Cara Cek Smartphone Android Sudah Support USB OTG atau Belum

Advertisement
Mungkin dari sebagian teman-teman banyak yang bertanya apakah Smartphone Android saya sudah support USB OTG atau belum. Karena kita tahu kalau fitur yang satu ini sangat banyak manfaatnya, maka kami sebelumnya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu OTG dan fungsinya apa saja.

USB OTG (On The Go) merupakan salah satu aksesoris HP Android yang bisa dikatakan wajib kamu miliki. Karena apa, dengan OTG kita bisa memasangkan sebuah flash disk langsung ke Hp dan kita bisa mentranfer data langsung dengan cepat dan mudah, itu kalu Hp kita sudah support dengan USB OTG. Kalau anda masih penasaran, berikut kami jelaskan lebih lanjut bagaimana cara cek Hp Android kita telah support USB OTG atau belum.

Setidaknya kami akan bagikan caranya kepada anda, ada dua untuk mengecek dan anda bisa pilih salah satu yang paling akurat sesuai ketertarikan masing-masing. Cara pertama kita bisa melakukannya dengan bantuan aplikasi Android bernama USB OTH Checker, berikut langkahnya.

Cara Cek Android Sudah Support USB OTG / Tidak
usb otg

1. Untuk cek sebuah smartphone yang sudah support USB OTG atau belum, cara pertama ini melalui aplikasi USB OTG Checker. Menggunakan aplikasi ini kita dapat mengetahui apakah smartphone yang anda miliki telah mendukung fitur OTG atau tidak.

- Pastikan anda telah menginstall aplikasi USB OTG Checker.
Download USB OTG Checker | Play Store
- Buka aplikasi tersebut dan anda pilih  "Check Device OS on USB OTG".
Cara Cek Android Sudah Support USB OTG

- Selanjutnya kita langsung Klik "Check"
Cara Cek Android Sudah Support USB OTG

- Setelah itu kita akan mengetahui dan melihat hasilnya, apakah HP Android kita sudah mendukung USB OTG atau belum.
Cara Cek Android Sudah Support USB OTG

Dengan keterangan "Your Device OS has USB OTG API" itu artinya smartphone anda telah support OTG.


2. Cara kedua, yaitu dengan cara mengunjungi situs jalantikus.com/gadgets/products untuk cek ponsel Android kita di sana dengan lengkap termasuk fitur USB OTG.

- Caranya anda akses situs tersebut
- Kemudian melalui kotak pencarian anda tuliskan jenis ponsel dan seri ponsel misal : Sony Xperia Z1, Asus Zeanfone C, Samsung Galaxy S4, dan lain sebagainya. Lalu klik enter atau cari, setelah ditemukan anda pilih dan buka sesuai ponsel yang dikehendaki.

- Anda scoll laman ke bawah hingga menemukan spesifikasi Konektivitas ada fitur USB OTG atau tidak.

Cara Cek Android Sudah Support USB OTG
Apabila setelah di cek ternyata ponsel Android anda belum support OTG, ya mungkin anda perlu membaca artikel kami selanjutnya: Cara Membuat HP Android Agar Support USB OTG

Ya memang fitur ini sangat membantu dan bermanfaat sekali terutama meraka yang sering bermain game dengan Android, sehingga dengan adanya fitur OTG kita bisa menambah stick ps untuk memudahkan menjalankan permainan favorit kita.
Dengan fitur OTG kita juga bisa memasang lampu USB pada Android untuk menerangi ruangan atau penerangan saat belajar menggunakan lampu usb khusus untuk belajar.

Demikian cara cek smartphone Android telah support USB OTG atau belum, saya kira caranya sangat mudah baik cara pertama yang menggunakan aplikasi maupun dengan cara ke dua tadi.

*) Komentar mengandung sp*m akan dihapus
*) I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon