8 Agt 2018

8 Galaksi Paling Fenomenal dan Menakjubkan yang Ada Di Alam Semesta


Galaksi adalah suatu sistem yang terdiri dari bintang, debu, dan gas yang amat luas, di mana anggotanya memiliki gaya tarik menarik (gravitasi). Suatu galaksi pada umunya akan terdiri dari miliaran bintang yang mempunyai warna, ukuran, dan karateristik yang sangat beraneka ragam. Misalnya galaksi Andromeda dan galaksi Bima Sakti.

Tanpa berbicara pancang lebar, dan berikut bisa kalian simak lebih lanjut delapan galaksi paling terkenal dan menakjubkan di publik.

1] Galaksi Andromeda

galaksi paling fenomenal

Ini adalah jenis galaksi yang jaraknya paling dekat dengan bumi, kira-kira 780 kiloparsec (2.5 juta tahun cahaya; 2.4 x 1019 km) dari bumi. Hanya berjarak sekitar 2 juta tahun cahaya sehingga dapat dilahat hanya dengan mata telanjang. Galaksi tersebut dikenal dengan bentuknya yang spiral dan mirip dengan galaksi Bima Sakti.

2] Galaksi Mata Hitam

galaksi paling indah sedunia

Galaksi ini memiliki piringan gelap spektakuler seperti menyerap debu dan memiliki inti terang, sehingga mempunyai julukan “Black Eye”. Sangat terkenal di kalangan para astronom sebab dapat dideteksi dengan alat teleskop mungil. Terletak di konstelasi the Coma Berenices.

3] Galaksi Hoag’s Object


Dikenal dengan galaksi cincin yang ditemukan kali pertama oleh Arthur Allen Hoagh pada tahun 1550. Diidentifikasi sebagai planetary nebula atau galaksi khas dengan delapan miliar bintang. Sebuah cincin terbentuk hampir sempurna dari bintang-bintang biru panas mengelilingi inti kuning. Berjarak sekitar 600 juta tahun cahaya.

4] Galaksi Sombrero

image: https://pixabay.com

Dikenal pula sebagai Messier Object adalah sebuah galaksi berbentuk spiral. Terletak di antara konstepelasi Virgo berjarak sekitar 28 juta tahun cahaya dari bumi. Memiliki inti yang sangat cerah dengan tonjolan luar biasa besar di tengahnya yang diperkirakan supermasif. Di sekitarnya dikelilingi semacam debu.

5] Galaksi The Rose

image: https://pxhere.com

Tergolong jenis galaksi spiral. Memiliki piringan yang terdirstrorsi menjadi bentuk seperti mawar. Ini disebabkan adanya tarikan gravitasi dari galaksi pendamping di dekatnya.

6] Galaksi Hercules


Terletak dikontepelasi Herculles mempunyai lubang besar hitam yang terkenal terbesar. 1000 kali dari galaksi Bima Sakti.

7] Galaksi Tadpole


Jenis galaksi spiral yang terletak 420 juta tahun cahaya dari bumi ke arah konstelasi Draco. Mempunyai jejak bintang yang sangat panjang sekitar 280. 000 tahun cahaya, besar-besar membentuk gugus bintang biru terang.

8] Galaksi Arp 87

image: https://wikimedia.org

Adalah sepasang galaksi NGC (3808A) yang berinteraksi dengan NGC 3808B, terletak sekitar 300 juta tahun cahaya dari bumi dengan konstelasi Leo. Merupakan galaksi menakjubkan yang terdiri dari : bintang, gas, dan aliran debu dari galaksi spiral yang besar, membentuk galaksi didekatnya. Bentuk dari keduanya telah terdirstorsi oleh interaksi gravitasi.

Baca juga : Mencintai Alam dan Lingkungan

Banyak galaksi yang indah, namun hanya tujuh saja yang paling fenomenal dan familiar. Dikenal terutama di kalangan para astronom. Yang menjelajahi ruang angkasa.

# Komentar mengandung sp*m akan dihapus
# I'm sorry active links will be deleted, thanks.

EmoticonEmoticon