Cara Transfer File Hp ke Komputer melalui FTP di Xiaomi

Dikenal sebagai smartphone yang cukup populer, selain selalu memberi harga terjangkau bagi kalangan kelas menengah ke bawah menjadikan Xiaomi laris di pasaran. Selain itu, fitur yang diberikan juga tak kalah menarik seperti halnya FTP dan memungkinkan pengguna bisa melakukan transfer file maupun data dengan cepat karena berbasis sambungan jaringan WiFi.


Artinya kita bisa melakukan pemindahan file dan data apapun ke Komputer atau Laptop tanpa memakai kabel USB. Memang ada aplikasi lain yang cukup banyak penggunanya seperti Share it, akan tetapi dengan fitur FTP di Xiaomi ini kita tanpa meng-install aplikasi tambahan lagi langsung bisa berbagi file sekarang juga ke PC.


Akan tetapi mungkin bagi sebagian penguna Xiaomi masih belum tahu akan adanya fitur FTP tersebut, padahal ini sangat mudah dilakukan. Dan menurut kami ini memberi pengalaman yang menarik bagi yang baru pertama mencobanya. Terlebih lagi kecepatan transfer file lebih cepat ketimbang melakukannya melalui bluetooth.


Cara Kirim File Menggunakan FTP 

Syarat utama sebelum melakukan ini, pastikan kedua perangkat antara ponsel Xiaomi dan Komputer kita telah terhubung dalam satu jaringan WiFi yang sama atau satu jaringan ip address.


1. Pertama kita buka File Manager di ponsel, lalu tab menu FTP

(menu FTP di Xiaomi ada yang langsung kelihatan, tapi di Xiaomi Redmi 6 Pro harus tab menu Garis Tiga baru muncul menu FTP)


cara transfer file melalui ftp


2. Kemudian kita masuk ke menu Setelan / settings 


3. Setelah itu pastikan Stay awake telah diaktifkan, pada bagian port biarkan 2121 untuk pengaturan default, dan kita pilih menu GBK.



4. Selanjutnya kita keluar dari menu setting FTP dan tab pada tombol “Mulai / Start server” yang terlihat



5. Jika Hp Xiaomi kita terpasang memori SD Card maka akan ada pilihan akses memori internal atau eksternal, baru setelah menentukan pilihan kita akan mendapatkan alamat FTP sesuai IP address dari WiFi yang terhubung.


6. Sekarang kita tinggal buka komputer atau laptop dengan membuka file Windows Explorer dan masukkan alamat FTP dari ponsel Xiaomi ke kolom URL untuk bisa mengakses memori di smartphone



7. Setelah berhasil terbuka, sekarang kita bisa menyalin dan memindah file dari ponsel ke komputer ataupun sebaliknya.


Selamat mencoba ya,


Demikian langkah-langkah yang harus kita lalui untuk bisa memanfaatkan fitur FTP di Xiaomi supaya bisa berbagi file dan data lebih cepat dan praktis. Kalau ini bermanfaat jangan lupa bagikan pada teman kalian ke media sosial.