4 Tips Jitu Menghemat Pengeluaran Saat Liburan


Banyak orang mengeluhkan bahwa liburan merupakan aktifitas yang hanya membuang-buang uang saja. Memang sih pada dasarnya liburan membutuhkan yang namanya uang. Dan uang tersebut tidak digunakan untuk yang macam-macam kok. Uang tersebut hanya digunakan untuk keperluan saat liburan saja. Namun mengapa di luaran sana ada banyak sekali orang yang mengeluhkan aktifitas liburan? Mengapa mereka menganggap bahwa liburan merupakan aktifitas yang hanya membuang-buang uang saja?

Hal ini dikarenakan mereka belum memiliki persiapan khusus ketika akan melakukan liburan. Mereka juga sering sekali membawa uang dalam jumlah yang sangat banyak tanpa tahu apa tujuan mereka membawa uang yang banyak tersebut. Alhasil uang mereka banyak habis untuk hal-hal yang tidak jelas. Bagi anda yang sering mengalami masalah ini tidak usah khawatir. Karena pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang 4 Tips Jitu Menghemat Pengeluaran Saat Liburan. Penasaran apa saja tipsnya? Mari kita simak ulasan selengkapnya!

1. Tulislah Anggaran Apa Saja yang Dibutuhkan Saat Liburan Nantinya


Tips pertama yang harus anda lakukan untuk menghemat pengeluaran saat liburan yaitu dengan menulis anggaran apa saja yang sekiranya dibutuhkan saat liburan nantinya. Tips ini sangat penting untuk dilakukan agar anda dapat mengetahui pengeluaran apa saja yang sekiranya nantinya harus dikeluarkan. Misalnya jika anda ingin liburan ke Jepang. Nah, anda harus bisa menuliskan biaya ongkos untuk pergi ke Jepang, biaya akomodasi, biaya penginapan, dan biaya yang lain. Hal ini dilakukan agar keuangan anda dapat terjaga dengan teratur karena anda sudah mengetahui pengeluaran apa saja yang nantinya harus anda keluarkan.

Banyak orang di luaran sana sering keliru dan tidak mengetahui tips ini. Maka dari itu sangat beruntunglah bagi anda semua yang membaca tulisan ini karena anda mendapatkan edukasi yang sangat pas tentang liburan. Karena liburan tidak hanya sekedar refreshing saja, tetapi pengelolaan keuangan yang teratur juga. Jangan hanya karena liburan keuangan anda jadi berantakan. Perlu diketahui bahwa mencari uang itu susah.

Maka dari itu anda harus bisa menghargai yang namanya uang dengan sebaik-baiknya agar uang dapat bersahabat baik dengan anda. Jika anda bisa menerapkan tips yang pertama ini dengan baik, maka selamat anda sudah selangkah lebih maju dalam menghemat pengeluaran saat liburan.

tips menghemat pengeluaran liburan
 

2. Gunakan Transportasi yang Aman dan Juga Murah


Tips kedua yang harus anda lakukan untuk menghemat pengeluaran saat liburan yaitu dengan menggunakan transportasi yang aman dan juga murah. Mungkin anda bertanya-tanya, mana ada transportasi yang aman dan juga murah? Jawabannya ada asal anda mau mencarinya. Liburan tidak harus menggunakan pesawat maupun kendaraan mewah yang lainnya. Jangan pernah menyiksa diri untuk naik kendaraan yang mewah. Sesuaikanlah keuangan anda dengan kendaraan yang akan anda naiki nantinya dan jangan lupa terebih dahulu memilih Jasa Travel yang Aman.

Jika liburan anda tidak terlalu jauh, anda bisa kok pergi dengan mengendarai bus. Hal ini dilakukan agar uang yang akan anda habiskan untuk pergi ke lokasi wisata tidak terlalu banyak. Tak hanya itu saja, keselamatan anda nantinya juga akan terjaga dengan sempurna. Namun jika anda malas untuk mengendarai bus, anda juga bisa pergi ke lokasi wisata dengan mengendarai kendaraan pribadi.

Ya itu semua tergantung pada pilihan anda masing-masing. Mau naik apapun yang penting anda harus senantiasa memikirkan untuk menggunakan transportasi yang aman dan juga murah. Sesuaikanlah keuangan anda dengan kendaraan yang akan anda gunakan untuk liburan. Hal ini dilakukan agar anda bisa menghemat pengeluaran saat liburan. Jadi, anda tidak perlu lagi memikirkan berapa banyak uang yang harus anda habiskan untuk liburan.

pilih transportasi yang murah dan aman


3. Jangan Membeli Sesuatu yang Tidak Ada Pentingnya Sama Sekali


Kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh banyak orang ketika liburan yaitu mereka terlalu sering membeli barang-barang yang sebenarnya mereka sendiri sedang tidak membutuhkannya. Tidak hanya itu saja, mereka juga sering membelinya dalam jumlah yang sangat berlebihan. Alhasil barang-barang tersebut pun tidak digunakan dan hanya dijadikan pajangan saja ketika kembali ke rumah. Hal ini tentunya sangat disayangkan jika dilakukan karena sejatinya barang-barang yang dibeli tersebut dibeli dengan menggunakan uang.

Jika barang-barang yang dibeli tidak ada fungsinya sama sekali maka uang yang akan anda habiskan akan terasa sangat sia-sia nantinya. Oleh karenanya jika anda tidak ingin hal tersebut terjadi, usahakanhlah untuk tidak membeli sesuatu yang tidak ada pentingnya sama sekali. Belilah barang-barang yang memang sedang anda butuhkan. Apalagi ketika membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang kerumah jangan terlalu berlebihan. Belilah yang sekiranya anda suka dan belilah dalam jumlah yang wajar.

Membeli oleh-oleh memang tidak ada salahnya. Namun perhatikan juga bahwa tujuan anda liburan itu untuk refreshing dan juga bersenang-senang. Bukan untuk menghambur-hamburkan uang. Maka dari itu jika anda ingin menghemat pengeluaran saat liburan jangan membeli sesuatu yang tidak ada pentingnya sama sekali. Belilah sesuatu yang sekiranya anda suka dan belilah dalam jumlah yang wajar saja. Sesuaikan dengan kondisi keuangan anda.

4. Jangan Pernah Membeli Makanan dan Minuman dari Luar


Dan tips jitu terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengemat pengeluaran saat liburan yaitu jangan pernah membeli makanan dan minuman dari luar. Maksudnya bagaimana? Anda sangat dilarang untuk membeli makanan dan minuman yang ada di lokasi tempat anda liburan. Ada banyak sekali poin penting yang harus anda pelajari mengapa anda sangat dilarang untuk membeli makanan dan juga minuman pada saat liburan.

Yang pertama tentu untuk menghemat pengeluaran anda saat liburan. Yang kedua untuk menjaga kesehatan anda tetap terjaga dengan sempurna. Karena kita tidak bisa mengetahui apakah makanan dan juga minuman yang dijual terbukti baik bagi kesehatan atau tidak. Ingat, anda jangan suka makan sembarangan ketika liburan. Sudah berapa banyak kasus orang-orang yang meninggal akibat keracunan makanan. Jangan sampai anda menjadi korban berikutnya. Membeli makanan dan juga minuman boleh untuk dilakukan. Asal anda bisa mengetahui apakah makanan dan juga minuman yang anda konsumsi baik atau tidak bagi kesehatan anda. Selektiflah dalam memilih makanan dan juga minuman yang akan anda konsumsi.

Tetapi, usahakanlah dengan semaksimal mungkin untuk mengkonsumsi makanan dan juga minuam yang anda buat dan bawa sendiri ketika akan liburan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan untuk menghemat pengeluaran anda pada saat liburan. Tak hanya itu saja, kesehatan anda juga akan senantiasa terjaga karena anda mengkonsumsi makanan dan juga minuman yang sudah pasti baik untuk kesehatan. Jika memang anda diharuskan untuk membeli makanan dari luar barulah anda beli.

Itulah 4 tips jitu yang bisa anda lakukan untuk menghemat pengeluram pada saat liburan. Semoga dengan menerapkan keempat tips jitu di atas keuangan anda pada saat liburan dapat terjaga dengan sempurna. Semoga Bermanfaat!

Image : https://pixabay.com

Load comments

Berikan komentar Anda di bawah ini
*'thanks'*
EmoticonEmoticon