19 Apr 2018

Cara Menangani Penyakit Diabetes Melitus (Kencing Manis)


Penyakit diabetes mellitus atau dikenal sebagai sakit ‘’kencing manis’’ adalah jenis penyakit berbahaya, bila sudah berada dalam taraf tertentu. Sebab bila diabaikan bisa memicu sakit jantung hingga kebutaan permanen. Jika kadar gula dalam darah tinggi bisa mengalir ke jantung hingga naik dan menyumbat saraf mata.

Disebabkan oleh keanehan pada sistem metabolisme, di mana insulin tidak mampu berkerja dengan baik, sehingga terjadi peningkatan gula darah yang berlebihan secara dratis dan sistematis. Disebut pula sebagai kencing manis, karena air seni yang dikeluarkan jika dibiarkan sedikit lama langsung dikerubuti semut. Para penderita ini sering merasa haus dan lemas tak bertenaga.

Seumur hidunya para penderita penyakit tersebut dianjurkan untuk selalu bersikap hati-hati. Terutama menjaga pola makannya. Selain itu terus memantau kesehatan dan rutin melakukan cek kadar gula dalam darah.

Namun bukan berarti menderita sakit ini menjadi akhir segalanya. Anda tetap masih bisa bebas menikmati hidup sama seperti yang lain . Asal tetap bisa menjaga diri dan terus memerhatikan kesehatan, Anda tidak akan mendapat masalah.

mengatasi penyakit diabetes melitus

Cara menangani penyakit ada beberapa cara yaitu :

  • Suntikan Insulin
Jika Anda memang telah terdeteksi secara akut, maka menyediakan alat suntik di rumah adalah sebuah keharusan. Agar setiap saat bisa mengecek kesehatan sendiri tanpa bantuan tenaga medis.

  • Minum Obat
Jika ingin sehat salah satu vonis yang harus diterima oleh penderita adalah harus mau secara teratur minum obat, tidak boleh tidak.

  • Olahraga
Olahraga untuk pederita penyakit diabetes mellitus harus berada dalam pengawasan dokter. Tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Tidak seperti pada mereka yang dalam hidup tak punya keluhan sakit apapun yang berarti.

  • Menghindari Jenis Makanan Tertentu
Seperti makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan kadar gula tinggi, misalnya : nasi putih, gula tebu dan sebagainya
Adapun jenis makanan dan minuman yang masih diperbolehkan dan sangat dianjurkan sekali adalah seperti berikut ini :

- Nasi merah, kentang panggang, jagung atau umbi-umbian yang direbus dan dibakar, outmeal, roti gandum, dan sereal
- Gula buatan dan pemanis buatan yang rendah kalori dan mengandung kromium untuk meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh.
- Daging tanpa lemak dan sayuran yang dikukus, direbus, dipanggang atau dibakar.
- Buah yang dijus tapi tanpa gula sebagai pemanis.
- Kacang-kacangan, tahu yang dikukus, dibuat sup.
- Olahan produk susu rendah lemak dan telur.
- Ikan tuna, salmon, sarden dan makarel.
Baca juga : 7 Penyakit Berbahaya Kerena Air Tercemar

Menderita sakit tersebut bukan masalah. Tapi cara Anda menyikapi dan menjaga kesehatan diri sendirilah yang menjadi juru penyelamat. Jadi tetaplah semangat dan berbahagia.

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon