16 Mar 2016

Bahaya Menggunakan Email Gratisan Untuk Bisnis


Sebagai pengguna email baru yang sedang terjun memulai bisnis kecil-kecilan, tentu akan tertarik dengan yang namanya gratisan. Tanpa kita sadari sebenarnya yang gratisan itu tidak baik untuk kedepannya. Ya harus bagaimana lagi kan baru pemula tentunya inginnya menggunakan modal yang kecil namun memperoleh untung yang banyak dari awal mulai suatu bisnis.

Seperti yang sudah disampaikan pada tempo.co bahwa email gratisan sangat rawan dengan aksi peretasan terutama bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Biasanya karena pelaku UMKM belum mahir terhadap pengguna email graisan. Pengguna hanya berfikir yang penting bisa berkomunikasi ke supplier atau konsumen. Padahal dengan memakai email gratisan akan sangat rentan diserang Hacker.

Bahaya Menggunakan Email Gratisan

# Aksi peretasan
Peretasan merupakan aksi mempelajari, menganalisis, memodifikasi, dan menerobos masuk kedalam hanya untuk mencari keuntungan. Jadi aksi peretasan oleh hacker dapat mengancam kelangsungan bisnis Anda. Seperti yang telah diberitakan bahwa belakangan ini mulai banyak aksi peretasan oleh hacker.

# Di bajak
Misalkan email gratisan milik Anda digunakan untuk mengirimkan sebuah pesan pada konsumen yang isinya tentang penagihan membayar sejumlah uang. Padahal email Anda sudah berada ditangan hacker, nantinya kan Anda tidak memperoleh apa-apa dan uang melayang.

Ternyata setahun belakangan ini banyak email yang dibajak jadi Anda harus lebih jeli dan teliti mengelola sebuah email.
Dengan begitu untuk membantu para pelaku UMKM dalam memproteksi emailnya, saat ini Microsoft telah menghadirkan layanan email melalui Office 365 atau Exchange email, yang sebelumnya hanya bisa dinikmati oleh korporasi besar.

"Fitur corporate email yang tadinya hanya bisa dipakai perusahaan besar, mulai sekarang sudah bisa dipakai pelaku UMKM. Solusi ini agar bisa membantu mereka memproteksi emailnya," berdasarkan informasi tempo.co.

Setidaknya dengan sedikit informasi ini Anda menjadi lebih berhati-hati lagi dalam menjalankan bisnisnya melalui email. Jangan sampai bisnis baru Anda mogok di tengan jalan hanya karana hacker yang tidak bertanggung jawab. Dan kalau Anda menggunakan email melalui smartphone mungkin ini bisa menjadi tambahan keamanan Tips Aman Berinternetan Menggunakan Smartphone Android.

Artikel Terkait

Load comments