24 September 2015

Manfaat dan Khasiat Daun Singkong untuk Kesehatan


Singkong adalah sejenis tanaman yang banyak tumbuh dan tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Banyak tersebar di Indonesia karena singkong mudah ditanam dan perawatnnya pun cukup mudah. Kandungan karbohidratnya yang tinggi menjadikan singkong menjadi salah satu makanan pokok pengganti nasi dibeberapa wilayah Indonesia. Dengan dibuatnya tepung tapioka dari singkong sehingga singkong bisa dibuat menjadi berbagai macam olahan dari bahan baku tepung tapioka.

Manfaat dan Khasiat Daun Singkong untuk Kesehatan
Singkong memiliki khasiat bisa mencegah penyakit mag. Bagaimana dengan daun singkong?
Belum begitu banyak masyarakat yang tahu mengenai manfaat dan khasiat daun singkong untuk kesehatan. Ada sebagian masyarakat yang masih meremehkan daun singkong karena mereka berfikiran kalu daun singkong itu makanan desa yang tidak bergizi. Padahan daun singkong selain memiliko manfaat buat kesehatan juga enak dibuat masakan asalkan tahu resepnya.

Daun singkong yang belum dimasak rasanya memang pahit dan tidak enak. Tapi Anda harus tahu kalu daun singkong yang sudah dimasak sesuai resepnya bisa bikin ketagihan. Dan ternyata khasiat daun singong yang pertama bahwa daun singkong bisa buat obat stroke. Stroke merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang sudah banyak menyerang para korbannya. Menurut penelitian para ilmuan, daun singkong merupakan salah satu obat yang mampu menyembuhkan penyakit stroke. Hal tersebut dikarenakan daun singkong merupakan jenis dedaunan yang banyak mengandung isoflavon. Kandungan inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi penyakit stroke.

Di dalam daun singkong terkandung vitamin C dengan jumlah yang cukup banyak sehingga dapat membuat daya tubuh meningkat. Oleh karena itu daun singkong dapat membuet seseorang terhindar dari penyakit ringan. Hal tersebut tentunya harus diiringi dengan usaha menjaga kebersihan diri dan juga lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan yang kita makan sehari-hari.

Memakan daun singkong dapat menyehatkan mata. Tidak hanya mengandung vitamin C saja, daun singkong juga mengandung vitamin A yang kita tahu bahwa vitamin tersebut bisa menyehatkan mata. Seperti yang kita ketahui, vitamin A merupakan jenis vitamin yang mampu menjaga kesehatan mata. Caranya hanyalah dengan mengkonsumsi sayur ini secara rutin setidaknya 3 kali dalam satu minggu bisa Andarasakan khasiatnya.

Daun singkong sebagai penyembuh luka dan bisa meminimalisir terbentuknya bekas luka. Daun ini memiliki kandungan serat serta zat besi, yang mana serat dan zat besi sangat bermanfaat sebagai zat yang mamapu mempercepat pengeringan luka. Tentu hal tersebut sangat dibutuhkan sekali karena bekas luka kadang atau bisa mengganggu tingkat percaya diri kita turun.

Dengan mengkonsumsi daun singkong yang direbus dengan pengolahannya menjadi makanan yang tidak mengandung santan memiliki khasiat sebagai obat anti sakit kepala. Dengan menghindari pemakaian santan karena santan merupakan salah satu bahan makanan yang seringkali membuat orang pusing ketika berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Selanjutnya bagi para wanita yang usianya sudah semakin tua sangat dianjurkan memakan daun singkong karena manfaat daun singkong selanjutnya adalah bisa mencegah proses penuaan. Sebenarnya si tidak hanya untuk kaum wanita saja kaum pria pun sama hanya saja wanita yang kebanyakan lebih sering menjaga penampilannya dari pada pria. Saking pentingnya penampilan seorang wanita ada yang sampai rala menjalani operasi plastik dengan biasa yang tidak murah demi penampilan yang diinginkan. Sebetulnya tidak harus begitu karena dengan mengkonsumsi daun singkong bisa membantu mencegah proses penuaan.

Jadi jangan ragu-ragu lagi untuk mengkonsumsi daun singkong, karena makanan yang kaya dengan manfaat dan kesehatan itu bukan makanan yang mahan. Justru makanan yang murah dan yang alamilah yang bayak manfaatnya buat kita semua.

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon