24 April 2015

Akibat Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Berkarbohidrat


Makanan yang mengandung karbohidrat memang perlu dikonsumsi setiap hari untuk kebutuhan nutrisi tubuh kita. Karbohidrat memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh di antaranya menghasilkan energy dan menghilangkan rasa lapar. Memang ini dibutuhkan untuk tubuh kita dalam kehidupan sehari-hari asalkan tidak melebihi batas maksimum.

Karbodirat juga membantu agar protein dapat bekerja dengan baik di dalam tubuh. Maka dari itu Sobat, penuhi makanan yang mengandung karbohidrat untuk dikonsumsi oleh kita sehari – hari. Berikut ini makanan – makanan yang mengandung karbohidrat cukup banyak seperti; beras, jagung, gandum, roti, ubi, singkong, kacang, mie dan masih banyak lagi makanan yang mengandung karbohidrat. 


Tetapi bagaimana jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat?



Apakah Anda pernah merasa malas untuk bangun dari tempat tidur, merasa tidak punya energi sepanjang hari  untuk melakukan rutinitas? Itu tandanya Anda mengalami kelelahan.
Kelelahan menimpa hampir semua orang. Menurut sebuah penelitian, 10 persen orang yang pergi ke dokter mengeluhkan kelelahan yang mereka alami.
Setengah dari orang yang mengeluh kelelahan didiagnosis dengan masalah medis seperti kekurangan zat besi atau kelenjar tiroid yang tidak bekerja maksimal.
Kelelahan juga dapat disebabkan oleh masalah gaya hidup dan dapat diselesaikan dengan melakukan perubahan sederhana.
Salah satu gaya hidup yang tidak dianjurkan adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkarbohidrat  tinggi.
 

Marilyn Glenville, ahli gizi dan penulis Natural Health for Women Bible, mengatakan orang bisa mengalami kelelahan dari makanan yang seharusnya memberi mereka energi.
Mengkonsumsi pasta, roti, nasi, biskuit, cokelat dan keripik menyebabkan gula darah naik turun dengan cepat, sehingga banyak yang sudah mengantuk meski hari masih sore, saya juga sering merasakan hal seperti itu .
"Beberapa orang mengkonsumsi karbohidrat olahan seperti roti putih, tepung putih, pasta putih. Jenis makanan ini mengandung Indeks Glikemik (Glycemic Index/GI) yang tinggi," kata Glenville dikutip Dream dari Daily Mail, Rabu 22 April 2015.
Makanan yang mengandung GI tinggi menghasilkan aliran darah yang terlalu cepat. Sehingga gula darah naik dan turun dengan cepat. Gula darah yang naik dan turun dengan cepat sangat berbahaya.
"Hal itu membuat Anda merasa cepat pusing, murung, mudah tersinggung, gampang marah dan lelah," tambah Glenville.
Manfaat dan Khasiat Daun Singkong untuk Kesehatan


Namun bukan berarti harus menjauhi karbohidrat. Glenville mengatakan untuk menghindari dari rasa lelah berlebihan, maka harus mengkonsumsi lebih banyak makanan yang bergizi. Dengan demikian meski bisa lelah tapi itu dikarenakan tidak mendapatkan cukup nutrisi.
Dia mengatakan bahwa makan makanan dengan GI rendah, yang melepaskan energi lebih lambat - dan makan porsi sedikit dalam jarak tertentu, akan membuat gula darah stabil dan tingkat energi menjadi konstan. Hindari sebelum Anda mengalami karena sehat itu mahal harganya.


Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon