12 Feb 2017

5 Aplikasi Android yang Dapat Dijadikan Remote TV


Semakin bertambahnya pengguna smartphone Android, tentu beriringan juga dengan fitur tambahan yang baru. Seperti adanya aplikasi Remote Control untuk TV yang bisa kita pasangkan di android akan menjadi kelebihan tersendiri smartphone yang anda miliki. Tapi apakah semua jenis smartphone support aplikasi remote TV? Jawabannya tidak.

 Aplikasi Android yang Dapat Dijadikan Remote TV
➧Baca juga : Antivirus Android Terbaik dan Gratis

Tidak semua smartphone bisa dimanfaatkan sebagai remote control TV, atau bahkan remote control universal yang bisa terhubung dengan perangkat elektronik apapun. Ada satu syarat supaya smartphone anda bisa dipakai buat remote TV dan juga mengontrol perangkat elektronik yang lain seperti DVD, AC, dan lainnya.

Pernahkah remote control yang biasanya dipakai untuk memindah channel dari jarak jauh tiba-tiba tidak berfungsi lagi, pastinya kesal. Kadang hanya karena baterainya yang sudah habis dayanya sehingga remote tidak berfungsi, lha kalau rusak? Mungkin kalau kita memiliki sebuah smartphone android masih bisa menggunakan satu aplikasi yang dapat dijadikan sebagai remote control, seperti berikut ini.

Syarat utama Smartphone Android bisa digunakan sebagai remote TV
Supaya sebuah smartphone mampu menjadi remote control universal, perangkat tersebut harus sudah ada fitur IR Blaster (infrared blaster).

Untuk mengetahui adanya fitur IR Blaster pada ponsel anda, carilah sebuah benda kecil berwarna hitam yang biasanya berada di sisi atas perangkat. Jika tidak ditemukan, mungkin tersembunyi karena ada beberapa vendor yang menyembunyikan alat tersebut. Adapun perangkat yang sudah jelas adanya IR Blaster seperti Samsung Galaxy S6, Samsung Galaxy Note Edge, LG G4, Oppo Mirror 5, ZTE Nubia Z9, HTC One ME, dan yang lainnya.

5 Aplikasi Remote Control untuk Android

1. Animote Universal Remote (Smart IR Remote)
 Aplikasi Android yang Dapat Dijadikan Remote TV

Aplikasi ini bisa dikatakan sebagai remote pintar sesuai namanya Smarti IR Remote. Selain dapat digunakan untuk remote TV, aplikasi ini juga mampu mengirimkan sinyal infrared ke DVD, Player, BlueRay, dan AC. Jadi aplikasi ini mampu mengatur berbagai jenis alat elektronik tak hanya televisi.

2. Google Cast (Chromecast)
Aplikasi ini dibesut oleh perusahaan teknologi raksasa yakni Google. Aplikasi ini selain dapat mengontrol perangkat Chromecast, juga dapat digunakan untuk mengontrol channel TV biasa dengan mudah. Anda bisa dapatkan aplikasi tersebut di Play Store.

3. LG TV Remote
 Aplikasi Android yang Dapat Dijadikan Remote TV

Sesuai namanya sudah jelas ini adalah keluaran dari LG, meski demikian selain smarphone tersebut seperti Samsung masih tetap bisa menginstall aplikasi ini untuk sebuah remote TV. Yang menarik dari aplikasi yang satu ini yaitu adanya fitur mini TV, itu artinya kita bisa menonton televise melalui smartphone atau tablet.

4. Twinone IR Remote
Twinone IR Remote juga termasuk dalam aplikasi Remote TV Android terbaik. Yang menjadikan aplikasi ini begitu populer adalah tampilannya yang simple dan mudah dioperasikan. Akan tetapi, ada sedikit para pengguna aplikasi ini yang mengeluhkan jika pengarutan volume TV dengan aplikasi ini cukup sulit.

5. Unified Remote Full
Jika kalian dirumah menggunakan Home Theatr PC, pas banget menggunakan aplikasi Unified Remote Full, hanya saja aplikasi ini tidak gratis. Adapun kelebihannya dari aplikasi ini dapat mengatur komputer Windows, Mac, dan Linux. Dengan bantuan aplikasi ini anda bisa menonton televisi melalui komputer.
Kekurangannya dari aplikasi Unified Remote Full yang pertama adalah aplikasi ini berbayar, berikutnya bahwa aplikasi ini tidak dapat mengatur sejumpah merk televisi seperti Polytron, Thosiba, karena ini diperuntukkan untuk Windows, Mac, dan Linux.

➧Baca juga : Cara Mengunci Aplikasi Android Supaya Aman
Itulah lima aplikasi android buat remote TV, mudah-mudahan anda dapat menemukannya di Play Store atau di situs penyedia aplikasi android yang lainnya.

2 komentar

Wah HP saya tidak memenuhi syarat bisa buat remote, canggih juga ya, kalau beli harus yang ada infared blasternya ni.

Ia mas Agus, betul sekali.

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon