7 Buah Yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan

Buah merupakan sumber vitamin alami yang dapat menjaga kondisi kesahatan tubuh, oleh karena itu buah kerap kali dijadikan sebagai salah satu jenis makanan yang wajib dikonsumsi oleh semua orang. Selain untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh rupanya beberapa jenis buah juga sangat disarankan untuk dikonsumsi ketika seseorang sedang terkena sakit.

Hal ini karena buah tersebut memiliki kandungan nutrisi yang mampu melawan beberapa penyakit tertentu, dan berikut 7 buah yang baik dikonsumsi untuk kesehatan.


1. Buah Strawberry
7 Buah Yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan
Ternyata buah mungil berwarna merah dan berbintik ini tergolong sangat baik dan menyehatkan bagi tubuh. Hal ini karena buah strawberry kaya akan vitamin C yang memilki cukup banyak manfaat, seperti menjaga kesehatan gigi dan gusi, membantu penyembuhan luka di tubuh, hingga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.

Tidak Cuma itu saja, buah strawbwrry juga tinggi akan antioksidan, bahkan menurut sebuah penelitian buah strawberry menduduki peringkat teratas sebagai buah yang memiliki kandungan anti oksidan tinggi. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh bahan penimbul kanker, maka sangat disarankan anda mengkonsumsi buah ini setiap hari.

2. Buah Nanas
Kalian sudah tidak asing lagi tentunya dengan buah yang satu ini, yaitu buah nanas yang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat mudah didapatkan di pasar dengan harga terjangkau. Namun buah yang satu ini sangat baik dikosumsi saat sedang terserang flu, kenapa ya? Hal ini karena buah nanas mengandung bromelian yakni enzim yang dapat mengontrol batuk serta membantu melegakan hidung tersumbat ketipa pilek melanda. Selain itu buah nanas juga memiliki manfaat lain seperti menjaga daya tahan tubuh, melawan virus hingga menjaga kesehatan sistem pencernaan.

3. Buah Apel
Buah dengan warna merah ini memang telah terkenal memiliko kandungan polivenol tinggi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Namun tahukan anda, selain manfaat tersebut ternyata buah apel juga memiliki banyak kandungan serta manfaat lainnya jika dikonsumsi secara rutin seperti adanya kandungan vitamin A, C, serta mineral yang tinggi akan mampu menjaga kesehatan kulit dan mata.
Buah apel juaga bermanfaat bagi orang yang sedang diet, bahkan sebuah penelitian di Amerika menyimpukan bahwa memakan buah apel secara rutin 10 minggu dapat menurunkan berat badan seseorang.

4. Buah Nangka
Buah yang satu ini memang sangat digemari oleh banyak orang, karena memiliki rasa manis yang nikmat. Namun dibalik itu, kalau buah nangka ternyata juga memiliki manfaat yang baik jika dikonsumsi secara rutin karena dapat mencegah penyakit kanker. Hal ini karena buah nangka mengandung saponin, asoflafon, dan lignin yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Baca juga : Buah Mangga dan Manfaatnya untuk Kesehatan

5. Buah Cempedak
7 Buah Yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan
Buah ini sekilas memang mirip dengan buah nangka, duri kecil dan hijau pada kulitnya serta warna kuning terang pada bagian daging buah cempedak. Tapi ternyata buah ini memiliki manfaat yang berbeda dengan nangka, jika nangka sangat baik untuk menagkal kanker sedangkan cempedak sangat baik untuk membantu proses penyembuahan penyakit malaria. Hal tersebut dikarenakan buah cempedak kaya akan bioflafonogi , kandungan enzim serta berbagai vitamin. Selain itu buah tersebut dapat menyehatkan mata, merendahkan kolesterol darah,  meredakan tumor, mencegah resiko stroke, menjaga pencernaan, bahkan hingga membantu proses pelangsingan tubuh.

6. Buah Durian
7 Buah Yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan
Buah berkulit tajam ini memiliki penggemar yang cukup fanatik, selain wanginya yang harum rasa buah durian juga terbilang sangat enak sehingga banyak orang yang rela membayar mahal untuk menikmatinya. Tapi jangan salah, dibalik rasa dan harga yang mahal ternyata buah durian ini terselip berbagai kandungan serta manfaat yang terkandung dalam daging durian yang sangat baik bagi tubuh.

Rupanya buah durian mengandung asam folat dan vitamin B9 yang sangat baik dan juga mengandung vitamin B2 yang dapat mencegah terjadiya migran. Mengandung kalsium yang dapat menyehatkan tulang serta persendian itulah hebatnya buah durian.
Meskipun demikian, mengkonsumsi buah durian harus tetap dalam porsi yang wajar agatr tidak menimbulkan penyakit yang lain.

7. Buah Pisang
Pisang adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia, buah kuning berbentuk melengkung ini ternyata memiliki banyak kandungan yang bermanfaat. Satu buah pisang berukuran sedang saja mengandung 110 kaori, 30 g karbohidrat serta 1 g protein. Selain itu pisang juga ternyata memiliki vitamin dan mineral di dalamnya seperti vitamin B6, vitamin C, vitamin A, mangan, kalium, protein, magnesium, hingga zat besi.

Dan dari berbagai kandungan tersebut terselip beberapa manfaat dalam buah pisang seperti menurunkan tekanan darah, menurunkan resiko kanker, mencegah asma, meningkatkan produksi hemoglobin tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung.

Itulah 7 buah yang baik dikonsumsi untuk kesehatan supaya anda ketahuai dan bisa dipertimbangkan kedepannya. Jadi sekarang anda sudah tidak ragu lagi kan memakan buah-buahan mana yang banyak manfaatnya untuk kehidupan sehari hari dirumah.