Pengen Traveling Tapi Budget Pas-Pasan? 7 Tips Ini Mungkin Bisa Membantumu

Tags


tips traveling budget pas pasan
Liburan ke luar kota atau luar negeri menjadi salah satu impian hampir semua orang. Jadi, siapa sih yang enggak suka diajak jalan-jalan ke tempat baru? Semua orang pasti mau. Sayangnya meski semua orang suka liburan tapi enggak semuanya bisa pergi.

Beda dengan liburan di dalam kota, liburan ke luar kota membutuhkan banyak persiapan termasuk untuk urusan budget. Nah untuk kamu yang mau pergi liburan tapi punya budget pas-pasan, 7 tips ini mungkin bisa membantumu!

1. Pilih Tujuan yang Sesuai dengan Budget


Pergi berlibur menjadi keinginan banyak orang. Ada orang yang ingin liburan di dalam kota, mengunjungi kota lain, atau bahkan pergi ke luar negeri sekalian. Well, kemana pun tujuanmu, pastikan kamu memilih tempat tujuan yang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Tidak peduli seberapa menyenangkan tempat tujuanmu, kamu akan terus-terusan gelisah memikirkan budget yang semakin hari semakin menipis. Tidak ingin itu terjadi kan?

2. Rencanakan dari Jauh-Jauh Hari


Pergi berlibur ke luar kota atau luar negeri tidak sama seperti saat kamu pergi jalan-jalan ke kebun binatang atau pasar malam. Ada banyak hal yang harus kamu persiapkan dan untuk itu kamu butuh rencana. Bukan hanya soal budget, tapi kamu juga harus memutuskan di mana kamu tinggal, berapa lama kamu pergi, tempat apa yang akan dikunjungi, sampai hal-hal kecil seperti makanan.

Dengan merencanakan semuanya dari jauh-jauh hari, kamu juga memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan semuanya. Keuntungan lain adalah, kamu bisa dengan mudah mendapatkan banyak penawaran seperti tiket kereta atau pesawat dengan harga yang lebih murah.

3. Jangan Pergi Sendiri, Ajaklah Temanmu untuk Pergi Bersama


Pergi berlibur bersama teman bukan hanya membuat kamu terbebas dari rasa bosan sepanjang perjalanan tapi juga membuat biaya yang kamu keluarkan jadi lebih ringan. Untuk penginapan misalnya, pergi bersama-sama kamu enggak perlu lagi memesan kamar untuk satu orang di hotel. Sebagai gantinya kalian bisa menyewa homestay dan menempatinya bersama. Nah karena kalian tinggal bersama, otomatis biayanya pun ditanggung bersama-sama.

4. Pilih Tempat Wisata yang Murah


Sebelum pergi berlibur, kamu wajib memastikan tempat mana yang akan kamu kunjungi. Nah kamu yang mau liburan hemat, kamu bisa mencari tempat wisata yang harga tiketnya murah atau bahkan gratis. Kedengarannya sih mustahil, tapi percaya deh zaman sekarang masih banyak kok tempat wisata keren yang murah meriah asal kamu enggak males buat cari infonya.

5. Cari Penginapan yang Low Budget


Mengingat penginapan adalah salah satu hal yang membutuhkan budget paling besar, kamu harus ekstra cermat dalam memilih tempat tinggal selama liburan. Jika kamu pergi bersama teman-teman, kamu bisa memilih tinggal di homestay, tapi kalau kamu pergi sendiri lebih baik menyewa guest house. Meski kamar guest house tidak sebagus hotel tapi paling tidak biaya menginapnya akan jauh lebih ramah dibandingkan menginap di kamar hotel.

6. Belanja dengan Cermat


Salah satu kesalahan besar para pelancong adalah membeli terlalu banyak barang saat belanja untuk oleh-oleh. Daripada nantinya menyesal akan lebih baik jika kamu membeli oleh-oleh dalam jumlah secukupnya terutama jika oleh-oleh yang kamu beli tidak memiliki banyak manfaat.

7. Siapkan Dana Darurat


Terlepas dari budget yang terbatas, kamu tetap harus menyiapkan dana darurat untuk mengahadapi keadaan tertentu. Toh kamu juga enggak tahu apa yang akan terjadi besok kan? Seandainya besok kamu mengalami musibah, dana darurat ini akan jadi penyelamatmu dikala susah.

Baca juga : 4 Tips Berlibur dengan Buah Hati

Load comments

Berikan komentar Anda di bawah ini
*'thanks'*
EmoticonEmoticon