Ciri-Ciri Cewek Sholehah Menurut Pandangan Islam

Assalamu’alaikum wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita semua,semoga senantiasa di beri kesehatan, kesempatan serta umur yang barokah sampai saat ini, amin.
Tak lupa sholawat dan salam kita curahkan kepada baginda nabi kita, Nabi Muhammad SAW yang kita harap-harapkan syafa'atnya mulai di dunia sampai di akhirat nanti, amin.

Nah kali ini saya akan membahas tentang seperti apa si tipikal cewek sholehah itu?
Definisi soal cewek sholehah itu memang cukup banyak, tak hanya di lihat dari sisi berdandan ataupun tutur katanya yang lembut, namun bisa di lihat dari berbagai aspek lainya.

Memang di jaman serba modern seperti sekarang, menebak ciri-ciri sholehah agak sulit. Pasalnya antara yang diam-diam berkelakuan liar dengan yang rumahan sama saja, kebanyakan sama-sama menggunakan hijab salah satunya seperti itu.
Langsung saja seperti apa si ciri-ciri cewek sholehah itu?

Ciri-Ciri Cewek Sholehah Menurut Islam

CENDERUNG BERSIFAT JUJUR
Kalau di lihat jaman dulu saja, misalnya ketika seorang cewek ingin keluar untuk mengerjakan tugas dari sekolah untuk di kerjakan bersama teman-temanya ia benar-benar ijin dari orang tuanya.
Tapi di jaman sekarang tak sedikit dari mereka malah berkelakuan sebaliknya. Ia malah bukan untuk mengerjakan pekerjaan dari sekolah bersama temanya, pergi malah berduan dengan pacarnya ataupun hal yang diluar kesepakatan kepada orang tua nya.

TIDAK KELUYURAN MALAM-MALAM
Cewek yang baik tidak akan pernah keluar malam-malam tanpa ada kepentingan.
Paling cuma hanya sebatas keluar malam-malam untuk ke majelis taklim/mengaji, ke silaturokhim ke kerabat saudaranya.

TUTUR KATA YANG LEMBUT
Sudah pasti, cewek sholehah pastilah menggunakan kata-kata yang benar-benar di ajarkan waktu kecil dulu. Mereka lebih tau kepada siapa serta sudut pandang mengenai umur lawan bicaranya (tingkatan berbahasa) sehingga benar-benar tepat sasaran dalam artiyan menghormati lawan bicaranya.

BERHIJAB SERTA MENJAGA AURATNYA
Kalau yang satu ini ciri yang mencolok, cewek berhijab melambangkan kesucian, teguh pendirianya.
Mereka takut terjadi hal yang tidak di inginkan menjadi fitnah sebab cara berpakaian yang fulgar, ketat ataupun yang menyimpang dari syariat Islam.
Jadi mereka selalu memastikan cara berpakaianya benar-benar sesui yang di anjurkan di Islam.
Sebagaiamna dalam Al-Qur'an, Allah SWT berfirman:

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang-orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal dan oleh karenanya mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Qs. Al-Ahzab: 59).

Imam Hakim meriwayatkan sebuah hadis yang menggambarkan saat-saat setelah turunnya ayat perintah menutup aurat, yaitu Surat Annur ayat 31:

(dan hendaklah mereka menutupkan khumur- jilbab- nya ke dada mereka…). Riwayat lain menerangkan: “Wanita-wanita (ketika turun ayat tersebut) segera mengambil kain sarung mereka, kemudian merobek sisinya dan memakainya sebagai jilbab.” (HR. Hakim).

PATUH SERTA MENGHORMATI KE DUA ORANG TUA
Sebagai orang tua bagi putrinya pastinya menginginkan putrinya menjadi sosok yang berguna bagi kedua orang tua dan juga orang lain.
Begitu juga dengan si anak adalah ingin benar-benar tidak akan mengecewakan mereka (orang tuanya), seperti yang sudah di jelaskan di atas ciri-ciri cwe sholekhah dengan berhijab.
Sudah semestinya dengan berhijab mampu ber istiqomah dengan hijab nya, bukan hanya di rumah, di lingkungan pun ia pakai tapi juga harus di imbangi dengan akhlaqnya.

Terkadang di jaman sekarang banyak sekali cwe yang berhijab namun itu hanya sebagai hiasan saja, bahkan yang sangat mencengangkan ialah diam-diam menghanyutan :V.
Ketika anak di suruh mengganti pakaian yang syar'i oleh orang tuanya, harusnya si anak menuruti ke inginanya, itu semata-mata demi kebaikan seorang anak yang disayanginya.

MENJAGA SHOLATNYA
Cewek sholehah selalu menjaga sholatnya, melaksanakan sholat tepat waktu, menjaga wudhu nya serta khusyu’ dalam melaksanakan sholat. Karena sholat merupakan tiang agama serta yang membentengi diri dari perbuatan keji dan munkar.

MEMILIKI SIFAT KE-IBU-AN SERTA CERDAS
Semua cewek pasti akan menjurus ke pernikahan setelah nikah akan dikarunai anak.
Cerdas disini bukan lah selalu dalam artiyan bependidikan tinggi ataupun sarjana yang tinggi namun cerdas disini ialah cerdas mengelola keungan keluarga, cerdas mengurus suami nya kelak, cerdas mendidik serta membesarkan anaknya kelak.
Cewek yang benar pasti mempuyai sifat kasih sayang yang tinggi karena kelak ia akan menjadi ibu untuk anak-anaknya.

CEWEK YANG TIDAK BERKHALWAT
Wanita sholehah tidak suka berkhalwat (berdua) dengan laki-laki yang bukan mahramnya. Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Tidaklah seorang wanita itu berkhalwat dengan seorang laki-laki, kecuali setan menjadi pihak ketiganya” (Riwayat Ahmad).

Dia dilarang bepergian jauh kecuali dengan mahramnya, sebagaimana pula dia tidak boleh menghadiri pasar-pasar dan tempat-tempat umum kecuali karena mendesak. Itupun harus berjilbab. Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Seorang wanita dilarang mengadakan suatu perjalanan sejarak sehari semalam keculai disertai mahramnya” (Mutafaq Alaih).

Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, artinya: “Diizinkan bagi kalian keluar rumah untuk keperluan kalian (wanita)” (Mutafaq Alaih).
➧Baca juga : Pengabdian Anak Kepada Kedua Orang Tua

Cukup sekian, semoga bermanfaat bagi pembaca.
Semata-mata karena ingin mengharap ridho Allah SWT, apa bila ada tutur kata yang salah dan kurang berkenan di hati, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum wr.wb

*) Komentar mengandung sp*m akan dihapus
*) I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon