Resep Membuat Gula Kacang (Ampyang Kacang) yang Enak

Gula Kacang atau ada yang mengatakan Ampyang Kacang merupakan salah satu hasil olahan yang cukup menonjol rasa gula merahnya yang enak. Hal tersebut dikarenakan kacang dikelilingi oleh adonan gula. Selain menjadi makanan di rumah, ternyata gula kacang juga menjadi jajanan yang telah populer sehingga mudah kita dapatkan di toko-toko baik dalam skala usaha kecil maupun besar.

Kalian pastinya juga pernah menjumpai di toko jajanan di kota Anda yang namanya gula kacang tersebut. Memang si ini merupakan makanan tradisional, namun dengan kepopulerannya yang terus turun temurun menjadikan gula kacang tetap bertahan sampai saat ini. Caranya cukup mudah untuk Anda coba dirumah, dan berikut apa saja yang harus dipersiapkan sebelum membuat gula kacang.

Resep Membuat Gula Kacang

Bahan :
1. Kacang tanah 1 kg
2. Gula pasir 1/2 kg
3. Gula kelapa/gula merah 1/2 kg
4. Air jahe dari jahe sebesar ibu jari
5. Dan yang terakhir adalah air secukupnya

Cara membuatnya :
- Pertama-tama kacang tanah disangrai dulu hingga matang.
- Berikutnya gula pasir, gula kelapa, air jahe, dan air bersih secukuonya direbus hingga kental.
- Lalu masukkan kacang tanah kedalam rebusan yang tadi sambil diaduk-aduk. Ingat pada saat memasukkan kacang tanah api kompor dikecilkan.
- Yang terakhir adonan siap dicetak dengan cara mengambilnya dengan sendok kemudian tuangkan dalam cetakan sesuai bentuk yang Anda inginkan. Kalau jaman dulu untuk mencatak gula kacang menjadi bulat menggunakan potongan bambu yang diletakkan pada nyiru (tampah).
- Setelah dicetak semuanya diamkan dulu hingga mengering baru disimpan dalam toples.

Baca juga : Resep Cara Membuat Onde-Onde Ketawa atau Onde-Onde Mini

Demikianlah caranya membuat Gula Kacang atau Ampyang Kacang yang enak dan renyah untuk cemilan dirumah. Atau bahkan kalau Anda sudah mahir dan merasa hasilnya memuaskan dalam pembuatannya maka bisa diprodiksikan, siapa tahu banyak yang mau beli.