24 Sep 2015

Cara Memasak Daun Singkong Kuah Santan


Sayur daun singkong merupakan makanan yang enak apabila kita tahu cara mengolahnya. Tidak hanya dibuat daun singkong kuah santan saja supaya menghasilkan masakan yang enak buat keluarga Anda di rumah tentunya. Dengan harga yang tidak mahal serta mudah kita peroleh sebagai bahan untuk kita masak sehingga banyak yang suka meremehkan masakan daun singkong. Memang daun singkong merupakan makanan desa sekali tetapi kalau rasanya tidak kalah dengan yang lain asalkan tahu resepnya. Selain bisa dimasak daun singkong juga memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Penasaran?
Kita ketahui untuk makanan sehari-hari tidak harus dengan makanan yang mahal dan enak, makanan yang murah pun bisa diolah menjadi masakan yang enak bahkan lebih. Asal kita tahu resep dan caranya insya Allah apapun bahannya tidak masalah asalkan resep sudah kita kuasai. Cara mengolah daun singkong tidaklan susah berikut resepnya silahkan Anda simak.
 Cara Memasak Daun Singkong Kuah Santan
 Pertama siapkan dulu bahan dan bumbu :

    Siapkan 2 ikat daun singkong segar
    3/4 bagian kelapa, diparut terus diambil santan nya sebanyak 6 gelas
    50 gram ebi atau udang kering
    4 buah cabai merah
    1 ruas kunyit ( kira-kira 1 cm )
    1 biji kemiri sangrai
    2 sdt ketumbar
    1 sdt lada
    6 siung bawang merah
    4 siung bawang putih
    3 sdt garam halus
    2 sdt gula pasir
    Penyedap rasa secukupnya ( bila suka )
    4 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara membuat :

  • 2 ikat daun singkong dibersihkan kemudian direbus sampai lunak kemudian dipotong kasar, sisihkan terlebih dahulu
  • Siapkan dan peras 3/4 bagian kelapa parut untuk diambil santannya sebanyak 6 gelas (apabila bunda ingin santannya lebih kental silahkan kurangi jumlah takaran gelas santannya ya bunda)
  • Haluskan 1 biji kemiri sangrai, 1 ruas kunyit, 2 sdt ketumbar, 1 sdt lada, 4 buah cabai merah, 6 siung bawang merah, 4 siung bawang putih hingga benar-benar halus
  • Panaskan 4 sdm minyak goreng di dalam wajan, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis hingga harum
  • Setelah harum dan aroma bumbu tercium, masukkan 50 gram ebi lalu aduk rata
  • Tuang 6 gelas santan yang sudah disiapkan terlebih dahulu, tunggu hingga mendidih (dimasak dengan api sedang saja bunda sambil terus diaduk supaya santannya tidak pecah)
  • Setelah mendidih, masukkan daun singkong yang sudah dipotong kasar tadi sambil terus diaduk. Tambahkan 3 sdt garam halus, 2 sdt gula pasir, dan penyedap rasa secukupnya (terkadang saya tidak lagi memakai penyedap rasa dikarenakan kuah santan yang sudah terasa gurih, penambahan garam pun silahkan disesuaikan dengan selera bunda ya)
  • Bila daun singkong sudah tercampur rata dengan bumbu dan kuah santannya, angkat dan hidangkan

Sayur daun singkong ini banyak mengandung serat, jadi tidak heran kalau cepat terasa kenyang kalau kita mengkonsumsinya.
Silahkan Anda yang di rumah segera berkreasi di dapur nya, bebas memodifikasi olahan sayuran yang ada untuk dipadu padankan dengan masakan daun singkong nya.

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon