18 April 2016

Cara Tes Tombol Keyboard Masih Normal atau Tidak Melalui Internet


Anda tahu kalau sebenarnya untuk mengecek tombol keyboard laptop atau komputer bisa kita lakukan melalui internet dan mudah. Nanti kita akan tahu yang sebenarnya apakah masih normal atau malah sudah rusak sebelum sampai memutuskan untuk install software tambahan, apalagi sampai beli sebuah keyboard.

Karana mengecek keyboard melalui Word atau notepad belum tentu efektif bisa mengetahui rudak atau tidaknya, untuk itu kita harus meyakinkan melalui sebuah tool gratis di internet. Kalau sudah tahu mana yang rusak, baru kita selidiki dan servis keyboard pada ahlinya jika Anda tidak bisa membetulkan sendirian.
Jadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menguji tombol keyboard yaitu melalui sebuah website yang menyediakan tool gratis. Yaitu keyboardtester.com yang menyediakan fitur yang berguna untuk cek normal atau tidaknya sebuah keyboard komputer.

Walaupun sebenarnya kita juga bisa tes dengan mengetik langsung pada notepad atau MS Word tetapi kelebihan dari keyboardtester adalah memberikan warna hijau pada setiap tombol ketika ditekan itu tandanya masih berfungsi. Dengan begitu kita bisa dengan mudan mengetahui tombol mana saja yang normal dan rusak.


1. Pertama-tama langsung kita buka situs ini dulu keyboardtester.com, setelah terbuka halamannnya lalu klik tombol Launch the Tester.

Cara Tes Tombol Keyboard

2. Berikutnya silahkan Anda cek semua tombol keyboard, kalau ketika Anda tekan kemudian tombol yang dimaksud pada layar dilingkari warna hijau, itu berarti tombol masih berfungsi dengan benar.
Cara Tes Tombol Keyboard

Untuk memadamkan suara tombol saat kita tekan, caranya Anda klik segi tiga terbalih di samping Monophonic Key Sound Experience kemudian pilih None.

Kenapa Keyboard Berfungsi Tapi Huruf Menjadi Angka?
Contohnya seperti saat kita ketik huruf I malah berubah menjadi angka 5, L menjadi 3 itu karena num lock aktif. Untuk mengatasinya cukup tekan tombol FN dan F11 berbarengan setelah itu cek kembali.

Terdapat Tombol yang Tidak Berfungsi
 Jika Anda menemukan ada tombol yang tidak muncul seperti kriteria di atas tadi, bisa kemungkinan rusak. Kadang itu mungkin hanya karana bawah tombol kotor memang benar-benar hardwarenya rusak.
Namun tidak usah khawatir kalau tidak ingin segera kita perbaiki keyboardnya mungkin Karena belum sempat. Kita bisa melakukan cara mengatasi fungsi tombol keyboard yang rusak, dan itu bisa kita atasi untuk sementara waktu.

semoga dengan melakukan pengetesan seperti yang telah dijelaskan di atas, setidaknya Anda sekarang jadi mengatahui kalau keyboard komputer rusak atau tidak. Dan kalu ternyata ada yang rusak bisa ketahui penyebab laptop tidak berfungsi apakah karena hardware atau bukan. Karena jika hardware rusak maka saat kita tes menggunakan keyboardtester tombol yang kita tekan tidak akan muncul di layar.

Artikel Terkait


Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang bermanfaat baik di dunia teknologi dan info-info bermutu lainnya. "Amin..."


# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon