12 Jun 2016

Resep Cara Membuat Onde-Onde Ketawa atau Onde-Onde Mini


Membuat Onde-Onde Ketawa

Onde-onde ketawa atau onde-onde mini atau juga kalau orang Jawa mengatakan onde-onde Mlethek karena bentuknya yang sebagian terbuka retak. Dengan bentuknya yang merekah mirip seperti orang ketawa maka terkenalnya di Indonesia menyebutnya sebagai onde-onde ketawa.

Tahukah Kamu Asal Mula Onde Onde yang satu ini
Memang kalau bertanya sejak kapan onde onde ini diperkenalkan di Indonesia karena belum ada catatan dan juga sumbernya yang mengetahui. Namun yang kita ketahui saat ini bahwa onde onde sendiri seudah menjadi salah satu makanan tradisional khas Indonesia walaupun asalnya bukan dari Indonesia.

Katanya atau menurut informasi yang diperoleh kalau onde onde adalah awalnya makanan khas Tiongkok pada saat zaman dinasti Tang. Jadi makanan tersebut menjaid kue resmi di daerah Xian, kalau disana disebut ‘Leudi’. Lalu untuk penyebarannya dikarenakan dulu para pengembara Tiongkok selalu membawa makanan tersebut sebagai bekalnya dalam perjalanan sampai ke daerah selatan Cina, maka berkembanlah hingga ke Asia Timur dan juga Tenggara.

Onde-onde di Indonesia pada umumnya bentuknya bulat, warnanya cokelat yang berlapiskan taburan wijen disebut sebagai onde onde ketawa. Maka untuk lebih jelasnya pahami resep pembatannya sepeti apa sebagai berikut.

Bahan :
1. 1 ¼ kg tepung terigu
2. 5 butir telur
3. ½ kg gula pasir
4. 1 sendok teh peres soda kue
5. 2 bungkus vanilli
6. 3 ons wijen
7. 3 ons mentega cair
8. 1 sendok teh garam
9. Minyak goring secukupnya

Alat :
• Baskom
• Mikser
• Tampah
• Kompor/pemanas
• Wajan beserta susuk dan serok

Cara membuatnya :
1. Pertama-tama kita ambil  wijen untuk direndam dulu di dalam air kemudian ditiriskan
2. Selanjutnya mentega kita cairkan dulu lalu didinginkan
3. Kocoklah telur, gula, vanilli dan garam hingga semuanya larut tercampur menjadi satu
4. Berikutnya campur tepung terigu dan soda kue sambil diayak kemudian dimasukkan ke dalam adonan telur yang tadi, dan diuleni atau dicampur sampai menjadi adonan yang bagus
5. Kalau adonannya sudah jadi tinggal bentuk menjadi bulat sebesar kelereng
6. Taruhlah wijen kedalam tampah secara menyebar
7. Masukkan bulatan-bulatan bahan onde-onde ketawa ke dalam tampah yang sudah ditaburi wijen tadi untuk diputar supaya melekat
8. Terakhir Onde-Onde Ketawa atau Onde-Onde Mini siap digoreng hingga matang
Baca juga : Resep Cara Membuat Keripik Tahu Pong

Ok selamat mencoba resep onde-onde ketawa / mini / mlethek semoga membantu Anda dirumah yang suka membuat berbagai macam kue, baik untuk hari biasa ataupun hari raya. Kalau bermanfaat jangan lupa resep ini dibagikan ke social media agar teman-teman Anda bisa mencobanya juga.

Artikel Terkait

Load comments