30 Jul 2018

Trik Mudah Mengatasi Tidur Mendengkur


Tidur mendengkur atau ngorok itu sangat mengganggu sekali orang-orang di sekitarnya. Bayangkanlah jika suami atau istri Anda yang tidur di sampingnya dan Anda melakukan hal tersebut alias ngorok. Kesal dan jengkel pasti, sebab kenyamanan saat istirahat menjadi terganggu.

Bahwasanya setiap orang menarik dan mengeluarkan nafasnya melalui hidung sebanyak 28 kali untuk tiap harimya, ini merupakan berdasarkan proses metabolisme tubuh. Hal tersebut dikarnakan adanya beberapa sensor syaraf yang langsung terhubung dengan otak. Jadi apa hubungannya dengan mendengkur?

Apakah kalian sudah tahu, pada saat seseorang mendengkur itu dikarenakan udara yang dihirup melalui hidung dan mulut terhalang dengan adanya penyempitan saluran udara, sehingga menghasilkan suatu bunyi yang keras.

Tidur mendengkur terjadi disebabkan dari berbagai hal, tergantung dari penyebabnya.

- Dari Mulut
Lidah yang tertekuk ke belakang sehingga mulut menjadi terbuka.

- Dari Hidung
Disebabkan gangguan kesehatan di pernapasan. Seperti hidung yang tersumbat oleh lendir atau dahak saat batuk.

- Dari Tenggorokan
Tenggorokan yang tiba-tiba menyempit sebab sedang sakit dapat menjadi pemicu terjadinya mengorok.

tips atasi tidur ngorok

Ada beberapa faktor mengapa seseorang tidur mendengkur, misalnya :

- Kelebihan Berat Badan
Kelebihan berat badan di samping kurang nyaman dalam penampilan dan saat berjalan, juga menyebabkan tidur mendengkur.

- Usia
Menurut penelitan faktor usia dianggap pula sebagai salah satu pencetus terjadinya mendengkur. Semakin berumur semakin orang akan mengalami ini.

- Jenis Kelamin Dan Keturunan
Pada umumnya ini menyerang mereka yang berjenis kelamin laki-laki. Selain itu pula faktor keturunan. Jika Anda mempunyai riwayat dalam keluarga tidur mendengkur.

- Indikasi Timbulnya Gejala Penyakit Tertentu
Bila hal ini terjadi pada Anda, waspadalah. Sebab bisa jadi itu adalah indikasi atau gejala awal Anda terserang penyakit tertentu misalnya sakit jantung dan THT. Karena itu tiada salahnya Anda memeriksakan diri ke dokter.
Berapa cara di bawah ini dapat Anda coba terapkan untuk mengatasi.

- Ubah Posisi Tidur
Mengubah posisi tidur adalah cara yang paling efektif dan efisien. Letakkan bantal sama rata antara kepala dan punggung bila tidur terlentang. Tangan diletakkan lurus sejajar dengan badan dan rilekslah. Jika harus miring maka usahakan tubuh tetap lurus. Dan usahakan untuk menutup mulut saat sudah tidur.

- Menurunkan Berat Badan
Badan yang ringan dan prosposional di samping nyaman dirasakan juga akan terhindar dari timbunan lemak. Di mana itu dapat menghalangi pernapasan, sehingga membuat tidur menjadi mendengkur.

- Olahraga Teratur
Selalu rutin olahraga setiap hari, membakar lemak yang menumpuk ditubuh juga melatih otot-otot pernapasan. Akan membuat tidur rileks di malam hari, sebab badan terasa ringan tidak merasa terbebani.

- Tidak Merokok Dan Mengonsumsi Minuman Beralkohol
Dua hal tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan.

- Periksa Kesehatan
Seperti telah dibicarakan di atas tentang pemicu tidur mendengkur, sebaiknya mengecek kesehatan juga penting Anda lakukan. Agar jika terdeteksi suatu penyakit dapat diobati sesegera mungkin tidak terlambat.

Baca juga : Hal-Hal yang Membuat Bangun Tidur Kesiangan

Menghindari dan mencegah serta peduli sedari awal tentang kesehatan itu penting. Supaya tidak menyesal nantinya sebab meremehkan hal sepele. Termasuk juga dengan tidur mendengkur ini.

Artikel Terkait

Load comments