29 Jun 2016

Resep Cara Membuat Nugget Ayam Yang Lezat


Kamu tahu apa itu Nugget? Nugget merupakan salah satu menu makanan cepat saji serta praktis untuk di buat saat kepentingan mendesak ataupun baik sekali sebagai sarapan pagi. Semua kalangan, terutama anak-anak suka sekali dengan yang namanya nugget, terutama nugget yang berbahan dasar olahan ayam.

Untuk membuat nugget ayam sendiri tidak sesulit gambaran Anda selama ini, karena sebetulnya buat nugget sendiri sangatlah mudah semua bahan yang familiar dan mudah diperoleh di swalayan maupun pasar terdekat. Hal tersebut menjadikan proses membuat nugget jadi lebih praktis, walaupun sekarang ini sangatlah mudah menemukan kemasan ataupun produk-produk olahan cepat saji. Tapi kan kita tidak tahu apakan masakan siap saji yang kita peroleh dari toko menjamin kesehatan konsumen atau tidak. Berbeda kalau buat sendiri dari bahan dan proses pembutannya kita tahu betul, jadi lebih aman dan mantab mengkonsumsi.

Sebelumnya juga masih menjelaskan mengenai nugget namun beda bahan dasar, Anda bisa baca di Cara Membuat Nugget Tahu. Sedangkan dalam kesempatan kali ini pastikan untuk menyiapkan dulu daging ayam, tepung panir, telur dan aneka bahan lain nya yang tentu kita akan membuat nugget ayam bersama-sama dengan mudah dan cepat. Rasanya juga tak jauh berbeda dengan produk kemasan yang sudah ternama di beberapa daerah. Oleh sebab itu bila ada yang lebih sehat dan enak kenapa tak mencoba membuat sendiri? Dan juga menambah wawasan serta ilmu masakan yang baru.



Bahan Nugget Ayam :
2 butir telur ayam
2 siung bawang bombai
7 sendok makan tepung panir
7 sendok makan keju cheddar/parut
½ kg daging ayam
125 susu cair
½   sendok teh merica
½ sendok teh garam
minyak goreng secukupnya

Bahan tambahan :
==============
Tepung panir secukupnya
Telur ayam secukupnya, kocok dan campurkan ke dalam tepung panir

Cara Membuat Nugget Ayam :
1. Cincang halus daging ayam tanpa tulang kemudian diiris tipis juga bawang bombaynya. campurkan keduanya menjadi satu. Aduk hingga mencampur rata.
2. Masukkan tepung panir, keju parut, merica dan garam beserta telurnya, aduk-aduk sampai merata dan menjadi adonan.
3. Letakan adonan di atas piring yang tahan panas, kemudian kukus selama 25 menit menggunakan api sedang. selama kukusan diamkan saja.
4. Setelah itu ambil adonan dari kukusan tersebut  dan dinginkan, selanjutnya tinggal di potong/bentuk sesuai selera. ukuran nya jangan terlalu bersar.
5. Simpan potongan adonan nugget ke dalam lemari es dengan gunakan plastik warp sebelumnya. dinginkan selama kurang lebih 1 jam.
6. Setelah itu ambil potongan yang ingin di masak dan celupkan terlebih dahulu ke dalam campuran tepung panir dan kocokan telur sambil di tekan-tekan agar meresap sampai dalam.
7. Goreng di atas minyak yang banyak menggunakan wajan dengan api kecil hingga matang berwarna kuning kecoklatan sambil dibolak balik.
8. Selesai,,,Hidangkan selagi masih hangat biar mantab.

Penutup,
Sekian informasi cara membuet nugget ayam yang lezat, dari pengalaman saya sampaikan di atas tadi semoga menambah silaturohmi dengan ilmu yang bermanfaat. Sekali lagi selaman mencoba dan menikmati hasil masakan sendiri di rumah masing-masing.

Artikel Terkait

Load comments