Cara Convert Gambar Menjadi Teks / File Word

cara convert gambar jadi teks
 

Semakin berkembangnya teknologi digital orang-orang ingin dimanjakan akan pekerjaan mereka. Salah satunya ketika dulu kita ingin menyalin teks dari buku kebanyakan masih menggunakan cara manual dengan mengetik per kata. Padahal di laptop sendiri telah terinstall aplikasi Nitro PDF yang dapat kita fungsikan untuk melakukan convert gambar menjadi teks.

Tapi kalau memang belum tahu akan hal itu tentu saja kita masih bingung sendiri. Terlebih sekarang ada cara yang lebih mudah melalui online untuk merubah gambar menjadi teks atau bisa langsung dijadikan file Word. Kalian yang sering menyalin tulisan dari buku maupun ingin meringankan pekerjaan ketika mau mengubah sebuah foto yang berisi tulisan untuk dijadikan teks maka perlu tahu beberapa cara berikut ini.

Convert Gambar menjadi Teks Online


Pertama kami akan menyarankan proses convert tersebut secara online, sebab cara ini sangat mudah dan bisa dilakukan melalui perangkat baik Laptop, Smartphone, Tablet dan lainnya yang terpenting perangkat bisa terhubung dengan internet.

- Online2pdf.com

Melalui situs tersebut memungkinkan kita melakukan convert file JPG untuk diubah menjadi file Word dimana teks dalam gambar nantinya bisa kita edit sesuka hati.

Untuk bisa langsung masuk halaman convert melalui link ini: https://online2pdf.com/convert-jpg-to-word

Setelah masuk kamu temukan tombol dengan tulisan Select Files, dari situ kita bisa klik dan unggah gambar yang mau kita convert menjadi teks.

 

 
Jika sudah, klik tombol Convert dan tunggu beberapa detik hingga proses selesai dan nantinya akan muncul tulisan Download.

Kami sering menggunakan ini sebab hasilnya lumayan rapi dan langsung menjadi bentuk file Word.

- Ocr2edit.com

Situs online berikutnya yang bisa kita manfaatkan untuk convert gambar menjadi teks yaitu dengan alat gratis melalui halaman web Ocr2edit.

Prosesnya hampir sama dengan cara yang pertama, akan tetapi yang ini hasilnya bukan file Word tetapi nantinya tersimpan di Notepad.txt ini tidak jadi masalah nantinya kita bisa copy hasil tulisan ke dalam bentuk file lain.

  • Untuk langsung ke halaman convert melalui link ini: https://www.ocr2edit.com/id/konversi-ke-txt
  • Lalu sesudah masuk kita Pilih File dan unggah berkas gambar yang mau diconvert.
  • Jika sudah jangan lupa klik tombol Mulai, agar proses bisa segera berjalan.

Kita juga dapat merubah file gambar hasil screenshot melalui situs online tersebut.

Convert Offline, Menggunakan Nitro PDF


Bagi pengguna perangkat komputer, mungkin sudah tidak asing lagi dengan program yang satu ini. Umumnya Nitro PDF digunakan untuk mengelola file pdf, akan tetapi aplikasi tersebut juga dapat difungsikan untuk mengubah gambar menjadi tulisan atau teks. Berikut ini caranya,

- Pertama kita ubah gambar menjadi pdf terlebih dahulu menggunakan aplikasi Nitro.
Caranya klik kanan file gambar > lalu pilih Convert to PDF with Nitro.

- Setelah itu kita klik Edit di Nitro pdf > pilih OCR > kemudian pilih "Make Searchable and Editable" dan klik OK.

Nah dengan begitu gambar akan berhasil diubah menjadi teks yang bisa kita copy-paste sesuai keinginan mau dibuat dokumen word atau file lain. Dengan ini hasilnya juga lumayan rapi hampir mirip seperti aslinya.

Baca : Cara Convert Video menjadi MP3

Penutup
Itu dia beberapa cara dalam melakukan convert file gambar (jpg, png,) untuk dijadikan teks bisa kita pilih caranya dari yang online maupun dengan aplikasi khusus. Mudah-mudahan setelah tahu hal ini kita akan diringankan pekerjaan, misalkan hendak menyalin tulisan dari sebuah buku cukup kita foto dan ambil gambarnya.

Add Comments


EmoticonEmoticon