Ukuran Lapangan Bola Voli, Tinggi Net beserta Gambarnya

Siapa tidak tahu voli? Olahraga voli merupakan olahraga umum yang banyak dimainkan secara internasional. Sama halnya dengan permainan bola lainnya, voli memiliki standar yang wajib diikuti, seperti jumlah pemain, ukuran lapangan bola voli, tinggi net, dan lain sebagainya.

Aturan dan standar dalam olahraga voli tidak sembarangan dan muncul begitu saja, tetapi bersumber resmi dari Federasi Bola Voli Internasional FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sehingga semua pertandingan bola voli di dunia punya aturan yang sama.

Perkembangan Olahraga Voli

Voli adalah permainan dengan cara memukul bola voli agar melewati bagian atas net pada bagian tengah lapangan. Organisasi voli di Indonesia, yaitu PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) yang resmi sejak tahun 1955.

Aturan pada pertandingan bola voli tidak tiba-tiba ada seperti sekarang, seiring berjalannya waktu, aturan permainan terus disempurnakan. Voli sendiri ditemukan tahun 1895, sejak 1900-1923 banyak penyempurnaan aturan, termasuk ukuran tinggi net bola voli dan lapangan bola voli.

Kita mengenal poin voli saat ini adalah 25 per set, sebelum itu, tahun 1900 ada penetapan sistem poin 21. kemudian pada 1917 menjadi 15 poin. Selain itu, penetapan aturan 6 pemain dalam lapangan ditetapkan tahun 1918, sementara itu aturan lapangan dan tinggi net juga disempurnakan.

Ukuran Lapangan Bola Voli, Tinggi Net


Tinggi net ditetapkan tahun 1918, yaitu 2,40 meter, kini ukuran tinggi net bola voli berubah, bahkan lebih detail dibedakan ukuran tinggi net bola voli putra dan putri. Sementara itu, ukuran lapangan dipatenkan sejak tahun 1923. Berikut aturan yang kini berlaku.

1. Aturan Lapangan Bola Voli


Ukuran lapangan bola voli dan tinggi net putra-putri sesuai aturan harus diikuti. Ukuran lapangan sendiri memiliki panjang 18 meter dan lebar lapangan 9 meter, jadi bentuknya persegi panjang. Ukuran tersebut baku untuk pertandingan resmi.

Lantas, apa tanda batas lapangan? Tanda batas lapangan menggunakan garis putih dengan lebar 5 cm. Dari panjang lapangan bola voli 18 meter, terbagi dengan garis tengah atau poros sehingga lapangan terbagi menjadi 2 sisi sama besar untuk masing-masing 2 regu.

Pada garis tengah tersebut juga terdapat net. Satu sisi lapangan voli terbagi menjadi 3 zona, yaitu centre zone, front zone, dan back zone. Front zone memiliki ukuran 3 meter, sementara back zone berukuran 6 meter.


gambar lapangan bola voli
Gambar Lapangan Bola Voli

Keterangan gambar ukuran lapangan bola voli berikut ini:

- Untuk ukuran panjangnya, lapangan voli adalah 18 meter
- Lebar lapangan voli 9 meter
- Front Zone (garis serang) lapangan bola voli ukuran lebarnya 3 meter
- Area servis ukurannya 3 meter
- Daerah menghalau bola (clearance) itu ada dua bagian, antara lain bagian belakang dengan ukuran 3 - 6.5 meter, lalu bagian samping berukuran 3 – 5 meter
- Lebar garis pada lapangan voli adalah 5 cm
- Lapangan bola voli memiliki luas 162 meter persegi (18m x 9m)

2. Aturan Tinggi Net Bola Voli


Ukuran tinggi net bola voli terbagi menjadi ukuran tinggi net bola voli putra dan putri. Ukuran untuk regu putra, yaitu 2,43 meter dan untuk putri 2,24 meter. Maksud tinggi net adalah bukan hanya tinggi jaring, tetapi tinggi tiang net dari dasar lapangan hingga ujung atas tiang atau jaring net.

Bukan hanya ukuran tinggi yang penting untuk diketahui, tetapi juga lebar dan panjangnya yang sama baik voli putra maupun putri. Panjang net 9,5 meter, ukuran lebar net lebih 0,5 meter daripada lebar lapangan karena net harus bisa sedikit melongga ketika mengenai pukulan bola.

Sementara itu, lebar 1 meter, sehingga pada permainan voli putra, jarak antara permukaan lapangan dan bagian net yang menggantung 1,43 meter. Sedangkan, jarak net menggantung dan permukaan lapangan pada voli putri, yaitu 1,24 meter.

Akhir kata

Ukuran lapangan bola voli, tinggi net voli putra putri dan aturan lainnya sudah sesuai ketentuan untuk kompetisi. Namun, ada kalanya ukuran tersebut dimodifikasi kembali untuk sistem pembelajaran, misal mengurangi panjang lapangan bola voli 1 meter pada tiap sisi lapangan.