6 Agu 2018

Mengatasi Insomnia Menurut Ajaran Islam


Imsomnia atau gangguan masalah tidur dan bisa menyerang siapa saja. Orang dengan tingkat kesibukan tinggi misalnya berkerja dan sedang mempunyai masalah berat. Sangat rentan mengalami. Saat malam hari misalnya adalah waktu di mana orang harus tidur. Mengistirahatkan tubuh dan pikiran setelah seharian berkerja. Dipaksa masih menyelesaikan pekerjaan. Atau bagi mereka yang tengah menghadapi suatu masalah.

Secara otomatis pikiran menjadi terganggu. Karena memikirkan sesuatu yang semestinya dapat dikerjakan pada siang hari, mendadak malam hari tetap berkerja. Ini adalah kondisi yang kurang nyaman dan memicu rasa kantuk menjadi hilang.

Menurut ajaran Islam, insomnia dapat diatasi tanpa harus menggunakan obat-obat penenang seperti obat tidur. Di samping menimbulkan efek samping kelak di kemudian hari, juga dapat menyebabkan sebuah ketergantungan. Jadi sangat tidak bagus bila dilakukan.

Dan di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda contek bila sedang mengalami masalah gangguan tidur atau insomnia.

1] Berusaha Tenang

tips atasi insomnia

Berusaha tenang di sini adalah Anda harus bisa mengontrol emosi, ketika dihadapkan pada setumpuk masalah dan beban kerja. Apapun itu sedapat mungkin harus cepat diselesaikan dan jangan ditunda. Sehingga berdampak kala akan beristirahat di malam hari.

2] Susun Prioritas

Anda dapat membuat daftar cepat tentang apa yang tengah terjadi pada hari itu. Mencatat semua yang ada, dari masalah remeh temeh yang mudah diselesaikan hingga yang berat menuntut tanggung-jawab lebih. Susun prioritas mana yang semestinya didahulukan dan nanti. Lalu sigap dikerjakan dengan baik.

3] Tetapkan Target

Setelah menentukan jenis masalah yang dihadapi, yang kedua adalah tentang menetapkan target. Agar bisa terselesaikan dengan baik, pilih yang benar-benar menuntut Anda paling sulit dikerjakan. Kemudian atur strategi untuk mengerjakan.

4] Sesuaikan Realita

Terkadang kita lupa batasan antara kemampuan dan keinginan dalam diri sendiri. Boleh saja mempunyai angan ingin bisa megerjakan dan memiliki semua. Akan tetapi kita juga mempunyai keterbatasan dan kekurangan. Menyadari ini sedari awal akan terhindar dari pikiran-pikiran buruk. Bahwa tubuh juga membutuhkan istirahat.

5] Berdzikir

Berdzikir sangat mudah dilakukan di samping Anda shalat dan membaca AL Qur’an menjelang tidur. Mulut yang terus bergumam menyebut nama Alloh, lambat laun akan tertutup sendiri seiring mata yang terpejam.

➧ Baca juga : 4 Penyebab Orang Dilarang Percaya Zodiak Menurut Hukum Islam

Tidak ada yang perlu dikejar dalam hidup, andai Anda jadi orang pasrah, Iklas dan mau menerima keadaan dan ketentuan Allah. Insomnia menyebabkan seseorang didekati jin pada saat hendak tidur. Sebab pikiran yang ruwet dan tubuh yang lelah menjadi kesenangan mereka. Akibatnya orang sering mengigau, berteriak-teriak saat tidur. Berusahalah menghilangkan semua masalah yang dihadapi saat akan istirahat di malam hari.

Artikel Terkait

Load comments