4 Tips Memulai Ternak Lele Anti Rugi untuk Pemula

tips ternak lele untuk pemula
 

Ternak lele merupakan peluang usaha yang memiliki prospek yang cukup cerah kedepannya, dikarenakan semakin hari jumlah konsumsi hasil olahan dari ikan lele terus meningkat tetapi produksi ikan lele cenderung mengalami penurunan.

Akan tetapi dikarenakan harga pakan pabrikan untuk ikan lele terus mengalami peningkatan banyak sekali para paternak yang mengalami kerugian, untuk itu saya akan berikan 4 tips dan cara ternak lele agar tidak mengalami kerugian

1. Pilih Bibit yang Berkualitas

Bibit yang berkualitas akan berpengaruh pada pertumbuhan yang tentunya akan berpengaruh pada hasil panen yang didapat. Jangka waktu sampai panen akan lebih singkat yang tentunya akan memangkas biaya perawatan dan pakan.

Pilihlah jenis yang sudah terbukti baik seperti jenis lele Sangkuriang dan lele Mutiara, apabila Anda ingin meminimalkan modal usahakan bibit diperoleh dari hasil memijahkan indukan sendiri, karena apabila Anda beli bibit yang siap tebar akan menambah biaya modal.

2. Media yang Efisien

Media yang tepat akan mempermudah dalam perawatan dan pemanenan, Anda bisa menggunakan kolam semen atau kolam terpal, kedua media tersebut yang menurut saya paling bagus dalam menjalankan budidaya ikan lele.

Disamping karena akan mudah dalam penyortiran ukuran lele dan juga mempercepat dalam proses pemanenan sehingga dapat mengurangi biaya saat proses pemanenan lele tersebut.

3. Perawatan yang Baik

Perawatan yang baik akan mempengaruhi hasil panen tentunya, perawatan dimulai dari menegemen air yang baik.

Suhu yang baik untuk pertumbuhan ikan lele berkisar 26-30 derajad celcius dan ph air yang baik untuk ikan lele adalah 6,5-9. Sedangkan kandungan oksigen terlarut sekitar 4 mg/l. Kondisi air yang baik juga akan mencegah timbulnya penyakit pada ikan lele.

Baca juga : 4 Rahasia Ternak Ikan Chana

4. Menggunakan Pakan Alternatif

Pemberian pakan yang bagus akan mempercepat pertumbuhan ikan lele, namun pakanlah yang menyumbang pengeluaran modal tertinggi dalam beternak ikan lele. Oleh karena itu banyak peternak yang merugi dikarenakan hasil panen tak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk membeli pakan.

Untuk meminimalkan biaya pakan, maka saya sarankan menggunakan pakan alternatif, pakan alternatif yang digunakan adalah pakan yang mengandung nutrisi yang cocok untuk ikan lele, seperti maggot dan ikan runcah yang mengandung protein yang tinggi.

Untuk pemberian pakan maggot saya biasanya menggunakan perbandingan 50:50 antara maggot dengan pellet untuk hasil yang maksimal.

Penutup

Itulah 4 cara yang bisa Anda lakukan agar tidak merugi dalam beternak lele bagi pemula dan semoga saja dapat memperoleh keuntungan yang Anda harapkan.