Cara Membuat Jadwal Pelajaran dengan ASC TimeTable

cara buat jadwal pelajaran otomatis


Sebagai seorang Guru pastinya membutuhkan sebuah jadwal pelajaran di sekolahan agar bisa memulai kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik, selain itu jadwal juga nantinya berguna untuk siswanya. Kalau Anda mau membuat jadwal pelajaran yang lebih mudah, ada satu aplikasi bernama 'ASC TimeTable' dapat kita manfaatkan.


Mungkin kalau kita memakai Excel dalam pembuatan jadwal pelajaran akan lebih sulit dan memakan banyak waktu jika belum terbiasa. Tapi dengan ASC TimeTable bisa lebih mudah sebab aplikasi ini memang dikhususkan untuk menciptakan jadwal lebih simpel dengan urutan lebih jelas.


Bisa dibilang ini seperti membuat jadwal pelajaran secara otomatis, sebagai pemula pun juga tidak harus berfikir terlalu keras dalam mengatur setiap menentukan mata pelajaran, waktu, hari, jam dan lain sebagainya. Itu semua nanti masuk dalam yang namanya data distribusi tugas guru, sesudah datanya tersusun nantinya jadwal pelajaran bisa tersusun secara rapi.


Langkah Membuat Jadwal Pelajaran dengan ASC TimeTable


ASC TimeTable adalah sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan untuk membuat jadwal atau timetable. Biasanya, aplikasi semacam ini digunakan di sekolah, perguruan tinggi, atau institusi lainnya untuk mengatur jadwal pelajaran, ujian, dan kegiatan lainnya. 


Berikut langkah yang perlu kita persiapkan dalam memulai pembuatan jadwal pelajaran yang mudah.


1. Pertama pastikan Anda telah meng-install aplikasinya. Jika belum bisa download dahulu melalui situs resmi ASC TimeTable.


2. Buka program aplikasi, kalau belum pernah membuat atau ini pertama kali mau bikin jadwal pelajaran pilih perintah “membuat file baru”.



3. Pada langkah pertama isikan kolom Nama Sekolah dan Tahun Pelajaran, lalu jumlah jam dan juga hari yang bisa diubah atau edit sesuai kebutuhan. Klik Selanjutnya kalau data yang dibutuhkan sudah lengkap.



4. Klik lagi Selanjutnya sampai pada halaman berikut ini;


Pada tampilan tersebut kita akan menentukan mata pada logo buku, lalu klik “Baru” untuk mengisi nama mata pelajaran dan kode mapel serta menentukan warna tampilan. Klik Oke, klik baru lagi untuk menambah nama mata pelajaran yang lain.


5. Masih di halaman yang sama, klik logo orang untuk mengisi data kelas.


6. Kalau sekolahan menyediakan ruangan khusus untuk suatu pelajaran tertentu, klik logo pintu rumah untuk membuat data ruang khusus.


7. Dan logo topi sarjana untuk mengisi data Guru yang mengajar.


8. Berikutnya kita juga bisa menentukan waktu kosong tiap mata pelajaran, kelas, dan guru. Misal karena permintaan guru tertentu atau hal lain maka bisa diberi keterangan di sana.



9. Sementara itu untuk menentukan jatah mata pelajaran yang dibebankan pada tiap guru bisa dilakukan dengan klik 2 kali pada nama guru. Dengan begitu akan muncul tampilan untuk penambahan mapel pada guru yang bersangkutan, klik tombol ‘Pelajaran Baru’ untuk menambah mapel atau edit mapel kalau ada perubahan.



10. Setelah semua data diisi, langkah terakhir adalah menghasilkan jadwal yang telah disusun. Namun, sebelumnya perlu diuji data jadwal yang dibuat. Jika terdapat kesalahan, perbaikilah terlebih dahulu sebelum menghasilkan jadwal. Setelah tidak ada kesalahan (error), klik pada menu "Jadwal baru", kemudian tekan tombol "Start timetable generation". Tunggu sistem menyusun jadwal secara otomatis bekerja untuk Anda.



Penutup


Itulah langkah yang perlu kita lalui dalam pembuatan jadwal pelajaran sekolah menggunakan Asc TimeTable, sesudahnya juga bisa langsung melakukan pencetakan atau pindahkan ke Excel terlebih dahulu.