5 Jul 2018

Cara Bungkam Seluruh Anggota Grup WhatsApp (Khusus Admin)


WhatsApp sebagai aplikasi anakan dari induknya yaitu Facebook selalu mengembangkan fitur terbarunya, yang saya ketahui mulai dari dapat buat Story, menghapus pesan hingga yang akan dibahas kali ini pada sebuah Grup. Sebuah komunitas saat ini biasanya selalu ada grup di WhatsApp supaya memudahkan antar anggota untuk saling sharing info terbaru dari mereka.

Dan biasanya suatu grup akan ramai ketika membahas diluar topik pembahasan, mungkin kerena saking banyaknya pengguna grup di WhasApp, Facebook mau memberikan fitur baru supaya suasana Grup lebih kondusif. Fitur baru yang mampu membungkam seluruh angota grup WhatsApp ini telah dirilis sejak akhir tahun 2017 dan sudah mulai bisa digunakan di Indonesia.

Meski sudah menjadi anggota grup, namun hanya Admin grup lah yang bisa menyetel dan mengunakan fitur tersebut. Sesudah fitur ini diaktifkan oleh admin seluruh anggota grup kecuali admin hanya dapat menyimak pesan dan yang dapat membuat pesan hanya Admin. Menurut kalian kalau fitur tersebut diaktifkan terus, kira-kira cocoknya buat grup apa ya..?

Baca juga : Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus oleh Pengirim

Cara Aktifkan Fitur Bungkam Anggota Grup WhatsApp

Sekali lagi hanya admin grup yang bisa melakukan pengaturan ini, kalian para admin juga bisa memanfaatkan fitur ini ketika ada banyak anggota grup pada rusuh.

1. Buka Grup WhatsApp
2. Setelan Grup
3. Kirim Pesan
4. Pilih  "Hanya Admin"

fitur baru whatsapp

Note : Jika fitur atau menu pengeturan belum ada, coba update aplikasi WhatsApp dahulu.

Setelah diset “Hanya Admin” Dibagian bawah grup akan ada notifikasi bahwa hanya admin yang bisa mengirim pesan. Maka anggota grup tidak dapat mengirim pesan ke dalam grup. Namun anggota grup masih dapat mengirim pesan pribadi ke admin grup tersebut.

Seperti yang sudah saya katakan di atas, Menu pengaturan ini juga dapat dimanfaatkan kalau grup terlalu ramai dengan pesan yang tidak bermanfaat ataupun sedang ada kekacauan di dalam grup yang kalian kelola. Jika keadaan sudah membaik maka admin bisa menyalakan kembali fitur kirim pesan untuk anggota grup seperti sedia kala.

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon