. Waktu pemberian pakan juga harus diatur, bisa di waktu pagi dan sore

4. Perawatan

Untuk perawatan indukan anda bisa menjemur ayam di waktu pagi, atau apabila kendang ayam sempit usahakan setiap pagi atau sore ayam diumbar di pekarangan untuk  menambah gerak ayam agar tetap lincah, bersihkan kotoran ayam setiap hari apabila tidak sempat setiap hari usahakan tidak lebih dari 5 hari, karena kotoran yang lama berada di kandang akan menimbulkan bibit penyakit pada ayam, apabila ada ayam yang terkena penyakit pisahkan dari kandang ayam yang lain untuk meminimalkan menularkan penyakit ke ayam lainnya

5. Perkawinan ayam

Persiapan sebelum ayam dikawinkan juga harus diperhatikan,untuk umur ayam betina akan siap dikawinkan antara 7 sampai 8 bulan , sedangkan untuk jantan sekitar umur 1tahun. kondisi pejantan harus dalam keadaan sehat dan untuk betina harus dalam keadaan sehat , gemuk atau tidak kurus , usahakan pakan yang diberikan saat ayam mulai bertelur dicukupi, karna setelah bertelur, ayam akan mengerami selama 21 hari dan hanya akan turun sekali dalam sehari

6. Pemisahan anakan dengan indukan (sapih)

Inilah kunci agar ternak ayam Bangkok anda cepat panen ,pisahkan anakan dengan induk setelah 3 hari setelah menetas ,biasanya setelah 3 hari anakan ayam sudah bisa mandiri untuk makan dan minumnya, penyapihan yang cepat akan memepercepat indukan ayam anda siap untuk dikawinkan Kembali

7. Perawatan anakan ayam

Setelah anakan ayam telah disapih, siapkan kandang terpisah yang tertutup, apabila anda belum mempunyai kandang untuk memisah anda bisa menggunakan kardus yang ukurannya besar. Beri dasar kardus dengan sekam agar  kardus tidak cepat benyek terkena kotoran ayam dan menambah kehangatan.

Usahakan suhu kandang tetap hangat, anda bisa memasang lampu pijar untuk  menjaga kendang tetap hangat, untuk pakan berikan konsentrat khusus anakan dan untuk minum anda bisa memberikan tambahan  vitamin untuk menambah kekebalan tubuhnya.

Baca juga :
- 6 Tips Ternak Kutu Air di Ember
- 4 Tips Memulai Ternak Lele Anti Rugi

Itulah 7 tips agar ternak ayam Bangkok cepat panen walau di lahan yang sempit, setiap usaha pastinya dibutuhkan praktek langsung agar lebih mengerti masalah dan cara mengatasinya. Selamat mencoba dan terima kasih.