21 Jul 2016

Ini Dia 5 Cara Mengatasi Ponsel yang Basah Akibat Terkena Air


Sobat pasti tahu bahwa musuh alami dari barang elektronik adalah air. Kasus sebuah gadget rusak akibat basah karena terkena air bukanlah hal langka dan bisa terjadi pada ponsel siapa saja.

Walau suatu saat kamu telah berkata tidak akan pernah sekalipun membawa ponsel ke pantai atau kolam renang, namun dilain waktu bisa saja kamu secara tidak sengaja terjebak hujan lebat di tengah jalan dan ponsel kamu terkena cipratan air hujan. Lebih parahnya lagi ketika berjalan di pinggir jalan yang ada comberannya namun ada mobil yang melintas di samping kamu.
Cara Mengatasi Ponsel yang Basah

Ketika ponsel kita sudah basah terkena air dan tidak bisa dinyalakan lagi, Anda tak perlu buru-buru ke service center untuk memperbaiki. Jangan pula menjemurnya karena kenapa? Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen tertentu. Untuk itu berikut ini lima langkah mudah cara mengatasi ponsel basah.

Cara Mengatasi Ponsel yang Basah

1. Segera Matikan Ponsel
Ketika ponsel Anda terendam air, segera ambil dan matikan ponsel tersebut. Kalau kasusnya kehujanan atau kecipratan, cepat lap sekadarnya dan amankan ke tempat kering. Makin lama ponsel terendam, makin tinggi pula kemungkinan seluruh komponen ponsel terkena air dan akan makin susah untuk dikeringkan.

2. Copot Seluruh Komponen
Setelah ponsel dimatikan dan dilap sekadarnya, saatnya untuk melepas seluruh komponen ponsel yang bisa dicopot. Seperti: cabut baterai bila bisa, kartu SIM, kartu memori, casing, dan lainnya. Usap masing-masing komponen usahakan dengan handuk kering atau kain pengering yang lain.

3. Siapkan Beras untuk Rendam Ponsel
Anda tak perlu menjemur seluruh komponen untuk mengeringkan ponsel secara total. Ambil saja beras secukupnya misalnya sebanyak volume toples kecil untuk mengubur seluruh komponen ponsel.
Masukkan ponsel ke dalam beras di toples tersebut, kemudian tutup rapat dan simpan di dalam lemari minimal 12 jam. Pastikan seluruh komponen terkubur di dalam beras. Kenapa harus beras? Karena beras tergolong efektif menyerap embun air.

4. Mulai Isi Daya Baterai Ponsel
Setelah 12 jam, ambil toples dan keluarkan seluruh komponen ponsel. Gabungkan semua komponen termasuk baterai, namun jangan langsung dinyalakan. Isi dulu daya baterai ponsel Anda hingga terisi penuh.

5. Hidupkan dan Periksa Fungsi-Fungsi Ponsel
Setelah baterai penuh, barulah Anda mulai hidupkan ponsel. Periksa berbagai fitur ponsel, termasuk suara dan kinerja aplikasi. Cara ini umumnya berhasil mengembalikan ponsel yang terendam air, namun bila tetap rusak, mau tidak mau Anda harus membawa ponsel ke service center.

Baca juga : Cara Membersihkan Lensa Kamera HP yang Buram

Nah, itu dia 5 cara mengatasi ponsel yang basah akibat terkena air yang bisa saya sampaikan. Semoga memberi pengalaman baru buat Anda sekalian, dan jangan lupa bagikan artikel ini bila bermanfaat.

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon